Motor Bebek Belum Akan Punah, Ini Beberapa Alasannya.

ZonaMotor.NET – Sepeda motor jenis cub atau di Indonesia familiar dengan sebutan motor bebek, belakang ini memang sudah tak populer lagi di kalangan pengguna sepeda motor. Semua terjadi ketika era sepeda motor bertransmisi otomatis memasuki dunia permotoran di Indonesia.

Kemudahan mengoperasikan sepeda motor skuter matic yang tinggal gas dan rem saja adalah alasan utama konsumen mulai lebih memilih skutik dan mulai meninggalkan motor bebek. Selain itu , beragam fitur yang memanjakan konsumen yang dimiliki skutik juga menjadi pertimbangan lain bagi konsumen mulai meninggalkan motor bebek.

Apakahmotor bebek akan punah, nantinya ?

Melihat fakta di lapangan saat ini, walaupun jarang namun sepeda motor bebek masih eksis.Eksistensi sepeda motor bebek ini juga tak lepas dari peran pabrikan sepeda motor di Indonesia yang masih memproduksi varian sepeda motor bebek.

Honda masih punya Revo FI dan Supra 125 serta Supra GTR, Yamaha masih punya Yamaha Vega Force dan Jupiter MX King, dan Suzuki masih memiliki Smash FI .Opini admin pribadi, walaupun mendapatkan gempuran sangat kencang dari sepeda motor jenis skutik, sepeda motor bebek masih akan tetap eksis dan tak akan punah dari dunia permotoran .

Baca Juga :  Warna Baru Kawasaki KLX150 BF MY 2018,Makin Kaya Warna.

Apa saja alasannya ?

  • Ini soal selera. Percaya atau tidak, saat ini ditengah ramainya skutik yang hampir memenuhi jalanan, masih ada konsumen yang cinta mati dan fanatik dengan sepeda motor bebek. Dan hal itu benar-benar admin temukan pada beberapa orang terdekat di sekitar admin. Alasannya beragam, dari mulai alasan feeling sampai alasan medan yang ditempuh. Alasan feeling, maksudnya dengan mengendarai motor matik ada seseorang yang merasakan hilangnya sensasi naik motor saat mengoper gigi dan berakselerasi saat perpindahan gigi. Sedangkan alasan medan jalan maksudnya berkaitan dengan motor bebek yang digunakan sebagai sarana pengangkutan yang melewati medan jalan yang rusak dengan geografi dan topografi menantang yang tak logis dilalui oleh sepeda motor matik. Bahkan sampai saat ini masih ada instansi pemerintah yang menggunakan sepeda motor bebek sebagai armada andalan sebagai kendaraan inventaris kantor untuk aktifitas operasional karyawannya.
  • Alasan selanjutnya bahwa sepeda motor bebek tidak akan punah adalah karena pabrikan masih memproduksi sepeda motor jenis ini. Seperti disebutkan diatas, Honda masih punya beberapa varian motor bebek, diantaranya adalah Honda Supra 125 FI, Honda Revo FI dan Honda Supra GTR. Yamaha masih punya varian Yamaha Vega Force dan Jupiter MX King, sedangkan Suzuki masih memiliki Suzuki Smash FI yang reborn setelah sempat disuntik mati selama setahun lebih.

Mengejutkan.. Suzuki Rilis Motor Baru,New Smash FI.

  • Dalam kondisi tertentu, motor bebek lebih aman dikendarai dibandingkan sepeda motor jenis skutik. Contoh nyata saat terjadi banjir dan harus menerjang genangan air yang agak tinggi, sepeda motor jenis skutik akan terkendala saat CVT terendam air, namun sepeda motor bebek akan tetap melaju walaupun air sudah merendam area rantai, selagi mesin dan pengapian serta karburatornya tak kemasukan air.
  • Ini soal nilai historis dan kenangan. Akan selalu ada konsumen ya g tak mau beralih atau tetep mempertahankan sepeda motor bebek miliknya yang memiliki nilai sejarah dalam hidupnya dan tak bisa ditukar dengan nilai mata uang.
  • Kembali booming nya genre sepeda motor retro dan respon dari pabrikan yang memproduksi sepeda motor bebek bergaya retro dengan sentuhan modern. Lihat saja Honda yang memproduksi kembali bebek retro dengan modernisasi ya g terlihat dari kehadiran Honda Super Cub C125.

Jadi bagi sobat pembaca yang memiliki kesukaan terhadap motor bebek diatas rata -rata dari konsumen pada umumnya, nggak usah khawatir… motor bebek akan tetap ada dan belum akan punah,paling tidak untuk 1 dasawarsa ke depan, setelah itu ya…wait and see saja. 😊

Komentar

comments

Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.