Melihat Lebih Detail, Assist/Slipper Clutch dan Quick Shifter Honda CBR250RR.

Sobat pembaca sekalian, adalah sesuatu yang luar biasa ketika Mas Sayur mendapatkan kesempatan untuk bergabung dalam acara sharing tekhnologi dari CBR250RR Model Year 2020 yang diadakan oleh Astra Motor Papua secara daring dengan dipandu langsung oleh Instruktur Mekanik Astra Motor Papua, Bapak Harjito pada Sabtu sore 20 Oktober 2020.

Seperti yang Mas Sayur tulis sebelumnya, bahwasanya saat ini Astra Honda Motor memiliki 3 varian Honda CBR250RR, yakni

  • Honda CBR250RR SP Quick Shifter, sebagai kasta tertinggi dari Honda CBR250RR yang memiliki fitur terbaru terlengkap dikelasnya,yakni Assist/Slipper Clutch dan Quick Shifter.
  • Honda CBR250RR SP, yakni Honda CBR250RR dengan fitur Assist/Slipper Clutch , namun TANPA Quick Shifter,dan
  • Honda CBR250RR versi standart tanpa fitur Assist/Slipper Clutch dan Quick Shifter.
Baca Juga :  Mohon Maaf..Blog Akan Vakum Untuk Sementara,Admin Sedang Sakit

Naah…..,mas bro sekalian…,dalam acara sharing tekhnologi online ini, pada akhirnya mengupas tentang fitur-fitur baru tersebut diatas, yakni Assist/Slipper Clutch dan Quick Shifter , bagaimana mekanismenya dan segala tetek bengeknya 😊

Penjelasan awal dari pemandu acara yang merangkap narasumber,yakni Bapak Harjito adalah pengertian dari Assist/Slipper Clutch dan Quick Shifter itu sendiri.

Memang sich, di Indonesia fitur Assist/Slipper Clutch sudah bukan barang baru lagi, Yamaha New R15 dan Vixion R ,serta Ninja 250 twin silinder sudah memakai fitur ini. Jadi admin rasa Mas bro sekalian sudah banyak memahami apa itu Assist/Slipper Clutch.

Assist Slipper Clutch pada dasarnya adalah 2 Istilah dengan 2 arti dan fungsi berbeda pula, namun intinya ini adalah satu kesatuan dalam satu set perangkat kopling. Keuntungan yang dirasakan langsung dari penggunaan piranti ini adalah tuas kopling yang makin terasa ringan/empuk saat ditarik.

Baca Juga :  Catat, Ini Tekanan Angin Yang Ideal Untuk Semua Tipe Sepeda Motor.

Mengapa tuas kopling makin empuk ? Salah satu penyebabnya adalah jumlah per/spring didalam perangkat assist Slipper Clutch CBR250RR hanya 3 buah ,berbeda dari model sebelumnya yang 5 buah,ditambah lagi panjang per/spring nya yang semakin pendek.

  • ASSIST CLUTCH.

Sesuai dengan arti kata, assist berarti bantuan, assist Clutch berfungsi membantu mengoptimalkan kinerja kopling SAAT AKSELERASI dengan cara menghilangkan power loss alias slip kopling dalam istilah mekanik bengkel umum. Dalam penjelasan yang admin terima, saat akselerasi seiring putaran mesin yang makin tinggi, assist Clutch ini semakin “menggigit” sehingga tak ada potensi terjadi slip kopling. Secara logika ini yang mendasari penggunaan per kopling hanya 3 buah saja pada piranti ini.

  • SLIPPER CLUTCH.

Berkebalikan dengan Assist clutch, Slipper Clutch bekerja saat DESELERASI untuk mengurangi efek engine brake yang ditimbukan. Jadi penjelasan gampangnya adalah, jika assist clutch fungsinya menghindari slip kopling saat akselerasi, maka slipper clutch justru berfungsi supaya kopling jadi slip SAAT DESELERASI dan atau saat perpindahan gigi dari gigi tinggi ke gigi rendah yang biasanya menimbulkan efek engine brake, sehingga kestabilan berkendara tetap terjaga.

Baca Juga :  Honda Sport Motoshow 2018 Hadir di 11 Kota.

Lebih jelasnya, mekanisme assist Slipper Clutch bisa ditonton di video berikut :

Sumber video :DI SINI

QUICK SHIFTER

NEXT PAGE >>>>>>>>>>

Komentar

comments

Advertisements
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: