Honda Patenkan Airbag Untuk PCX, Hanya Inikah Senjata Honda Melawan NMAX Connected ?

ZonaMotor.NET – Sobat pembaca sekalian, ide menempatkan airbag di sepeda motor sebagai salah satu piranti safety riding sebenarnya telah ada semenjak airbag itu pertama kali ditemukan. Dan karena sistemnya yang rumit dan makan tempat, maka airbag lebih mudah ditanamkan untuk kendaraan besar yang punya dimensi ruang yang luas untuk menanamkan sistem airbag tersebut, seperti mobil.

Namun dalam perkembangannya,sekelas wearpack pembalap MotoGP saja sudah menggunakan teknologi airbag, lalu mengapa di sepeda motor tidak bisa ? Ya, kan ? 😊

Dan untuk motor berkubikasi besar alias moge, airbag sudah bukan barang baru lagi, sebut saja Honda Gold Wing .

Sementara itu untuk sepeda motor kubikasi mesin kecil dibawah 250 cc, nampaknya penanaman fitur airbag sudah diriset oleh Honda sejak beberapa tahun yang lalu.

Sempat ditulis oleh TMCblog pada Juni 2017 yang mendapatkan info dari Young Machine bahwa saat itu Honda sedang mengembangkan airbag untuk skuter ber cc kecil , dan terlihat digambar sepeda motor yang diberi fitur tersebut adalah Honda PCX. Waktu itu dikabarkan jika realisai fitur airbag sekitar 3 tahun lagi atau sekitar 2020.

Baca Juga :  Honda Lagi Promo,Ada Diskon Khusus Bagi Penbeli All New Honda CB150 Streetfire.

Rupanya hal itu bukan isapan jempol semata,mas bro…

Mengutip visordown edisi 9 Januari 2020, Honda kedapatan mematenkan fitur airbag untuk sepeda motor yang jka dilihat gambar patennya, itu adalah Honda PCX.

Seperti sistem kerja airbag pada umumnya, airbag pada Honda PCX ini akan mengembang ketika sensor mendeteksi adanya crash yang dialami kendaraan.

Baca Juga :  Servis Tanpa Antri di PIT Express, "Satu Harga Satu Indonesia", Hanya di Dealer Berlogo Astra Motor.

Airbag ini diharapkan melindungi pengendara dari beberapa tipe kecelakaan diantaranya ketika menabrak kendaraan lain atau menabrak benda diam dengan area perlindungan di bagian kepala dan tubuh bagian atas dari si pengendara.

Inikah Senjata Andalan Honda Untuk Melawan Yamaha NMAX Connected ?

Yuuup…. pertanyaan ini seketika muncul di benak penulis. Yamaha New NMAX yang sudah bisa connecting ke smartphone pengendara dan sudah diluncurkan oleh Yamaha Indonesia adalah pelopor untuk fitur tersebut. Dan apakah fitur itu hanya cukup dihadapi dengan airbag saja oleh Honda ?

Opini pribadi penulis adalah sebagai berikut.

Mengingat fakta bahwa riset airbag untuk PCX sudah dilakukan sejak 3 tahun yang lalu (yang terendus Young Machine) dan bisa jadi mungkin yang tidak terdeteksi media , risetnya sudah beberapa tahun sebelumnya, maka penulis berkesimpulan jika penanaman airbag pada Honda PCX bukanlah reaksi Honda atas lahirnya Yamaha NMAX Connected. Tapi merupakan realisasi dari proyek R & D dari Honda.

Baca Juga :  Pemilik Motor Ini Menyadari Betul Pentingnya Rear Grip [ Behel ] Pada Motor Sport. ;-)

Lalu apa upaya Honda untuk menghadapi Yamaha NMAX Connected ?

Yang jelas, ITU BUKAN URUSAN SAYA !! 🤭

Kita tunggu aja sambil kerja dan ngopi – ngopi.. 😊

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

2 thoughts on “Honda Patenkan Airbag Untuk PCX, Hanya Inikah Senjata Honda Melawan NMAX Connected ?

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.