Kualifikasi MotoGP Jerez 2019, Ketika Tim Pabrikan Yamaha “Kebanting” Tim Satelitnya.

ZonaMotor.NET – Sesi Kualifikasi MotoGP seri Spanyol di sirkuit Jerez mencatatkan sejarah baru dalam perjalanan MotoGP era modern dimana tim Yamaha Petronas SRT yang merupakan tim satelit Yamaha berhasil mengunci posisi start 1 dan 2 mengalahkan tim pabrikan Yamaha Monster Energy yang kedua pembalapnya “hanya” mampu start di posisi 5 (Vinales) dan posisi 13 (Valentino Rossi).

Meskipun hasil balapan masih akan ditentukan oleh jalannya balapan nantinya, yang jelas tim Pabrikan Yamaha Monster Energy merasa “kewirangan” (bahasa Jawa : merasa malu ) dengan fakta ini.

Fabio Quartararo sang rookie yang juga pembalap termuda di MotoGP 2019 dengan Yamaha M1 2019 yang upgrade spesifikasi kendaraannya tak se update pembalap pabrikan, justru bisa mempecundangi pembalap pabrikan. Tak berhenti di situ , momen paling bersejarah bagi Yamaha Petronas SRT ini makin lengkap dengan pencapaian Franco Morbidelli mengamankan posisi start ke-2. Dan momen ini akan sangat berkesan bagi Yamaha Petronas SRT.

Direktur tim Yamaha Monster Energy Massimo Meregalli menyatakan dalam website resmi Yamaha MotoGP bahwa mereka merasa “pusing tujuh keliling” ketika mereka telah mencoba beberapa hal sebagai solusi bagi Vinales dan Rossi namun belum juga membuahkan hasil. Namun Meregalli mengaku sedikit lega dengan pencapaian Vinales yang mampu mengamankan posisi start ke-5.

Kami mencoba beberapa solusi di sesi latihan pagi tetapi menemukan bahwa tidak semuanya bekerja, jadi kami harus memperluas pekerjaan kami ke FP4. Karena kami membuat kemajuan yang diperlukan untuk membuat Maverick dan Vale siap untuk Q1, kami berharap untuk menyelesaikan sedikit lebih tinggi dari ini. Maverick melakukannya dengan baik di Q1 – ia mengatur kecepatan – tetapi harganya mahal, karena itu berarti ia hanya memiliki satu ban belakang lunak yang tersisa untuk Q2. Namun, ia masih berhasil menghasilkan putaran lebih cepat di Q2 untuk mengambil kelima. Karena datang melalui Q1 tidak pernah mudah, mulai dari tengah baris kedua adalah hasil yang layak“, demikian pernyataan Meregalli.

Namun Massimo Maeregalli menyatakan kekecewaannya pada pencapaian Rossi, bahkan ia menyebut bahwa (hasil) ini memalukan, walau pada akhirnya ia mengapresiasi keberhasilan Yamaha Petronas SRT dengan mengucapkan selamat pada Quartararo dan Morbidelli.

Sayangnya, Vale gagal mencapai Q2 hanya dengan 0,072. Ini memalukan, karena langkahnya cukup bagus untuk berada di peringkat 10 besar. Ini akan menjadi awal yang sulit untuk balapan untuknya besok, mulai dari baris kelima, tetapi kita tahu apa yang dia mampu selama perlombaan. Kami sedang mempersiapkan pengaturan tweak yang berbeda untuk pemanasan besok. Pilihan ban telah diputuskan untuk balapan, jadi sekarang kita hanya perlu sedikit memperbaiki putaran sepeda kita. Akhirnya, saya ingin mengucapkan selamat kepada Petronas Yamaha SRT karena mengambil pertama dan kedua di grid besok “.

Sedangkan Valentino Rossi juga mengucapkan selamat kepada Quartararo dan Morbidelli dan tak lupa sedikit menjelaskan apa yang dialaminya pada sesi kualifikasi.

Rossi mengungkapkan jika dirinya sedikit kurang beruntung dan menyatakan pencapaiannya juga “nggak jelek – jelek amat koq ,bro “ 😉

Pertama-tama, selamat untuk Quartararo dan Franco karena mengambil 1-2 hari ini. Kemarin saya dalam masalah besar. Saya sangat lambat, tetapi hari ini kami banyak berkembang. Pagi ini, di FP3, saya cukup kuat. Saya selalu P5, P6, P7, dan saya memiliki perasaan yang baik dengan sepeda, tetapi saya agak kurang beruntung. Saya baru saja melewatkan Q2 dengan margin yang sangat kecil. Pastinya, mulai dari posisi ke-13 sangat sulit, karena dari baris kelima sangat sulit, tetapi pada saat yang sama langkah saya tidak terlalu buruk, saya sudah membaik. Memang benar ada banyak rider yang cepat, tetapi kami juga tidak terlalu buruk ” , demikian ditulis website resmi Yamaha MotoGP.

Selanjutnya Rossi menyatakan bahwa timnya akan melakukan sesuatu malam ini untuk persiapan balapan besok , tentu dengan tujuan mendapatkan performa lebih baik.

“Kami harus mencoba untuk bekerja malam ini, seperti yang kami lakukan kemarin untuk hari ini, untuk membuat langkah lain, dan setelah itu kita akan melihat apa yang terjadi dalam balapan besok “, demikian akhir ungkapan Rossi.

Sementara itu, Maverick Vinales menyatakan dirinya senang dengan hasil yang di capainya, meskipun dia jujur mengakui bahwa strateginya pada sesi kualifikasi adalah strategi yang buruk.

“Saya puas tentu saja, karena FP3 sangat sulit bagi saya. Saya tidak menemukan perasaan yang baik dan saya tidak mengendarai dengan cara yang baik, jadi kami banyak berubah dengan motor di FP4 dan kemudian saya merasa sangat baik dan memiliki kecepatan balapan yang baik, yang merupakan yang paling penting. Saya agak kecewa dengan diri saya sendiri tentang kualifikasi, karena saya memilih strategi yang buruk. Saya mencoba mengikuti Jorge tetapi lupa bahwa Morbidelli dan Quartararo ada di belakang saya ” , ungkap Vinales.

Tak lupa Vinales juga mengapresiasi keberhasilan Quartararo dan Morbidelli, dan kembali menyatakan bahwa di Jerez dia merasa lebih mudah untuk mengovertake lawan dibandingkan di sirkuit lainnya.

Saya ingin mengucapkan ‘Selamat’ kepada Fabio karena mengambil pole tidaklah mudah di MotoGP. Franco juga melakukan pekerjaan dengan baik, jadi mereka mengambil yang pertama dan kedua. P5 bagi saya benar-benar bagus, mengingat FP3 pagi ini. Besok kita akan mulai dari baris kedua. Ini akan sangat penting untuk memiliki awal yang baik, karena kita memiliki ritme dan saya pengereman sangat terlambat, jadi saya pikir bagi saya menyalip di sini akan lebih mudah daripada di trek lainnya. Mari kita lihat apakah besok saya bisa sama kompetitifnya dengan saya di FP4 hari ini “, demikian pernyataan Maverick Vinales.

Berikut hasil selengkapnya Kualifikasi MotoGP Jerez 2019.

1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) 1 menit 36,880 detik

2. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) +0,082 detik

3. Marc Marquez (Repsol Honda) +0,090 detik

4. Andrea Dovizioso (Ducati) +0,138 detik

5. Maverick Vinales (Yamaha) +0,234 detik

6. Carl Cruthlow (LCR Honda) +0,295 detik

7. Danilo Petrucci (Ducati) +0,329 detik

8. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +0,425 detik

9. Alex Rins (Suzuki) +0,471 detik

10. Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) +0,504 detik

11. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) +0,616 detik

12. Joan Mir (Suzuki) +0,634 detik

13. Valentino Rossi (Yamaha) 1 menit 37, 471 detik

14. Stefan Bradl (HRC) +0,242 detik

15. Jack Miller (Pramac Ducati) +0,441 detik

16. Aleix Espargaro (Aprilia) +0,461 detik

17. Pol Espargaro (KTM) +0,634 detik

18. Johann Zarco (KTM) +0,656 detik

19. Bradley Smith (Aprilia) +1,193 detik

20. Tito Rabat (Avintia Racing) +1,239 detik

21. Karel Abraham (Avintia Racing) +1,283 detik

22. Miguel Oliveira (KTM Tech 3) +1,730 detik

23. Hafizh Syahrin (KTM Tech 3) +2,878 detik

Komentar

comments

Advertisements

3 tanggapan untuk “Kualifikasi MotoGP Jerez 2019, Ketika Tim Pabrikan Yamaha “Kebanting” Tim Satelitnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.