Jika Motor Injeksi Terendam Banjir…

cbr terendambanjirFoto-Lucu-Motor-Rossi-Banjir 1tehnologi-injeksi1Kalau urusan perbaikannya sepertinya memang harus ke Bengkel Resmi,beda dengan motor karbu yang bisa di utak-atik sendiri bagi yang ‘sedikit ‘ mengerti soal mesin motor. CUMA MAU TANYA..,APAKAH SENSOR-SENSORNYA (pada motor injeksi ) TAHAN AIR..?  Silahkan di jawab bagi yang mengerti…  mas sayur mau ngumpet  dulu….        :mrgreen:        😆

Baca Juga :  Tak Terima Ditilang, Polisi Ditikam Hingga Tewas
Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

32 thoughts on “Jika Motor Injeksi Terendam Banjir…

  1. Ane pernah vario wtf ane terjebak banjir hampir mencapai jok.
    Solusinya.
    -Pinggirkan motor.
    -Jangan langsung coba hidupkan.
    -Bersihkan kotoran yang menempel
    -buang air dr knalpot, or angkat ban depan sampai air keluar dr knalpot (dengan bantuan orang lain)
    -buka filter…. Trus filter kertas yang basah dibuang aja, segera ganti, bersihkan filter. Rakit kembali.
    -cek oli, apakah tercampur air(warna susu) kalo tercampur air, jangan dinyalakan, langsung k bengkel. Bengkel umum aja. bilas dulu dengan solar, dan ganti oli,panaskan terus sampai3x
    -reset motor dengan cara on-off 2-3kali…
    – stater dah…. Insya Allah hidup lagi….
    Injeksi ga susah ko mas…. Ane udah lama pk mobil injeksi, bisa perbaiki sendiri kalo cuma sekedar mogok…. Imho
    Liat kondisi knalpot, keluar asap putih gaa….

      1. Hal yang sama bisa diterapkan di mobil, tp ga pk angkat ban yaa….
        Injeksi itu mudah mas sayur… Karna pengetahuan yang kurang aja, maka jadi khawatir berlebihan,… Throtle body ga bakal ada air mengendap disitu, krna bukan seperti karbu yang ada mangkuknya yang menyebabkan air menggenang disana hingga kendaraan jadi susah distater,…… So jangan khawatir sama kendaraan injeksi, ane udah pk injeksi (mobil) sejak tahun 2000, injeksi itu jarang sekali bermasalah, cek lampu mil-nya…. Jika itu berkedip, maka baru bawa ke bengkel resmi, ato bengkel umum yang berkompeten. Itupun kendaraan masih bisa hidup lo…..
        Semoga berguna mas…

    1. Bang gmna caranya motor injeksi saya biar tidak keluar asap putih di knalpot? Tadi ane udah nge hajar banjir bang tolong sarannya, makasih

  2. Ps, tambahan buat matik, jangan lupa bersihkan area cvt.
    Sensor2 injeksi itu tahan air semua karna arus dc imho, dimobil ane suka bersihkan sensor2 injeksi dengan cara melepasnya dan dikasi penetran.
    Liat aja rata2 skutik honda yang rata2 kopong terlihat semua mesinnya… Siram dengan air bertekanan sedang saja tidak masalah. Imho lagi.

  3. setahu saya asal tidak disemprot dg pressurized water sensor injeksi tahan air. Injector dan throtle body juga hampa. Tapi sebaiknya jangan diakali. Kalau sudah direndam sedalam itu, baiknya tetap ke bengkel yang bisa tangani injeksi.

  4. Saya setuju ama bro gc133hijrah. Terimakasih sharing informasinya bro.
    Sebetulnya sistem injeksi tidak seringkih yg dibayangkan orang, asal kita tahu batas2 kemampuannya saja.

    Utamanya, kalo sistem elektronik sampe terendam air ya jangan dihidupkan.
    Nanti kalo sudah bebas rendam, sebelum dihidupkan dicuci dulu pake aquadest.

    Saya sering lakukan koq mencuci alat elektronik yg untuk industri perminyakan pake aquadest. Syaratnya sebelum dihidupkan harus yakin alatnya kering betul.

    Menurut pabrik mobil / motor, pasti sistem injeksi lebih baik, buktinya sekarang sudah tidak ada lagi mesin mobil baru yg pake karbu. Bahkan mobil2 pickup pun sudah pake sistem injeksi.
    Motor juga akan beralih ke sistem injeksi semua.

    Pasti semua sistem ada kelebihan dan kelemahannya, tetapi dibanding kelemahannya, kelebihan sistem injeksi lebih menonjol.

  5. seluruh sensor FI bahkan soket2 nya dirancang weather proof, tahan segala cuaca pakdhe
    bahkan ecu motor sendiri dirancang kedap air , beda dg ecu mobil yg ada di balik dashboard (pengalaman kemaren mbetulin innova yg EDU dan EDU yg kerendem banjir)
    yg jadi masalah nantinya adalah pada fuel pump dan regulator yg ada di dalam tangki motor, kalo bisa setelah terendam coba fuel pump di buka dan dibersihkan (termasuk tangkinya) pake bensin (direndam sebentar) dan di jemur

    1. yg pakar kelistriaknnya dah ngomong..:D

      biasanya orang blom nyoba injeksi, paranoid, takut ini itu, tapi setelah punya, toh nggak setakut yg dikira kok..:D

  6. Betul, sebenarnya terlalu paranoid lah yang membuat kekhawatiran yang berlebihan, saya sendiri dulu mengalaminya, sekarang setelah beralih ke WTF rasanya kekhawatiran itu semua hilang. Tiap pulang kerja seringWTF kerendem air banjir setinggi area kopong itu. atau kadang disemprot sama tukang cuci pake pressure water, ternyata lebih marem pakai injection.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.