Ngobrol Seru Tentang Tangki Bocor,Tutup Tangki “Njendol” dan KUTANG πŸ™Š

ZonaMotor.NET – Sobat pembaca sekalian, bagi sampeyan yang sudah aktif mengikuti blog otomotif Indonesia sejak era 2010, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah “tutup tangki Njendol“. Njendol ( bahasa Jawa : menonjol ) , sebuah kosakata yang umurnya sudah tua, setua imej yang menyertainya ketika bersatu dalam sebuah frase “tutup tangki njendol” yang seolah menggambarkan sebuah sepeda motor jadul bin kuno alias tua bangka πŸ™Š.

Namun ternyata, di era teknologi injeksi modern,Β  di Indonesia masih ada sepeda motor sport dengan desain tutup tangki “njendol”. You Know laaah… Motor apa yang dimaksud… πŸ˜—

Lalu masalahnya dimana ? πŸ€”

Jadi begini… Selama ini dalam setiap perbincangan para pengguna dan pemerhati kendaraan roda dua di Indonesia, tutup tangki model njendol ini dituding sebagai biang kerok penyebab penyakit tangki bocor yang entah secara kebetulan atau bagaimana banyak dialami oleh motor sport keluaran Honda ,katakanlah Honda Tiger dan Megapro yang mana tutup tangkinya memang masih njendol.

Benarkah demikian. ?

Lalu bagaimana pendapat seorang instruktur mekanik Honda yang tugasnya memberikan pelatihan kepada seluruh mekanik bengkel resmi dan tentu memahami tentang hal di atas ?

Dan kenapa dan ada apa hingga harus bawa bawa KUTANG SEGALA. ?

Baca Juga :  Ini Velg Motor Apa,ya..? Koq Bisa Penyok Begini..?? ;-)

Siapkan kopi dan cemilan dulu, gelar tikar dibawah pohon mangga…,sambil menyimak obrolan yang sejatinya berlangsung via aplikasi WhatsApp berikut ini.

Beda tampilan tutup tangki Honda Verza generasi pertama dan Honda CB150 Verza

Melihat tampilan tutup tangki Honda CB150 Verza yang mempunyai cover karet/plastik warna hitam, Mas Sayur pikir ini adalah sedikit inovasi agar tak terjadi rembesan air ke dalam tangki yang jika airnya terkumpul dalam waktu lama bisa menyebabkan korosi dan membuat tangki jadi bocor.

Untuk memastikan opini diatas, bertanyalah Mas Sayur pada orang yang berkompeten. Adalah Bapak Harjito, Instruktur Mekanik Astra Motor Papua yang memberikan pencerahan.

Menurut beliau, tampilan tutup tangki CB150 Verza yang seolah berjaket karet hitam hanyalah pemanis belaka. Tak ada keterangan lain mengenai fungsi secara tekhnis.

Secara fungsi penutupnya sama dengan verzaΒ  motolama danr lainnya ,yakni untuk mencegah benda asing masuk kedalam tangki, dan mencegah bahan bakar tumpah.Selain itu juga penutup tangki berfungsi sebagai lubang ventilasi untuk menyamakan tekanan atmosfir di dalam dan diluar tangki supaya bahan bakar bisa mengalir,” jelas Pak Jito mengawali penjelasannya.

Jadi nggak ada,nich fungsi lain secara teknis seperti dugaan saya diatas ?”, tanya admin lagi.

Baca Juga :  Serupa Tapi Tak Sama Mesin Honda CRF150L dan Honda Verza,Berikut Ini Perbedaannya.

Nggak ada mas,Β  lapisan karet/plastik hitam diatasnya itu lebih ke design/concept agar lebih berkarakter, tapi sebenarnya dengan penutup tangki model njendol gini juga sangat kecil kok potensi air masuk kedalam tangki“, lanjut Pak Jito.

Lalu menurut Pak Jito, kasus tangki bocor yang banyak dialami sport Honda dengan tutup tangki njendol seperti Tiger dan Megapro dan termasuk Verza, penyebabnya apa ?”, Admin lanjut bertanya.

Bisa dari karet/ seal penutup tangki yg sudah rusak mas, bisa dari uap besin didalam tangki berubah menjadi air istilahe ngembun , bisa juga pada saat mencuci motor dengan air bertekanan tinggi dan menyemprot pada bagian penutup tangki“, jelasnya.

Sebelum melanjutkan obrolan, mari kita lihat bagian dalam tutup tangki njendol yang legendaris itu,gambar comot punya MGLNblog

 

Analisa yang berkembang liar menyebutkan air merembes masuk ke tangki melalui lubang ventilasi. Akan tetapi , pabrikan sudah mengantisipasi dengan memberikan seal karet di tengah tutup tangki yang menyegel tepat bibir tangki agar air tak bisa masuk ke dalam tangki.

Dan analisa dari Pak Jito diatas lebih mengarah pada seal karet yang sudah mati (keras dan kaku ) sehingga tidak lagi elastis dan tak lagi mampu menahan air yang akan masuk ke tangki.

Baca Juga :  Data dan Fakta, 12 Perbedaan All New Honda BeAt 2020 dan Honda BeAt Versi Sebelumnya.

Sejatinya, admin memiliki opini lain yang bisa dijadikan tambahan terkait penyebab bocornya tangki sepeda motor, yakni perawatan oleh si empunya motor yang kurang menjaga kebersihan motornya. Ilustrasinya begini, sering kena hujan dan panas, bahkan air asin dan jarang dicuci dan dibersihkan sehingga menyebabkan korosi dari luar yang lama kelamaan merembet dan menjadikan plat logam dari tangki menjadi bocor.

Tapi itu hanya opini pribadi, kalau salah ya mohon dikoreksi.

KUTANG….

Apaan,tuch….?? πŸ€”πŸ€”

Tolong jangan dibayangkan yang aneh-aneh.. πŸ˜„

Dalam penjelasannya, Pak Jito melanjutkan dengan apa yang dimaksud dengan KUTANG .

“Untuk perawatan tangki bahan bakar sepeda motor Honda,kita di AHASS ada paket KUTANG (kuras tangki) yang disarankan setiap setahun sekali /10.000km dengan biaya terjangkau, hanya 25 ribu Rupiah saja di seluruh AHASS di wilayah kerja Astra Motor Papua”, tutup Pak Jito dengan menyertakan emoji senyum ( 😊 ).

 

Ealaaaah……,kiraaain…. πŸ˜€πŸ˜€Β 

Akhirnya bisa tidur nyenyak.. 😊

 

 

 

 

Komentar

comments

Advertisements

5 tanggapan untuk “Ngobrol Seru Tentang Tangki Bocor,Tutup Tangki “Njendol” dan KUTANG πŸ™Š

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: