Site icon Zona Motor [dot] net

Minyak Rem Itu Diganti, Bukan Ditambah.

Iklan

Bro.., ada salah satu kesalahan yang sering kita lihat pada pengguna sepeda motor. Yakni menambah minyak rem, ketika terlihat minyak rem sudah berkurang atau rem sudah kurang pakem.

Padahal konsepnya nggak seperti itu.

Ketika Minyak Rem Berkurang , Tapi Tidak Ada Indikasi Kebocoran.

Minyak rem yang pada indikator terlihat berkurang, itu artinya Kampas remnya sudah tipis / habis. ( Jika tidak ada kebocoran pada sil master dan selang).

Pada kondisi ini, jika kampas rem diganti baru, maka minyak rem akan kembali naik ke indikator normal.

Pada kondisi ini pula, jika dipaksakan menambah minyak rem, maka memang akan normal kembali pengeremannya. Tapi nanti, saat penggantian kampas rem, maka akan terjadi kelebihan volume minyak rem. Akibatnya bisa menekan ke sil master rem, dan bocor di area itu.

 

Penguapan Di Dalam Minyak Rem.

BUKAN MINYAK REM nya YANG MENGUAP.

Baca baik-baik dan pelan pelan.

Minyak rem memiliki sifat higroskopis atau menyerap kelembapan. Apa yang terkandung dalam kelembapan? Yup, air.

Mengapa minyak rem bersifat menyerap kelembapan. ?

Jadi begini..

Salah satu fungsi dari minyak rem, adalah mencegah karat dan korosi dalam sistem pengereman. Maka dari itu, minyak rem memiliki sifat higroskopis untuk menyerap dan mengunci air agar tidak menyebabkan karat pada sistem pengereman.

 

Sekarang kita bahas, bahaya dari akumulasi kandungan air dalam minyak rem. Saat melakukan pengereman, akan timbul panas. Kandungan air membuat titik didih minyak rem menjadi berkurang, dan bisa membuat air dalam minyak rem jadi mendidih.

Ketika air mendidih akan menimbulkan uap, dan menyebabkan gagal pemompaan minyak rem. Kondisi ini dalam.istilah bengkel umum dikenal dengan sebutan “masuk angin”. Dan hasil akhir dari kondisi ini adalah rem jadi blong.

 

Waktu Penggantian Minyak Rem Yang Tepat.

Karena hal – hal diatas, maka sebaiknya hindari menambah minyak rem yang kelihatannya berkurang.

Ganti saja dengan minyak rem baru.

 

Dalam kondisi normal (sil dan selang tidak bocor), minyak rem sebaiknya diganti baru pada pemakaian 20.000 – 24.000 kilometer.

(sumber : deltalube).

@chungbikeshop

Replying to @Imhank ᨉᨕᨙ ᨂᨘᨌᨙ dengan tingkat #survival yang tinggi orang #indonesia juga di bekali dengan tinggkat #kebebalan yang tinggi pula. Belum kapok kalo belum di tampar #kenyataanhidup #lucu #marketing #konspirasi #stayyoungridefast #chungbikeshop #scienceofspeed

♬ Backsound Lucu – Faid rafanda

Advertisements
Exit mobile version