Site icon Zona Motor [dot] net

Inilah Sepeda Motor Kesayangan Para Presiden RI dari Pak Karno Hingga Pak Jokowi. (Artikel Spesial HUT RI KE – 79).

Iklan

Sobat pembaca sekalian, hari ini 17 Agustus 2024. Pada 79 tahun yang lalu , para proklamator memproklamirkan kelahiran negara ini. Dan di hari spesial ini, izinkan Mas Sayur berbagi tulisan yang masih ada kaitannya dengan blog sederhana ini . Yakni sepeda motor kesayangan para presiden Republik Indonesia dari Zaman Pak Karno hingga Pak Jokowi.

 

Baiklah, kita langsung kita mulai.

 

Siapkan kopi + gorengan, karena ini adalah bacaan yang panjang 😊

 

1. Presiden Soekarno.

 

Presiden kita yang pertama dan akrab di sapa Pak Karno ini memang tidak terkabarkan di media apapun pernah memiliki sepeda motor.

 

Maklumlah, saat beliau jadi presiden, negeri ini baru lahir. Tentu pabrikan sepeda motor belum ada. Kalaupun ada sepeda motor, itu juga bawaan para penjajah Belanda atau Tentara sekutu atau Jepang.

Tapi ada satu foto lawas,Presiden Soekarno  di atas sebuah motor klasik.

Memang tidak ada video yang menampilkan saat mengendarai motor.

Namun ada sebuah foto yang berhasil diabadikan oleh kamera memperlihatkan beliau sedang duduk di atas sebuah motor.

 

Presiden Soekarno tampak tersenyum lepas sembari menaiki motor tersebut.

 

Jika diperhatikan dari samping, motor klasik tersebut mirip dengan motor asal Inggris yaitu BSA B33 lansiran 1952.

Selanjutnya  👉 PRESIDEN SOEHARTO.

2. Presiden Soeharto.

 

Presiden dengan masa kepemimpinan terlama di Indonesia juga punya ketertarikan pada motor.

 

Jenderal bintang 5 ini memilih memakai motor gede untuk tunggangannya.

Banyak beredar foto-foto Soeharto mengendarai motornya berkeliling Istana bersama para koleganya di pemerintahan atau militer.

 

Melansir dari Kompas.com, biker kawakan yang juga pencinta Harley Davidson, Alfa mengatakan motor yang ditunggangi Soeharto merupakan Harley Davidson Heritage Softail with Sidecar lansiran tahun 1996.

 

Dari data spesifikasi, motor besar milik presiden nomor dua tersebut bermesin V2 empat langkah 1.338 cc, dengan transmisi 5-percepatan.

 

3. Presiden BJ Habibie.

BJ Habibie bersama dengan motor kesayangannya (Instagram/ museum mandiri)

Presiden ke 3 BJ Habibie bersama motor kesayangannya

 

Sosok pengganti Soeharto setelah lengser pada 1998 ini menyimpan kenangan juga dengan sepeda motornya.

 

Dipajang di Museum Bank Mandiri Jakarta pada pameran “Cinta Sang Inspirator Bangsa Kepada Negeri”, Habibie sempat berpose bersama motornya.

Motor kesayangannya itu adalah Harley Davison Bad Boy yang berbasis Springer Softail.

Mesin yang disematkan berkapasitas 1.340 cc.

Dari keterangan foto di Museum Bank Mandiri, awal mula kecintaan Habibie terhadap motor besar adalah karena saran dokter bahwa guncangan ketika mengendarai motor besar baik untuk penyembuhan jahitan tubuhnya pascaoperasi jantung.

 

Selanjutnya  👉 Presiden Abdurrahman Wahid.

4. Presiden Abdurrahman Wahid.

 

Sosok Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal Gus Dur ternyata juga punya kegemaran terhadap motor.

 

Saat itu Ibu Gus Dur membelikan sebuah motor vespa berwarna hijau.

 

Vespa tersebut dipakainya untuk melakukan segala aktivitasnya, seperti mengajar, ceramah, belanja, dan berjualan.

Sayang tak ada dokumentasi satu pun saat Gus Dur mengendarai sepeda motor tersebut.

Kisah yang paling masyhur tentang Gus Dur dalam hal sepeda motor adalah

GUS DUR, VESPA HIJAU DAN ES LILIN.

Kisah itu terjadi ketika Gus Dur berada di Jombang, Jawa Timur. Pada 14 Mei 1971, Gus Dur pulang ke Jawa setelah menempuh studinya di Kairo, Mesir, dan Universitas Baghdad, Irak.

 

Sepulangnya, Gus Dur tidak tinggal di Jakarta, melainkan di Jombang bersama istrinya, Shinta Nuriyah. Gus Dur, ketika itu pada 1972, mencukupi kehidupan keluarganya dengan berceramah dan mengisi seminar-seminar keliling Jawa.

 

Selain itu Gus Dur juga menulis kolom untuk majalah dan koran berita nasional. Kolom-kolom Gus Dur rupanya mendapat sambutan baik dan cepat Gus Dur dianggap sebagai pengamat sosial yang sedang naik daun,” kata Greg Barton, penulis Biografi Gus Dur.

Hingga pada 1973, kehidupan Gus Dur dan Nuriyah serba baik-baik saja. Rumah baru mereka di Kompleks Pesantren Kiai Bisri Sansuri, telah rampung. Anak pertama mereka, Alissa Wahid, baru saja lahir. Selain berceramah dan menulis kolom, Gus Dur juga bekerja di LP3ES. Namun demikian, pada akhirnya masalah keuangan tetap membelit juga. Gus Dur dan Nuriyah harus kerja keras untuk menghidupi keluarganya.

Karena kekurangan, Nuriyah akhirnya membuka usaha berjualan makanan kecil di rumahnya, yakni menjual ‘kacang Tayamum’ (kacang yang digoreng dengan pasir). Setiap malam Gus Dur dan Shinta menyiapkan kacang Tayamum ini untuk di jual esoknya kepada ribuan santri. Gus Dur memasukkan sekitar 25 kacang ke kantong plastik, kemudian Shinta menutup plastik memakai lilin

[ merdeka.com ]

 

Selanjutnya 👉 Presiden Megawati Soekarnoputri.

5. Presiden Megawati Soekarnoputri.

Satu-satunya presiden wanita di Indonesia ini ternyata 3 motor lawas loh.

 

Meski belum tentu menungganginya, 3 motor lawas ini tercatat dalam dokumen LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara).

 

Tercatat Megawati mempunya motor lawas, Honda Astrea Grand 1992, Honda Astrea 1994 dan Yamaha Vega R.

 

6. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kemudian presiden RI yang keenam, Susilo Bambang Yudhoyono atau dengan sapaan akrab SBY, juga sempat punya berfoto bersama dengan motor.

 

Lagi-lagi, memang citra moge Harley Davidson cukup melekat dengan para tokoh-tokoh besar terutama militer di dalam negeri.

 

Tidak banyak informasi yang bisa didapatkan, entah itu benar milik SBY atau dirinya hanya menungganginya.

 

Bermerek Harley Davidson, motor yang ada bersama SBY berjenis Road Glide Screaming Eagle lansiran 2004

 

7. Presiden Joko Widodo ( Jokowi).

Terakhir Joko Widodo (Jokowi), yang tampil lumayan berbeda dengan motor modifikasi bernuansa chopper.

Basisnya bukan moge seperti para presiden terdahulu, tapi motor segmen menengah Royal Enfield Bullet 350 yang diimpor utuh dari India.

Motor milik Jokowi ini sudah berubah bentuk dari tampang keluaran pabrik sehingga harus kembali di uji tipe.

Produk tersebut merupakan karya anak bangsa, yang dibeli Jokowi dari rumah modifikasi Elders Garage yang berkolaborasi dengan Kick Ass Chopper seharga Rp 140 juta.

Soal spesifikasinya, mesin Bullet punya 1 silinder dengan busi ganda hanya berkapasitas 346cc, jauh jika dibanding motor-motor presiden sebelumnya.

Jantung pacunya sanggup menghasilkan tenaga 19,8 tk dengan torsi 28 Nm, semua kemampuannya disalurkan transmisi manual 5-percepatan.

Selain itu, melansir kompas.com , Dalam beberapa kali kunjungan kerjanya, Jokowi sempat menunggangi sepeda motor. Mulai Kawasaki W175 Custom, Royal Enfield Bullet 350, motor listrik Gesits, motor listrik Wim Motor Zero 8i, hingga Kawasaki KLX 150. Tapi nampaknya tidak semua motor yang tersebut di atas adalah milik pribadi beliau.

Yang banyak orang tahu milik pribadi beliau adalah Kawasaki W175 Custom dan Royal Enfield 350 yang sudah di bahas di atas.

 

Berdasarkan Laporan Harga Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 12 Maret atau laporan periodik tahun 2020, Presiden Joko Widodo Tercatat memiliki Yamaha Vega R tahun 2001.

 

*Dikutip dari berbagai sumber.

Advertisements
Exit mobile version