Gangguan Yang Sering Terjadi Pada Rem Cakram - Zona Motor [dot] net
Site icon Zona Motor [dot] net

Gangguan Yang Sering Terjadi Pada Rem Cakram

Pada dasarnya,gangguan pada rem cakram hanya satu,yaitu : REM TIDAK BERFUNGSI alias BLONG   😉   Namun di balik tidak berfungsinya rem cakram tersebut ada tentu penyebabnya bermacam-macam. Berikut ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rem cakram tidak berfungsi :

MINYAK REM HABIS

Cara mengeceknya sangat mudah,tentu teman-teman sudah paham. Tinggal di intip saja lewat lubang bening di recervoir minyak rem yang ada. Penyebab berkurangnya minyak rem adalah poin kedua berikut.

.

KEBOCORAN DI SELANG 

Kebocoran sekecil apapun akan menyebabkan rem cakram fungsinya berkurang,apalagi bocornya lebar,maka di jamin rem cakram akan blong. Periksalah kebocoran di selang dengan mencari rembesan minyak rem di sepanjang selang sambil menekan tuas rem.

.

KARET SIL DI KALIPER RUSAK

pinjem gambar dari warongdohc.com 😉

Kerusakan yang terjadi bisa karena usia yang sudah “agak tua” dan karet menjadi keras sehingga rawan sobek dan menyebabkan minyak rem tak bisa memompa piston untuk medorong kampas rem. Hal ini ditandai dengan piston kaliper yang bergerak kembali setelah pengangan rem dilepas….

.

KARET SIL DI MASTER REM RUSAK

Kerusakannya sama dengan poin di atas,namun master rem ini fungsinya lebih dominan dalam pemompaan minyak rem.

KAMPAS REM SUDAH SANGAT TIPIS

Dan yang ini yang sering terjadi,biasanya gejalanya di tandai dengan bunyi aneh di piringan cakram ketika tuas rem di tekan/di injak. Bunyi gemerincing seperti gesekan logam.

.

Mungkin hanya itu yang dapat Mas sayur tulis,mengingat Mas sayur bukanlah mekanik atau orang yang ahli permesinan,maka jika ada kesalahan mohon di koreksi,da jika ada kekurangan mohon di tambahi.Karena semua itu hanya berdasarkan pengalaman pribadi saja.

.

Cara TERBAIK dan TERMUDAH untuk mengatasi gangguan fungsi rem cakram jika anda tidak paham dengan hal ini atau tidak biasa otak-atik motor adalah BAWALAH KE BENGKEL LANGGANAN ANDA  

Jangan sepelekan soal rem ..INGAAT,,

Semoga berguna.

Advertisements

Comment with your Facebook account

Exit mobile version