Terlalu diperlakukan Istimewa,mesin motor jadi manja..?

Ungkapan ini sering saya dengar dari para mekanik bahkan pemilik bengkel yang pernah saya ajak diskusi.Perlakuan istmewa yang di maksud disini adalah,sejak awal inreyen motor nggak pernah di pakai ngebut, alon alon wae karena mungkin pemiliknya memang bukan tipe speed freaker.Hal ini ‘katanya’ sih akan berakibat motor tersebut tidak bisa lari kencang sebagaimana mestinya nantinya..

Hal kedua yang juga pernah saya dengar adalah masalah bahan bakar,’katanya’ “kalau motor bisa minum premium.nggak usah di biasakan di isi pertamax,mesin jadi manja..,ntar kalau di isi premium lagi bakalan berat larinya dan suka batyk batuk”. Untuk hal yang kedua ini saya setuju,tapi tidak setujudengan alasannya,alasan saya pribadi adalah lebih mengarah ke sisi ekonomi. Kalau bisa murah ,kenapa pilih yang mahal..?  ya to..?

Baca Juga :  Apa Komentar Rossi Soal Insiden Marquez-Pedrosa di Aragon..?

Kembali ke hal yang pertama,sepertinya saya koq kurang sependapat dengan mereka,atau mungkin teman teman ada yang bisa menjelaskan secara rinci teknisnya..? mari kita berdiskusi…Komentar terbaik bonusnya pilih sendiri di bawah ini

 .                                   :mrgreen:

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

15 thoughts on “Terlalu diperlakukan Istimewa,mesin motor jadi manja..?

  1. biasa’y motor jrg wat ngebut ruang bkr mlh pd ngerak, lubang2 nozel karbu jg, klo di ajak ngebut pada rontok tuh kerak…skali2 perlu di geber istilahe italian tune up….
    😀

  2. ane kalo bwa mtor sndri sering agresif kalo bncengan bru ane nyante2..
    Pernah juga ane dgr dri org2 mtor jgan dimanja krna akan banyak bikin qta keluar duit.. Tanya kenapa?
    Katanya, mtor sama kyak anak2 kalo dimanja anak bkalan banyak maunya bgtu juga dgn mtor.
    Dalam pikiran ane
    motor = anak2 kalo dimanja?
    Mari qta pikirkan sama2..
    kanaknyangket.blogspot.com/2012/08/motor-petamaku.html?m=1

  3. Enggak bener, pa’e.
    Mesin enggak bisa manja kayak manusia.
    Silakan baca buku petunjuk dari pabrik, motor baru harus ada perlakuan “inrijden” agar komponen2 mesin duduk dengan benar satu sama lain. Dengan demikian motor bisa lebih awet nantinya. Walaupun mesin 2 zaman sekarang soal inrijden ini tidak se-critical mesin2 zaman dulu, namun pabrik tetap menganjurkan inrijden.

    Namun kalo mesin selalu dijalankan pelan2, memang akan ada penumpukan carbon di kepala silinder dan di ring piston, mengakibatkan motor jadi enggak mau lari. Terutama motor 2 tak seperti punyanya bro fitready. Sebab engine temperature tidak pernah tinggi, shg terjadi “carbon buildup”.

    Makanya mesin perlu sekali2 dijalankan pada RPM tinggi agar engine panas dan carbon buildup terbuang. Istilah kerennya “Italian tune-up”.

    Motor istri saya Kawak Kaze juga pernah nggak mau lari. Setelah saya bawa ke bengkel Kawak, montir bilang ini motor nggak pernah lari ya pak. Coba sekali2 dibawa lari.
    Pulang dari bengkel saya geber gas pol pada gigi 3 sejauh sekitar 20 km. Sampe rumah itu motor trnyata jadi jauh lebih enak dan bisa lari.
    jadi “Italian tune-up” itu benar adanya.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.