Lebih Detail Tentang Jenis Helm Serta Kelebihan dan Kekurangannya.

Selamat berhari libur,mas bro.. hari Minggu begini pasti ada sebagian sobat brother yang melakukan refreshing atau touring atau sekedar jalan-jalan keliling komplek untuk “cari angin segar” dengan mengendarai motor. Tapi satu hal yang pasti dan tidak boleh ditinggalkan adalah, pakailah helm saat naik motor sebagai salah satu ikhtiar,cari aman untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

Nah…. berbicara soal helm,nich... Ada pesan penting dari Divisi Safety Riding Astra Motor Papua yang penting untuk kita ketahui bersama tentang helm.

Pesannya sich jelas...helm adalah salah satu komponen terpenting yang harus ada ketika berkendara dengan sepeda motor, baik perjalanan jauh atau dekat, sebagai tindakan preventif untuk guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Bukan sekedar untuk gaya-gayaan semata.

Selanjutnya, Irfandi Achmad sebagai Instruktur Safety Riding Astra Motor Papua menjelaskan tentang jenis-jenis helm yang saat ini beredar di pasaran disertai kelebihan dan kekurangannya. Yuuuk…. Check it out…

  • Helm Full Face
Baca Juga :  Sekedar Info,Update Harga All New CBR250RR di Jayapura Papua April 2017.

Helm full face memberikan proteksi atau perlindungan penuh untuk seluruh area kepala mulai dari bagian belakang, daerah wajah hingga dagu. Helm ini merupakan standar dan cocok untuk digunakan ketika berkendara dengan jarak dan jauh karena perlindungannya yang maksimal, membuat kepala kita terlindungi dari hujan, angin, serangga, panas menyengat bahkan hingga kerikil dan debu yang beterbangan di jalan. Kekurangan helm full face adalah sudut padang pengendara menjadi tak terlalu bebas, meskipun sebenarnya tetap nyaman-nyaman saja untuk dipakai berkendara. Kalau ada yang belum tahu helm full face seperti apa yaitu helm yang biasa juga di pakai balapan Motogp yupss,,, yang di pakai pembalap motogp saat balapan.

Baca Juga :  Wow...Ada Gembok Pintar,bro...

 

  • Helm Off Road 

Helm ini digunakan untuk para pembalap motor cross atau trail yang biasa mengendarai motor di medan yang terjal dan sulit. Akibat risiko tinggi yang ditanggung sang pemakai, helm ini memang memberikan proteksi lebih dari hanya sekadar melindungi kelapa dari angin dan debu. Bagian dagu yang menonjol dan kacamata khusus yang digunakan, dimaksudkan untuk melindungi pengendara dari kemungkinan cedera akibat kecelakaan yang memang sangat besar risikonya dalam kegiatan balap dengan motor cross. Helm ini menutup seluruh bagian kepala dan hanya menyisakan bagian hidung saja yang dibiarkan terbuka, agar alur udara untuk bernapas tetap lancar saat berkendara.

  •  Helm half face 

Ini sebenarnya adalah modifikasi helm open  face yang ditambahkan kaca pelindung di bagian depan untuk melindungi wajah, sehingga notabene lebih aman dan mampu memberikan perlindungan lebih baik, Helm ini memiliki beberapa kelebihan di antara helm lain. Di antaranya: penggunaannya lebih mudah, jarak pandang yang terbuka dan saat menggunakan helm ini pengendara tidak akan merasakan engap, ataupun panas karena bagian bawahnya yang terbuka mampu memberikan sirkulasi uada yang baik. Namun karena bagian bawahnya yang terbuka ini, helm jenis half face tidak direkomendasikan untuk digunakan ketika perjalanan jarak jauh karena perlindungannya yang kurang optimal.

Baca Juga :  Belok Mendadak,Nyalakan Lampu Sein Juga Mendadak..,Gubraak....!!! [ Video ]

Naaah…. Jelas, kan… Jadi helm yang mana pilihanmu ? Demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara,maka bijak dan pintar-pintar lah dalam memilih helm..

Salam dari Jayapura.

Komentar

comments

Advertisements

Author: Mas Sayur

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.