Mari Bercerita Soal Garansi.. - Zona Motor [dot] net
Site icon Zona Motor [dot] net

Mari Bercerita Soal Garansi..

Semua produk baru yang di jual di pasaran tentu memiliki masa garansi,yang artinya masa jaminan di mana jika terjadi kerusakan pada barang tersebut akan di ganti oleh produsen, gratis… Namun dengan catatan KERUSAKAN ADALAH MURNI KESALAHAN PRODUSEN ATAU CACAT PRODUKSI,BUKAN RUSAK KARENA KESALAHAN KONSUMEN.

.

Tak terkecuali dengan produk kendaraan roda dua,kita sudah sering mendengar istilah garansi mesin 3 tahun atau bahkan 5 tahun. Dan peraturan atau tata cara yang mengatur segala macam tetek bengek soal garansi tersebut sudah tertulis lengkap dan njlimet di buku pedoman pemilik yang biasanya di sertakan saat kita membeli motor baru.

Dan ternyata..,di kalangan konsumen sendiri ada dua kelompok yang berbeda menyikapi soal garansi ini,kelompok pertama adalah konsumen yang benar-benar memperhatikan kondisi kendaraannya tanpa melakukan modifikasi “terlarang” yang bisa menyebabkan garansinya hangus.   😉   Kelompok kedua adalah yang masa bodoh dengan garansi dan melakukan modifikasi sesuai selera walaupun beresiko garansinya hilang. Contoh paling nyata adalah ketika motor baru sekarang semua sudah menerapkan fitur AHO,namun karena berbagai alasan ada sebagian konsumen yang nekat membuat saklar tambahan demi mematikan AHO nya, padahal jika ada kejadian tak terduga,terjadi konsletting MISALNYA..lalu motor terbakar ketika motor masih dalam masa garansi,maka akan kesulitan mendapatkan garansi,bahkan bisa di katakan tidak akan mendapatkan garansi.

.

Bagaimana pabrikan tahu jika sebuah unit motor sudah pernah di modif dengan saklar tambahan sedangkan motornya sudah terbakar..? Pengiriman sampel dan penelitian mendalam akan bisa membuktikannya,Mas Sayur punya teman seorang mantan mekanik yang punya pengalaman tentang hal ini,ketika motor kliennya yang terbakar di ajukan klaim garansi ke pabrikan,ternyata hasilnya…?   garansinya di tolak… dan pabrikan menyertakan foto scan bukti jika motor itu sudah pernah di modifikasi dengan di beri saklar tambahan ( jaman itu istilahnya Kunci Rahasia ) . Semoga saja nanti orangnya nongol dan memberikan komennya di sini.   😉

.

Ada pula alasan yang menyebabkan seseorang malas mengurus garansi dan acuh dengan masalah garansi,yaitu masalah urusan yang berbelit dan waktu yang tidak sebentar. Malah ada yang bilang begini, “jangan kan barang garansi yang gratis,lha wong yang beli  inden saja lamanya minta ampun ”    😉    nahh loo..    

.

Sebenarnya,opini opini sepele seperti di paragrap di atas seharusnya MENJADI KRITIK MEMBANGUN bagi produsen JIKA PRODUSEN BENAR-BENAR ingin MEMBERIKAN PELAYANAN TERBAIK BAGI KONSUMEN.

.

Mungkin di antara pembaca ada yang mempunya cerita soal mengurus garansi..?  Cerita manis,atau cerita menyebalkan..,silahkan di bagi ceritanya di kolom komentar. Untuk apa..? supaya pembaca yang belum tahu menjadi tahu dan bisa meluruskan opini di masyarakat yang terlanjur beranggapan jika mengurus garansi itu sulit,ribet dan hanya GAMPANG BAGI KALANGAN TERTENTU.

.****garansi di sini tidak hanya berkutat di masalah kelistrikan,mngkin mesin yang bermasalah ketika motor baru beberapa bulan,klothok klothok atau apalah…   silahkan di bagi pengalamannya   😉

 

Motor Mas Edy terbakar..? waduh….

Advertisements

Comment with your Facebook account

Exit mobile version