Tarikan Awal Honda BeAt Karbu Mrebet, Ini Biang Keroknya.

Sobat pembaca sekalian, bercerita tentang Honda BeAt generasi pertama atau sering disebut dengan BeAt Karbu, ini adalah varian skutik Honda pertama di Indonesia yang lahir tahun 2008. Varian ini sudah masuk kategori motor tua, meskipun bisa dibilang belum “bangka” ( bukanlah motor tua Bangka maksudnya 😊, karena varian yang lebih tua lagi masih banyak).

 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mas Sayur (@mas_sayur)

Sebagai “motor tua”, tentu akan ada saja “penyakit” yang diderita. Termasuk yang Mas Sayur alami dengan si Paijah ,BeAt karbu warna merah yang setiap hari menemani aktifitas Mas Sayur belanja barang dagangan ke pasar. Masalah yang terjadi pada si Paijah adalah mbrebet saat akselerasi awal,namun tak ada kendala saat RPM tinggi.

Baca Juga :  Honda Bikers Day 2017 Regional Sumatra Barat Sukses Digelar.

Setelah berkonsultasi dengan mekanik langganan, prediksi yang diambil adalah itu terjadi karena karet pada karburator vakumnya sudah mengalami kerusakan. Kerusakan yang dimaksud adalah karetnya sudah getas, robek atau kaku sehingga mengganggu suplai bahan bakar.

Karet Karbu Vakum Honda BeAt sebagai tersangka mbrebetnya si Paijah saat akselerasi awal.

Sebagai informasi, karet vakum pada karburator Honda BeAT berfungsi mengangkat throtle naik untuk membuka lubang venturi.Karet vakum bisa bergerak naik karena adanya kevakuman di bagian atas karburator. Jika karet sudah kaku,getas atau robek akibat pengaruh panas atau terkena bensin,maka saat gas dibejek saat tarikan awal atau akselerasi, maka throtle tidak bisa segera naik, otomatis lubang venturi tidak segera terbuka, akibatnya mesin jadi tersendat karena kekurangan pasokan bahan bakar.

Baca Juga :  Honda ADV150 Ada Warna Baru,Harga 37 jutaan.

Akhirnya, tidak menunggu lama Mas Sayur minta diganti karet vakum Karbu si Paijah.

Hanya butuh waktu sekitar lima menit untuk bongkar pasangnya.

Harga karet vakum Karbu Honda BeAt KW +62 🙈 ,Harga di Kota Jayapura Papua.

Dan setelah dipasang, lalu dicoba, hasilnya memang jauh berbeda. Gejala mbrebet dan seolah tenaga tertahan saat akselerasi hilang sama sekali.

Salam dari Jayapura.

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

3 thoughts on “Tarikan Awal Honda BeAt Karbu Mrebet, Ini Biang Keroknya.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.