Fakta- Fakta Yang Jarang Diketahui Dari All New Honda CBR150R.

ZonaMotor.NET – Sobat pembaca sekalian, kembali Mas Sayur menghadirkan tulisan tentang all new Honda CBR150R yang pada tulisan sebelumnya sudah sedikit Mas Sayur ulas dari salah satu partnya,yakni shockbreaker.

Nah…di tulisan kali ini akan lebih membahas ke arah hal-hal apa saja yang baru,atau hal apa yang berbeda dari versi sebelumnya yang hal-hal tersebut masih jarang diketahui pembaca.

Oke, sob...kalau soal tampilan yang mirip dengan sang kakak (CBR250RR), fork USD , fitur unggulan assist and slipper clutch, tentu sampeyan semua sudah pada paham. Secara umum ubahan pada CBR150R 2021 yang sudah diketahui publik adalah desain lampu depan, model lampu belakang, model pijakan kaki, dan tangki bahan bakar yang kini menggunakan cover dengan tampilan yang lebih kekar dan matching dengan fairingnya,tentu sudah banyak diantara sobat pembaca yang mengetahuinya.

Tapi ada beberapa hal kecil yang jarang diketahui oleh khalayak,padahal hal ini berpengaruh signifikan pada handling dan impresi saat berkendara.

NOTED : Untuk fitur unggulan ASSIST AND SLIPPER CLUTCH all new Honda CBR150R akan Mas Sayur buatkan artikel khusus nantinya, ditunggu saja.

Baca Juga :  Mengenang Suzuki RC Series, Motor Bebek Suzuki Yang Legendaris.

Apa saja hal-hal tersebut ? Check it out…

  • CBR150R 2021 dimensinya lebih tinggi dan lebih lebar dari CBR150R 2018,namun jarak jok (tempat duduk) pengendara ke tanah (height seight) lebih rendah. Data komparasi spesifikasi yang Mas Sayur dapatkan, dimensi (p x l x t ) CBR150R 2018 adalah 1983x694x1077 (mm) dan CBR150R 2021 adalah 1983x700x1090(mm), sedangkan tinggi tempat duduk CBR150R 2021 adalah 782 mm ,lebih rendah dari CBR150R 2018 yang 787 mm.

Ini jelas berpengaruh besar dalam.soal handling, karena heigt seight berpengaruh pada pengendara dalam hal menapakkan kakinya ke tanah. Dengan heigt seight lebih rendah otomatis pengendara lebih sempurna menapakkan kakinya di tanah sehingga lebih menguasai pengendalian sepeda motor dalam berbagai kondisi berkendara.

  • Lampu Sein LED mati salah satu,harus ganti satu set dengan headlamp. Apakah tidak bisa diganti LED nya saja ? Bagi seorang ahli elektronik yang biasa bermain dengan solder dan lampu LED,hal dimaksud tidak sulit dan bisa saja dilakukan,TETAPI keseluruhan lampu depan Honda CBR150R 2021 ini mika lampunya sudah di lem paten, sehingga butuh keahlian khusus untuk membukanya dan setelah dibuka perlu di lem lagi agar menghindari air hujan masuk ke dalam reflektor lampu dan lampu sein agar speedometer tidak mengembun.
Baca Juga :  Tips Tetap Bugar Berkendara Saat Berpuasa Ala Mas Sayur.

  • Penambahan Cover Inler Duck pada saringan udara. Ini semacam dinding yang menangkap angin dan mengarahkan angin ke saluran “leher angsa” filter udara untuk memastikan kecukupan pasokan udara untuk kebutuhan pembakaran di dalam mesin.
  • Kapasitas bahan bakar cadangan naik jadi 1,7 liter. Kapasitas tangki bahan bakar tetap sama 12 liter. Ini artinya saat indikator bahan bakar 1 bar mulai berkedip-kedip, di dalam tangki bahan bakar masih tersisa 1,7 liter, sehingga pengendara bisa memperkirakan segera atau tidaknya mengisi bahan bakar lagi terkait dengan situasi dan kondisi.

  • Radiator lebih panjang ke samping. Panjang kisi-kisi radiator menjadi lebih panjang, secara logika ini tentu memberikan pendinginan mesin yang lebih baik.
  • Knalpot. Secara desain dan tampilan,Muffler atau knalpot Honda CBR150R 2021 sama persis dengan Honda CBR150R 2018-2020 , tetapi ada perbedaan pada posisi dudukan baut pengikat ke rangka,yang berkaitan dengan desain fairing yang baru.
Baca Juga :  Motor Injeksi Itu Sebenarnya Kurang pas Jika Harus "Minum" Premium, Benarkah..?

  • Speedometer . Peningkatan tampilan speedometer menjadi lebih berwarna dibandingkan dengan Honda CBR150R 2018-2020. Dan yang paling mendasar lagi adalah di sisi kiri atas panel speedometer pada CBR150R 2018 terdapat logo sayap Honda,namun pada CBR150R 2021 logo sayap Honda diganti dengan tulisan CBR yang ikonik.
  • Kabel bodi. Menyesuaikan perubahan perlampuan di area fascia (depan), tentu saja kabel bodi CBR150R memerlukan perubahan yang jauh berbeda dengan CBR150R generasi sebelumnya.

  • ECM . Pada dasarnya, ECM CBR150R 2021 masih sama dengan CBR150R 2018, namun ada perubahan mapping. Informasi yang Mas Sayur dapatkan dari Instruktur Mekanik Astra Motor Papua, perubahan mapping ECM CBR150R 2021 ini berkaitan dengan untuk menyesuaikan karakter mesinnya.

Oke, pembaca sekalian, demikian tadi hal-hal penting yang berubah dan hal-hal baru pada CBR150R 2021 namun masih jarang yang mengetahui secara detail. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam dari Jayapura.

Komentar

comments

Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: