PRESS RELEASE :Tim Safety Riding Astra Motor Papua Sambangi SMP YPK Paulus Jayapura.

ZonaMotor.NET – Dalam rangka mengedukasikan Safety Riding dan berbagi tips keselamatan berkendara yang merupakan rangkaian dari kampanye #cari_aman, tim Safety Riding  Astra Motor Papua sering mengunjungi sekolah-sekolah di wilayah Papua dan Papua barat, dan kali ini yang mendapatkan kesempatan adalah SMP YPK Paulus di kawasan Dok 5 Jayapura Utara.

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan korban dibawah umur dan mayoritas masih usia sekolah,menggugah kepedulian tim Safety Riding Astra Motor Papua untuk mengadakan sebuah kegiatan yang menitikberatkan pada budaya keselamtan berkendara di sekolah-sekolah.

Dengan menggandeng Dikyasa Polda Papua, tim Safety Riding Astra Motor Papua melaksanakan kegiatan ini tak hanya di sekolah saja  namun juga di Perguruan Tinggi.

Dalam kegiatan ini,porsenil Dikyasa Polda Papua berperan memberikan penyuluhan Budaya Keselamatan Berkendara dan bahaya Narkoba terhadap pelajar.

Kunjungan ke SMP YPK Paulus Jayapura ini  dilaksanakan pada hari selasa tanggal 28 agustus 2018 bertempat dilapangan sekolah SMP YPK Paulus Dok 5.

Baca Juga :  Kontes Mekanik & Service Advisor Regional Papua 2017.

Antusias peserta (para siswa) sangat terlihat  saat pemberian materi oleh porsenil Dikyasa Polda Papua,diantaranya saat memberikan pembekalan mengenai undang-undang peraturan lalu lintas dan bahaya Narkoba untuk pelajar.

Saat sesi tanya jawab,beberapa siswa memberian pertanyaan kepada narasumber tentang bagaimana menyikapi fenomena di masyarakat yang sering dilihat,yakni ketika ada pelajar yang dibawah umur berkendara menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya.

Jawaban dari Dikyasa Polda Papua adalah,” secara undang-undang peraturan lalu lintas, anak dibawah umur masih tidak diperbolehkan menggunakan atau membawa kendaraan bermotor dan belum bisa memiliki Surat Ijin Mengemudi.”

Seanjutnya,pembawa materi dari team Safety Riding Astra Motor Papua menjelaskan 3 Faktor penyebab kecelakaan dan apa saja  perlengkapan berkendara yang wajib digunakan saat berkendara sehingga terhindar dari bahaya luka cedera yang fatal.

Baca Juga :  Marc Marquez dan Dani Pedrosa Tularkan Keselamatan Berkendara sebagai Gaya Hidup ke Generasi Muda.

Adapun tiga factor penyebab kecelakaan yaitu:

  • Faktor Manusia,
  • Faktor Alam,dan
  • Faktor Kendaraan.

Faktor Manusia meliputi kurangnya pemahaman cara menggunakan berkendara,dalam keadaan sakit dan pengaruh obat obat terlarang.

Faktor alam seperti angin yang kencang,hujan dan jalan yang berlubang.

Faktor kendaraan biasanya kendaraannya jarang di service dan modifikasi yang kurang baik.

Untuk perlengkapan berkendara yang wajib digunakan saat berkendara dengan motor yaitu,

  • Helm,
  • Sarung Tangan,
  • Jaket Atau Baju lengan panjang,
  • celana panjang,dan
  • Sepatu,

Perlengkapan berkendara diatas merupakan perlengkapan berkendara standart yang sebaiknya dipakai oleh pemotor untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan jika seandainya terjadi kecelakaan saat mengendarai motor dan juga lebih memberikan kenyamanan dan feeling fun saat berkendara,seperti yang disampaikan Irfandi Achmad, selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Papua.

“Seluruh perlengkapan berkendara ini digunakan guna meminimalisir cedera luka fatal terhadap pengguna sepeda Motor Khususnya sehingga saat berkatifitas lebih nyaman dan dan fun”, jelas  irfandi Achmad.

Baca Juga :  Mari Bercerita Soal Garansi..
Advertisements

Satu tanggapan untuk “PRESS RELEASE :Tim Safety Riding Astra Motor Papua Sambangi SMP YPK Paulus Jayapura.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: