Mengingat Kembali Fungsi Timah Balancer Velg.

ZonaMotor.NET – Sobat pembaca dimanapun anda, sebelum Mas Sayur memulai tulisan ini, izinkan Mas Sayur mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1440 H bagi sobat pembaca yang sedang merayakannya, Mohon Ma’af lahir dan batin jika selama kita berinteraksi di dunia maya ini ada tulisan atau kalimat yang Mas Sayur buat dan kurang berkenan di hati sobat semua…., Maafin,yee….!!! 🙏😊

Oke…kita mulai dari nol lagi ya,bro… *Kayak operator SPBU aja 😁

Go to topic….

Balancer velg…, biasanya terbuat dari bahan timah, berbentuk segi empat dua bilah yang ditempelkan di velg sepeda motor atau mobil.

Tidak semua tipe sepeda motor memiliki balancer velg, namun sepertinya semua velg mobil memilikinya.

Pada dasarnya ini bukan barang baru, dan seharusnya kita juga sudah harus mengetahui fungsinya..

Tapi percayalah, masih ada saja beberapa pengguna motor yang belum mengetahui fungsinya.

Baca Juga :  Serupa Tapi Tak Sama Mesin Honda CRF150L dan Honda Verza,Berikut Ini Perbedaannya.

Check it out , spoilernya..

“Ada kewajiban bertanya bagi yang tidak mengerti, dan ada kewajiban menjelaskan bagi yang mengerti “

Jadi screenshot diatas bukan untuk dipermasalahkan apalagi di bully, tapi wajib dijawab dengan benar 😊

Okelah kalau begitu…

Kita mulai….

Namanya saja balancer, sesuai sebutannya berdasarkan arti kata sudah jelas kalau itu fungsinya salah penyeimbang…, Berhubung dipasang di velg motor, jadi gunanya adalah menyeimbangkan velg motor agar mengurangi vibrasi alias getaran saat motor melaju di kecepatan tinggi.

Itulah sebabnya mengapa balancer velg ini hanya ditemukan di sepeda motor dengan kubikasi mesin besar atau sepeda motor sport kubikasi kecil namun memiliki performa yang cukup untuk melaju dengan kecepatan tinggi ( CB150, CBR150, R15, R25,CBR250RR dll). Untuk sport 150 cc di Indonesia hanya ada di sepeda motor flagship alias produk unggulan dari masing masing pabrikan.

Mengapa velg perlu diberi balancer ?
Perlu diketahui bahwa velg kendaraan seteleh dicetak dan didinginkan, terkadang ada salah satu sisi atau bagian yang lebih berat dari pada bagian yang lain, meskipun selisih beratnya sangat kecil namun sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat berkendara apalagi saat melaju di kecepatan tinggi.

Karena itulah diperlukan penyeimbang disisi sebaliknya dari velg yang beratnya berlebih tadi agar berat velg seimbang dan putarannya bisa mulus tanpa gronjalan ( bahasa Jawa : bergelombang )

Lalu apa akibatnya jika velg tak dilengkapi balancer ?

Selagi velg masih seimbang beratnya, ya nggak masalah…tapi siapa yang tahu…, Selalu saja ada hal di jalan yang bisa membuat setingan velg menjadi tak seimbang dan geal geol, menghantam lubang di jalan misalnya.

Baca Juga :  Astra Motor Papua Satu HATI untuk Papua, Salurkan Donasi Untuk Korban Banjir Bandang Sentani.

Akan tetapi jika ada yang sok gaya melepas timah balancer pada velg motornya tanpa perhitungan dan tanpa melakukan uji balance di bengkel balancing, ini yang bermasalah, dan bisa fatal…, Karena putaran roda bisa geal -geol dan menggelinjang…eh bergelombang maksudnya 🙏

Efek yang paling fatal adalah ketika putaran roda yang vibrasinya berlebihan akibat velg yang tidak balance dibiarkan dalam kurun waktu lama, bisa berefek pada part yang lain pada kendaraan, seperti shockbreaker, laher roda, bahkan bola- bola home stir yang bisa lebih pendek usia pakainya dari usia pakai dalam kondisi normal.

Semoga bermanfaat..

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

2 thoughts on “Mengingat Kembali Fungsi Timah Balancer Velg.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.