Membakar Knalpot..? Two Stroke Lover Pasti Tahu soal ini..

 membakar knalpot

Sekali-kali cerita tentang masa lalu…tentang motor 2 tak jaman dulu yang rata-rata belum memenuhi standart emisi dan asapnya nggak ketulungan tebalnya   😉

WARNING : TIDAK PERLU SE EKSTRIM GAMBAR DI ATAS,yang di maksud membakar knalpot dengan tujuan membersihkan kerak karbon sisa pembakaran motor 2 tak yang biasanya dalam waktu lama akan menyumbat pipa saringan ( ada yang menyebut sarangan) di bagian ujung belakang knalpot adalah membakar saringanya. Bukan seperti gambar di atas yang jelas akan merusak penampilan knalpot itu sendiri.

.

Metode ini dulu sering terlihat di pakai oleh bengkel-engkel pinggir jalan,karena dulu motor 2 tak masih bayak berseliweran,beda dengan sekarang di mana motor 4 tak merajai pasaran dan motor 2 tak di Indonesia hanya tersisa satu ekor  varian yang masih di jual dieler,itu pun sudah di ambang penutupan   😉

Baca Juga :  Mengenal Kayu Paling Mahal di Papua, Kayu PALANG ;-)

.

saringan-knalpotf1zPenjelasan tekhnis nya adalah seperti ini. Motor 2 tak memakai oli samping,sehingga sisa pembakaran mesinnya yang berupa asap akan mengandung karbon yang basah. Dan sebelum keluar melalui lubang knalpot,maka sisa pembakaran tadi di saring dulu melalui saringan knalpot yang biasanya berupa pipa dengan lubang lubang kecil dengan pola merata di permukaan pipa tersebut. Jika sisa karbon yang terkandung dalam asapnya terlalu besar dalam artian asapnya terlalu banyak,maka akan mempercepat penumpukan kotoran di pipa saringan knalpot ini. Dan jika sampai saringan ini penuh apalagi buntu,maka motor 2 tak akan sangat terasa tak enak di kendarai…bunyi knalpotnya pun mulai berbeda,bukan lagi treng…treng..treng…  tapi suaranya lebih dalam lagi seperti lubang yang tersumbat.

Baca Juga :  Inilah 10 Besar Motor Terlaris 2015,Adakah Motormu,bro..??

.

Cara membersihkannya pun mudah… lepas saringan knalpotnya,lalu bakar dengan bensin atau di arang kayu seperti gambar atas,sampai knalpot benar-benar kering.Biasanya jika sudah kering di tandai degan warna pipa yang tadinya hitam,menjadi putih.Lalu pukul-pukul dengan kayu hingga keraknya rontok dan bersih,jika masih kurang yakin,ulangi sekali lagi. Setelah selesai,dinginkan dulu pipa saringan dan pasang kembali. Wis…di jamin enteg kembali lari motor 2 tak anda..

.

cartoonasap knalpotTapi…. berhubung saat ini motor 2 tak sudah jarang-jarang,maka tulisan ini sebenarnya hanya bersifat “nostalgia” saja   :mrgreen:

Akan tetapi ( lagi) ,jika di antara para pembaca masih ada yang mempunyai motor 2 tak dan berniat mempraktekkannya,ya..monggo..  silahkan..

Jika tak berkenan…,ya…  tak apalah   😉

Advertisements

42 tanggapan untuk “Membakar Knalpot..? Two Stroke Lover Pasti Tahu soal ini..

  • Oktober 5, 2013 pada 12:15 am
    Permalink

    Pernah liat dibengkel tp udah lama kang. Daleman knalpot disemprot api las”an jadi ngebullll banget… Tp hasilnya bersih kang

    Balas
    • Oktober 5, 2013 pada 5:14 am
      Permalink

      wkwkwk….knalpot racing 2 tak di tempatku juga di sebut “nalpot telo” 😀

      Balas
  • Oktober 5, 2013 pada 6:41 am
    Permalink

    Wah..boleh nih minta tolong Mazbro..
    Nanti deh kalau ane maen ke Papua sekalaian kopdar…
    Kapan yah??

    Wkwkwkwkwk….

