Review AHM Oil MPX 3 di Mesin Honda Verza Setelah 145 Hari, Segini Sisanya.

ZonaMotor.NET – Sobat pembaca sekalian, beberapa waktu yang lalu Mas Sayur pernah menulis tentang ganti oli Honda Verza dengan oli MPX 3 yang merupakan oli dengan kekentalan tinggi untuk mesin-mesin motor Honda generasi awal , semisal GL Series. Dan faktanya, Honda Verza konstruksi mesinnya masih identik dengan mesin GL series sehingga sangat pas menggunakan oli ini.

Dan memang, Mas Sayur merasakan mesin Honda Verza terasa lebih ” halus dan lembut ” suaranya ketika menggunakan oli MPX 3.

Intinya Mas Sayur merasa nyaman dan pede , mempercayakan pelumasan mesin Honda Verza kendaraan operasional Mas Sayur kepada oli ini.

Bahkan saking nyamannya, tak terasa waktu penggantian oli terakhir sudah berlalu selama 5 bulan 🙈

Ini terjadi mungkin karena kombinasi antara kesibukan dan keteledoran juga. Teledornya antara lain karena jarak tempuh harian Honda Verza tunggangan Mas Sayur ini hanya 45 kilometer setiap harinya, tidak lebih. Karena Honda Verza ini hanya digunakan saat berjualan keliling saja, sementara setelah pulang jualan, si Honda Verza hanya terparkir dan untuk transportasi kegiatan lain Mas Sayur menggunakan skutik.

Baca Juga :  Mini Touring Bareng HC3 Astra Motor Papua.

Iseng aja kita hitung jarak tempuhnya,yuuuk 😊

Terakhir ganti oli pakai AHM Oil MPX 3 adalah tanggal 8 Februari seperti terekam dalam artikel ini 👇

“Icip-icip” AHM Oil MPX3 Untuk Honda Verza.( Kembali ke Jalan Yang Benar).

Dan saat kemudian Mas Sayur merasakan perbedaan performa dari Honda Verza dan menyadari bahwa ini karena sudah waktunya ganti oli adalah tanggal 3 Juli.

Maka bisa dihitung, 8 Februari hingga 3 Juli terhitung 145 hari, jarak tempuh per hari 45 kilometer, maka oli AHM Oil MPX 3 di mesin Honda Verza ini sudah melumasi mesin ber kode GL15B ini sejauh 6525 kilometer 🙈

Baca Juga :  "Icip-icip" AHM Oil MPX3 Untuk Honda Verza.( Kembali ke Jalan Yang Benar).

Sebagai informasi, Honda Verza yang merupakan kendaraan operasional Mas Sayur ini meskipun sudah berumur 6 tahun lebih, tapi performanya masih normal, dapur pacunya juga belum menunjukkan tanda tanda berasap. Intinya masih sehat wal ‘afiat dan masih rutin mengangkut dagangan seberat sekitar 200 kg setiap hari melintasi jalanan kota Jayapura.

Pada akhirnya, setelah oli di tap pada jarak tempuh 6525 kilometer, fakta menunjukkan jika oli tersebut diatas hanya bersisa segini

Sekitar 0,1 liter saja. Anehnya mesin ini tidak menunjukkan gejala over heat saat digeber dengan oli hanya segitu. Hanya, saat digeber di tanjakan, agak berat, nggak seperti kondisi normalnya.

Baca Juga :  Antara New Honda Vario 125 dan Yamaha Lexi, Anda Pilih Mana ?

 

Dulu…,saat masih menggunakan Honda Karisma, Mas Sayur juga pernah mengalami cerita seperti ini. Cerita selengkapnya di sini 👇

Dukanya Bekerja Dengan Motor Tua..*tapi belum bangka.. 😀

Pada akhirnya, sampeyan juga paham kan, mengapa pergantian oli direkomendasikan setiap 2000 kilometer ?

Opini pribadi Mas Sayur adalah, sebagus apapun kualitas olinya dan sesehat apapun kondisi mesin motornya, jika jarak tempuh sudah melebihi 5000 kilometer, oli kemungkinan besar berkurang karena menguap akibat panas berlebihan di mesin.

 

Komentar

comments

Advertisements

Author: Mas Sayur

1 thought on “Review AHM Oil MPX 3 di Mesin Honda Verza Setelah 145 Hari, Segini Sisanya.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.