PLN Segera Bangun Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di Jayapura.

Pict : Gesits Indonesia.

Era kendaraan listrik nampaknya makin dekat, meskipun sebagian dari kita masih pesimis, terkait dengan fakta bahwa listrik yang digunakan untuk recharge kendaraan listrik masih berasal dari pembangkit listrik bertenaga minyak fosil. 🙂

Tapi yang jelas, ada upaya untuk merealisasikan kendaraan listrik bagi warga negeri ini dan nampak ada keseriusan untuk melengkapi fasilitas terpenting yang berkaitan tentang kendaraan listrik, yakni stasiun pengisian daya kendaraan listrik alias charging station.

Mas Sayur pribadi melihat ini adalah murni bisnis. Bisnis yang dijalankan oleh BUMN yang nantinya menggandeng rekanan dari pihak ke-3 sebagai pelaksana di lapangan.

Sebagai orang yang tinggal di Jayapura Papua, kota terjauh dari ibukota, Mas Sayur sempat merasa pesimis dengan kendaraan listrik. Karena apa ? Mungkin unit kendaraan listriknya bisa saja terbeli dan terdistribusi ke Jayapura Papua, tapi stasiun pengisian dayanya di Jayapura belum ada, lalu nanti mau ngisi ulang dimana ? Itu yang Mas Sayur pikirkan sejak lama.

Baca Juga :  Motor Listrik Dari Honda Paling Lambat Awal 2019.

Namun, beberapa minggu terakhir sebelum tulisan ini dibuat, Mas Sayur heran karena di jalanan kota Jayapura sudah beberapa kali berpapasan dengan Motor Listrik buatan anak negeri, yang awal mulanya dari ITS Surabaya hingga pada akhirnya dikuasai sahamnya oleh PT WIKA. yakni GESITS. Dimana dulu pernah diberitakan Gesits menggunakan sistem penukaran baterai sebagai cara “isi ulangnya”.

Mas Sayur heran, dimana dealernya ? penukaran baterainya dimana ? 🤔Penasaran banget.. Penelusuran ke website resmi Gesits Indonesia,ternyata mereka memiliki Dealer di Biak, Timika san Merauke. Edyaaan…,Jayapura sebagai ibukota Propinsi malah nggak ada dealernya, kegilaan macam apa ini ? 🤔

Baca Juga :  Melarang Siswa Membawa Motor ke Sekolah (lagi).., SEMOGA BERHASIL..

Kembali ke tema…

PT.PLN dikabarkan akan segera membangun satu unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di Papua tepatnya di Kota Jayapura pada akhir 2021.( Tempo.co, 06/10/21).

Diberitakan bahwa PLN akan menggandeng pusat perbelanjaan besar du beberapa kota di Papua yang nantinya akan memiliki tempat penukaran baterai untuk kendaraan listrik bagi masyarakat umum.

Di antaranya yaitu Mall Jayapura, Manokwari City Mall, Merauke Town Square, serta Diana Mall Timika, dengan skema PLN akan memasok listrik untuk SPKLU yang akan dibangun oleh pihak pusat perbelanjaan,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) Abdul Farid (Tempo.co , 06/10/21)

Baca Juga :  Mengintip Perakitan Honda CBR di Dalam Pabrik (Video)

Selanjutnya untuk tahun 2022, PLN akan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah di Papua.

Di mana hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah daerah untuk mulai menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas,” katanya lagi.

Ini adalah angin segar bagi orang orang yang memang berminat dan berniat untuk memiliki kendaraan listrik si Kota Jayapura dan beberapa kota besar yang disebutkan diatas.

Semua butuh proses…., tapi ini sudah awalan yang bagus meskipun motor listrik sendiri peminatnya masih bisa dihitung dengan jari dan harga motor listrik itu sendiri masih terbilang mahal.

Komentar

comments

Advertisements

Author: Mas Sayur

1 thought on “PLN Segera Bangun Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di Jayapura.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.