Gangguan Yang Sering Terjadi Pada Rem Cakram

Pada dasarnya,gangguan pada rem cakram hanya satu,yaitu : REM TIDAK BERFUNGSI alias BLONG   😉   Namun di balik tidak berfungsinya rem cakram tersebut ada tentu penyebabnya bermacam-macam. Berikut ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rem cakram tidak berfungsi :

MINYAK REM HABIS

Cara mengeceknya sangat mudah,tentu teman-teman sudah paham. Tinggal di intip saja lewat lubang bening di recervoir minyak rem yang ada. Penyebab berkurangnya minyak rem adalah poin kedua berikut.

.

KEBOCORAN DI SELANG 

Kebocoran sekecil apapun akan menyebabkan rem cakram fungsinya berkurang,apalagi bocornya lebar,maka di jamin rem cakram akan blong. Periksalah kebocoran di selang dengan mencari rembesan minyak rem di sepanjang selang sambil menekan tuas rem.

Baca Juga :  Antara New Honda Vario 125 dan Yamaha Lexi, Anda Pilih Mana ?

.

KARET SIL DI KALIPER RUSAK

pinjem gambar dari warongdohc.com 😉

Kerusakan yang terjadi bisa karena usia yang sudah “agak tua” dan karet menjadi keras sehingga rawan sobek dan menyebabkan minyak rem tak bisa memompa piston untuk medorong kampas rem. Hal ini ditandai dengan piston kaliper yang bergerak kembali setelah pengangan rem dilepas….

.

KARET SIL DI MASTER REM RUSAK

Baca Juga :  Suzuki New Smash FI Hadir di Jayapura,Ini Dia Harganya.

Kerusakannya sama dengan poin di atas,namun master rem ini fungsinya lebih dominan dalam pemompaan minyak rem.

KAMPAS REM SUDAH SANGAT TIPIS

Dan yang ini yang sering terjadi,biasanya gejalanya di tandai dengan bunyi aneh di piringan cakram ketika tuas rem di tekan/di injak. Bunyi gemerincing seperti gesekan logam.

.

Mungkin hanya itu yang dapat Mas sayur tulis,mengingat Mas sayur bukanlah mekanik atau orang yang ahli permesinan,maka jika ada kesalahan mohon di koreksi,da jika ada kekurangan mohon di tambahi.Karena semua itu hanya berdasarkan pengalaman pribadi saja.

Baca Juga :  Balada Plat Nomor,Setelah 17 Bulan Akhirnya Jadi Juga ???

.

Cara TERBAIK dan TERMUDAH untuk mengatasi gangguan fungsi rem cakram jika anda tidak paham dengan hal ini atau tidak biasa otak-atik motor adalah BAWALAH KE BENGKEL LANGGANAN ANDA   :mrgreen:

Jangan sepelekan soal rem ..INGAAT,,

Semoga berguna.

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

34 thoughts on “Gangguan Yang Sering Terjadi Pada Rem Cakram

      1. Segera bi buang aja angin e,,,bahaya lho itu,,,kalau yang pakai kendaraan pak basri sendiri ugak apa2 (kan udah tahu kalau masuk angin) kalau yang pakai temen gimana, kadung gas pol rem ternyata blong,,,benjut dah,,,

    1. Sebisa mungkin cakram tidak usah di cuci pakek sabun,cukup di lap pakai kanebo saja,,karena resiko ketika bekas sabun tidak terguyur sempurna maka yang terjadi rem jadi licin dan menimbulkan bekas seperti kerak/karat kemerah2an…
      setelah kendaraan kehujanan usahakan rem cakram segera diblikas pakek air mengalir, itu untuk mengantisipasi pasair2yang menempel pada kampas sehingga bila keesokan hari/sudah kering rem tidak berbunyi cit2…

      semoga bermanfaat.

  1. dulu pas lulus sma pernah pasang rear disk brake di shogun 110 pake cakram set satria 120 KW.musibah pun datang,pas lagi riding tiba2 roda belakang seret & akhirnya ngunci sama sekali ga bisa muter.itu rem cakram belakangnya ngerem ndiri,entah apa sebabnya.gara2 itu lalu kapok deh,saya copot & kembali pake rem teromol.

    1. mas bro yg terhormat…
      Mengganti master rem nya mungkin bukn jawaban yg sampeyan inginkan…
      tapi kebocoran itu sebabnya kemungkinan besar adalah karena sil karet oringnya yg terluka kecil atau rusak.
      masalahnya..membeli karetnya saja jelas nggak ada di bengkel,jadi lbh bagus di ganti saja masternya…nggak mahal,koq.. masih di bwh 100 rb.
      saya pernah ganti milik honda supra malah cuma 35 rb.

      semoga jawabannya membantu..

  2. Assalamualaikum
    saya ounya supra x 125 tahun 2011, rem belakang sering banget panas dan ketika di injak rem nya gak mau balik lagi, sudah ganti sil, master, smpai kampas, kira2 apa yaaa masalahnya, jarak 3km aja cakram sudah panas

    1. Wa’alaikum salam…
      Kemungkinan piston nya harus di bersihkan,om…bisa jadi ada karat yg menghambat pergerakan piston nya,sehingga kampas rem nggak mau kembali setelah di tekan.

      1. Sama mas, disc brake belakang supra x 125 saya jg barusan g fungsi pas dipake di medan pegunungan Setelah disc panas pistonnya tidak mau ngerem..

      2. Sama mas brow…. motorku supra x125 sy kerjanya digunung klu sdh plng kan injak rem terus biasanya jarak 2km rem jdi blong krn piringan jdi sngt panas biasanya aku hrs tunggu sktr 5 mnitan bru normal kembali. Sy ga tau utak atik motor. Ya….. berarti jalan satu-satunya ke bengkel langganan ganti masternya…

  3. rem belakang new Jupiter mx 135 saya ngerem terus (selalu nekan), padahal pedal rem gak saya injak, pas ke bengkel katanya master rem rusak, kira2 bisa gak dibenerin tanpa ganti baru ?

  4. Maaf saya mau tanya nih saya pake daubel disk supra tapi di pake di scorpio trus tromolnya pake klx uda ganti baru master rem belakang tapi bolak balik blong om kira” apa penyebabnya om

  5. Maaf mas brow numpang tanya cakram belakang motor scorpio saya sering ngejim /macet ,padahal sih kaliper sik master sudah saya ganti tapi tetap saja masih ngejim lagi dah gitu panas banget kaliper ya kalau pas lagi ngejim tapi kalau sudah dingin normal lagi mohon solusinya ya mas brow terima kasih

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.