Lampu Motor Redup, Ini Beberapa Penyebabnya.

Sobat pembaca sekalian , lampu motor yang ada di motor kita mempunyai fungsi yang amat vital, yakni sebagai penerang jalan saat berkendara di malam hari . Bahkan di masa kini dimana semua sepeda motor menganut Automatic Headlamp On (AHO), yang artinya lampu motor akan menyala terus saat motor digunakan dan tanpa dilengkapi saklar ON – OFF , fungsi lampu sepeda motor menjadi bertambah, yakni sebagai signal agar sepeda motor lebih mudah terlihat oleh pengendara lain yang diharapkan bisa mengurangi angka kecelakan di jalan raya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, selayaknya barang dan per ala tan yang memiliki usia pemakaian optimal, lampu sepeda motor juga bisa mengalami penurunan fungsi, Dari mulai nyalanya yang mulai meredup, hingga kejadian mati total.

Penting untuk memahami penyebab ketika lampu sepeda motor kita sudah mulai meredup, tidak asal membuat kesimpulan jika penyebabnya adalah ANU misalnya 😊 , jadi harus ditelusuri dulu apa penyebabnya, sehingga bisa membuat solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Berikut ini Mas Sayur rangkum beberapa hal yang menjadi penyebab nyala lampu sepeda motor menjadi kurang maksimal alias redup.

  1. Mika Lampu atau Reflektor BuramUsia pakai akan mempengaruhi kejernihan reflektor Lampu, karena reflektor itu sama dengan piranti lain yang memiliki batas optimal USIA pemakaian. Makin lama terpakai, reflektor bisa kadi makin kusam, ditambah lagi paparan debu jalanan yang mengenainya. Ketika reflektor sudah kusam, mama jangan pernah berharap nyala lampu akan jernih dan bening, solusinya adalah ganti dengan yang Baru, usahakan part original.
  2. Saklar Lampu Kotor. Ini sering disepelekan. Pemakaian lama dan kurangnya perawatan, dikombinasikan Dengan debu dan kotoran halus yang lain yang menempel di saklar lampu,boss menghambat arus listrik yang menjadi sumber daya dari lampu. Jika ini terjadi dalam level yang parah, bisa jadi nyala lampu akan tersendat, karena aliran listrik bisa diibaratkan aliran air, ketika itu tersendat akan mengganggu suplainya. Poin ini tidak berlaku bagi sepeda motor masa kini yang sudah menerapkan AHO (Automatic Headlamp On) , karena sudah tidak memiliki saklar lampu lagi, yang mana kita semua tahu sistem AHO  untuk sepeda motor di Indonesia dimulai sekitar akhir tahun 2011.
  3. Soket Lampu Kendor atau kotor atau berkarat . Hal ini menyebabkan efek yang sama seperti poin nomor 2.
  4. Fitting Lampu Rusak.Fitting lampu yang rusak biasanya ditandai dengan terbakarnya dudukan lampu, di sekitar bagian tembaganya. Sedangkan bagian tembaga penting untuk menghantarkan listrik.Dudukan lampu yang terbakar jelas akan mengganggu arus listrik pada lampu sehingga sinar lampu yang dihasilkan menjadi redup.
  5. Baterai / Aki Lemah. Pada sepeda motor dengan sistem penerangan DC dimana sumber arus listrik yang mensuplai lampu adalah arus DC dari aki, maka kesehatan aki sangat berpengaruh kepada nyala lampu. Jadi ketika aki melemah,otomatis nyala lampu akan ikut menjadi redup.
  6. Kiprok Lemah. Kiprok adalah perangkat yang berfungsi mengisi ulang aki. Jika kiprok  bermasalah dan melemah, akibatnya akan mengakibatkan aki kehabisan daya dan melemah, akibat selanjutnya adalah seperti yang dijabarkan di poin nomor 5.
  7. Sepul pengisian melemah . Sepul pengisian adalah kumparan kawat yang berfungsi menghasilkan arus AC yang mensuplai arus ke kiprok,yang mana dari kiprok akan terbagi ke beberapa fungsi,salah satunya adalah mengisi ulang aki. Dari uraian ini jelas sekali jika sampai sepul melemah,maka akan terjadi rentetan reaksi melemah yang berasal dari sepul, lalu ke kiprok kemudian ke aki, hasil akhirnya adalah lampu yang meredup.
  8. Kabel Lampu Meleleh. Loncatan elektron yang terjadi pada soket ketika sedang bekerja pun akan menimbulkan peningkatan suhu. Suhu yang meningkat terlalu panas inilah yang dapat membuat kabel meleleh. Apabila kabel lampu ini meleleh, maka arus listrik yang dikirim menjadi terhalang. Kabel lampu berfungsi sebagai penghantar aliran listrik agar sampai pada bola lampu sehingga dapat bersinar. Sehingga apabila terjadi hambatan pada kabel berupa kabel yang meleleh,maka sinar lampu pun akan terganggu keoptimalannya.
Baca Juga :  Oleh-Oleh Unik Dari Sepanjang Jalan.

Oke….sobat pembaca yang budiman, mungkin hanya sedikit ini saja yang bisa Mas Sayur rangkum berdasar pengalaman pribadi dan ingin Mas Sayur bagi kepada sobat pembaca sekalian.

Semoga bermanfaat.

Komentar

comments

Advertisements

Author: Mas Sayur

1 thought on “Lampu Motor Redup, Ini Beberapa Penyebabnya.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.