    Balas
  • Oktober 5, 2013 pada 8:52 am
    Permalink

    bahasa kerennya “DECARBONIZING” pakde
    ooooo…..baru tahu kenapa itu knalpot yg di gbr 1 dinamakan knalpot TELO :mrgreen:

    Balas
    • Oktober 5, 2013 pada 9:06 am
      Permalink

      wkwkwk…. di bakar koyok mbakar telo :mrgreen: gbr teko motomalaya…mungkin di sana carabersihin knalpot 2 tak begitu,ya…. katrooook… 😀

      Balas
    • Oktober 5, 2013 pada 9:07 am
      Permalink

      njaluk telone sik,cak…
      jabutno nang galengan…
      ntar aku yg bakar…. 😀

      Balas
  • Oktober 5, 2013 pada 9:09 am
    Permalink

    Soal ini no comment…hehehehehe 😀

    Balas
      • Oktober 5, 2013 pada 10:21 am
        Permalink

        Iya gak ngerti soal per-knalpot-an hehehehehe

        Balas
      • Oktober 5, 2013 pada 1:09 pm
        Permalink

        Iya..punyalah bang..gak enek knalpot e bisa2 tetangga ngamuk2….

        Balas
      • Oktober 5, 2013 pada 1:10 pm
        Permalink

        Tapi aku jek punya motor 2 tak…gawe kenang2an…hahahahaha

        Balas
  • Oktober 5, 2013 pada 2:37 pm
    Permalink

    dikremasi aja sekalian mas. biar bersih. xixi

    Balas
  • Oktober 8, 2013 pada 8:53 pm
    Permalink

    durung pernah nyoba…tarikan si raja masih josssss…..

    Balas
  • Maret 1, 2014 pada 6:25 pm
    Permalink

    Klo ada yg buka,ber arti ada yg butuh.
    di daerah ku masih banyak 2 tak berkeliaran.
    Ninja,king,F1,F1ZR,alfa & yamaha jadulan.
    Aku sendiri pengguna F1,makanya aku buka blog anda.terimakasih atas infonya & smoga bermanfaat bagi pecinta 2tak.

    Balas
  • Juni 8, 2014 pada 10:26 am
    Permalink

    mas cara membersihkan kerak knalpot king,g mnh yah

    Balas
  • Mei 16, 2015 pada 12:37 pm
    Permalink

    wah… nostalgia ya??
    saya malah masih adopsi beberapa motor 2 stroke / 2 tak.
    Rx king, RxZ, Ninja ss, Ninja R, F1Z, hahaha saya naik 4 stroke rasanya kurang greget, sudah di obok2 mesinnya jg masih kurang nendang rasanya, beda dengan 2 stroke standartpun udh lumayan apalagi diobok sedikit lg rasanya itu tiada duanya… sensasi tenaga kejutnya itu lho yg bikin greget …. 😀

    salam 2 stroke lovers indonesia

    Balas
  • November 13, 2015 pada 6:59 pm
    Permalink

    kalw motor 4 tak gmana membersihkannya ya,, motor saya honda blade n dalam knalpotnya berkerak sampai hitam banget… mohon bantuannya ..makasih ya Mas Bro..

    Balas
    • November 13, 2015 pada 7:05 pm
      Permalink

      Knalpot 4 tak nggak perlu di bersihin mas bro…

      Asal pembakaran mesin motor anda bagus dalam artian tdk ngasap,maka knalpot amda dalemannya di jamin bersih..

      Balas
  • April 19, 2016 pada 6:03 pm
    Permalink

    mkasih infonya mas bro,membantu banget buat aku yg punya motor 2 tak.

    Balas
  • April 19, 2016 pada 6:05 pm
    Permalink

    mkasih infonya mas bro,membantu banget buat aku yg punya motor 2 tak

    Balas
  • Agustus 10, 2016 pada 12:25 pm
    Permalink

    Gan,kalo bagian dalam knalpot,bersihkannya bisa pakai air?

    Balas
  • September 27, 2016 pada 7:49 pm
    Permalink

    Makasih atas info.a…

    Gan, udah pernah coba, knalpot 2t di psang k motor 4t 110cc.,.?

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: