Pengaruh Cahaya Pada Penglihatan Saat Berkendara.

image

Tulisan berikut ini adalah PRESS RELEASE yang di kirimkan oleh tim Safety Riding Astra Motor Papua.

Tanpa merubah isi tulisan,mari kita baca bersama,semoga memberikan tambahan pengetahuan dan bisa membuat kita lebih terjaga selama berkendara di jalan raya.

Masih Banyaknya pengguna kendaraan tidak sadar akan bahaya saat berkendara apabila tidak di bekali dengan tehnik berkendara yang mumpuni dan skill berkendara yang baik dan benar.

Adapun salah satu situasi berbahaya saat kita berkendara antara lain saat kita berkendara dan melihat secara langsung cahaya lampu kendaraan yang datang dari arah berlawanan arah.

Ketika malam hari, tiba-tiba anda melihat secara langsung pada lampu besar yang kendaraan lain yang sedang mendekat , anda merasa silau dan kadang kehilangan ketajaman visual selama beberapa saat.

Hal ini akan terjadi 3-10 detik sebelum ketajaman visual anda pulih.

Hal ini beresiko terjadinya celaka selama rentang waktu tersebut karena anda tidak bisa melihat bahaya yang ada di depan maupun di sekitar anda.

Baca Juga :  Aksesoris Resmi All New Honda CB150 Verza, Cek Harganya, Bro..

image

Sedangkan waktu yang di perlukan untuk memulihkan ketajaman visual untuk anak muda dengan kondisi fisik yang baik atau sehat Cuma memerlukan waktu 3 detik, orang tua 10 detik sedangkan orang mabuk selama 30 detik.

Ini berarti potensi bahaya sangat besar bagi pengguna kendaraan apabila keadaan fisik kurang fit untuk berkendara.

Adapun adaptasi mata dalam keadaan gelap ke terang di butuhkan sekitar 5-10 menit bagi mata untuk beradaptasi  dengan kegelapan serta penglihatan untuk memperbaiki pandangan ketika penglihatan berpindah dari pencahayaan yang tinggi (waktu terang) hingga pada yang terendah,atau dalam kegelapan tampa cahaya.

Baca Juga :  Kecelakaan "Adu Jangkrik" Yamaha Vixion vs Yamaha Alfa

Sedangkan adaptasi terang ketika pindah dari pencahayaan rendah kepencahayaan yang tinggi, anda akan silau dan anda tidak dapat membuka mata beberapa saat. Namun demikian,mata anda akan menjadi terbiasa pada cahaya yang terang searah dengan waktu.

Berikut tips yang kami berikan agar saat kondisi seperti diatas anda dapat dalam situasi yang aman saat berkendara.

Jangan melihat langsung ke sumber cahaya dan usahakan arah pandangan tetap kejalan dan daerah yang lebih gelap. Semoga tips tersebut dapat bermanfaat saat berkendara

.

Advertisements

Satu tanggapan untuk “Pengaruh Cahaya Pada Penglihatan Saat Berkendara.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: