Mesin Motor Tiba – Tiba Menyala dengan Sendirinya..?? Ternyata ini Masalahnya..

bendik motorLebih tepatnya bukan mesin yang menyala,tapi elektrik starter nya yang menyala dengan sendirinya,seperti di pencet tombolnya.

Bisa jadi pengalaman ini pernah di alami oleh sobat bikers , penulis sendiri dulu memang pernah mengalaminya pada sebuah motor 100 cc keluaran pabrikan sayap kepak,sekitar tahun 2000-an.

Tak di sangka kejadian itu berulang kembali beberapa hari yang lalu pada motor milik teman sekaligus tetangga sebelah rumah. Sebuah Honda supra x 100 cc tahun 2001 yang sedang di parkir tiba-tiba mesinnya berbunyi dengan sendirinya dan bunyinya juga nggak normal,SEPERTI TOMBOL ELEKTRIK STARTER nya di pencet terus.

Si pemilik jelas kalang kabut kebingungan,lha wong saat itu kunci kontak dalam posisi off , ketika kabel busi di cabut pun masih saja gejala itu tidak berhenti.

Baca Juga :  Fairing Custom Model Yamaha R25 Untuk Honda New CB150 Streetfire On Process

Kebetulan saat itu penulis ada di dekat kejadian dan langsung tanggap,minta obeng,buka penutup aki,di mana terletak switch elektrik starter,lalu cabut kabel yang menghubungkan switch electrick starter dengan penyuplai daya,pada motor honda ada dua kabel,kalau nggak salah warnanya kuning garis merah dan kabel hijau.

bendikJadi pokok permasalahannya adalah pada switch elektrick starter yang konslet,soal mengapakoq bisa konslet,tampaknya mungkin sobat bikers ada yang lebih tahu,silahkan di share di kolom komentar.

Baca Juga :  Astra Motor Papua Ajak Komunitas Nonton Bareng MotoGP Jerez 2017.

Jalan pintas mengatasinya adalah ,non fungsi kan saja sementara elektrik starter nya sampai kita membeli switch nya yang baru. Atau kalau misalkan ada bengkel yang bisa memperbaikinya,apa salahnya di coba   🙂

Coba bayangkan,seandainya orang yang awam dan tak mengerti mesin,lalu tiba tiba di tengah malam mesin motornya menyala sendiri seperti ilustrasi di atas,apa nggak kalang kabut,bisa jadi di kira ada hantu yang usil dengan motor tersebut   :mrgreen:

Advertisements

41 tanggapan untuk “Mesin Motor Tiba – Tiba Menyala dengan Sendirinya..?? Ternyata ini Masalahnya..

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: