Motor Milik Lalu Muhammad Zohri,Motor Apakah Itu ?

ZonaMotor.NET – Lalu Muhammad Zohri sedang naik daun, semua sisi kehidupannya sedang disorot publik. Termasuk kehidupan pribadinya di kampung halamannya yang penuh kesederhanaan.

Okelah…skip, saja… Sudah banyak media yang mengungkapnya.

Penulis hanya tertarik dengan sebuah gambar satu unit sepeda motor yang dikabarkan bahwa itu adalah motor milik sang jawara lari.

Dan fix…memang itu adalah motor milik Zohri. Hal itu ditegaskan oleh Lalu Ma’arif,kakak kandung dari Zohri yang menjelaskan jika motor itu di beli oleh Zohri di saat menang lomba lari di kampung.

Sebelum adik saya (Zohri) sekolah di Mataram, di sini kan ada lomba lari. Lumayan hadiahnya Rp 2,5 juta. Saat lomba lari itu Zohri jadi juaranya, Saat itu adik saya masih kelas 2 SMP, jadi motor ini dia beli ya untuk jalan-jalan disekitar kampung, bukan untuk dia bawa ke sekolah.” katanya kepada TIMES Indonesia, di Lombok Utara, Sabtu (14/7/2018).

Sesuai judul diatas, motor apakah itu ?

Mari kita teliti..

Dengan kondisi motor yang sudah tidak lengkap cover bodinya,tentu bagi orang awam akan sulit mengenali merk motor tersebut. Yang paling gampang dikenali adalah rangka motor bertipe cub (motor bebek) tersebut sangat identik dengan Honda Astrea Grand.

Baca Juga :  Bosan Nge Tril...

Tapi menurut penulis, itu bukanlah Honda Astrea Grand, karena mesin yang digendong oleh rangka tersebut lebih condong ke arah mesin Honda Astrea Legenda.

Perhatikan beda bentuk mesin Honda Astrea Legenda dan Honda Astrea Grand dibawah ini.

Atas mesin Astrea Legenda,bawah Mesin Astrea Grand.

Beralih ke suspensi depan, jika itu diasumsikan sebagai Astrea Grand, jelas itu tidak benar,karena Honda Grand masih menganut sistem tromol pada pengereman di roda depan, sedangkan pada gambar ini jelas terlihat bahwa sistem pengeremannya menggunakan rem cakram.

Beralih ke suspensi belakang, jika motor itu diasumsikan Honda Grand,maka perlu diteliti lagi. Suspensi Honda Grand memiliki cover dengan warna krom,sedangkan pada gambar diatas, suspensinya berupa per ulir berwarna krom dan identik dengan suspensi milik Honda Astrea Supra 100 cc.

Lanjut ke knalpot, tak ada satupun pabrikan sepeda motor dari Jepang yang mempunyai desain knalpot seperti gambar diatas untuk tipe motor bebek. Dugaan penulis adalah ini adalah knalpot milik sepeda motor produksi dari negeri  China yang pada tahun 2000-an sempat masuk dan ramai di negeri ini.

Baca Juga :  Motor Kenanganmu Apa,Bro.??

Berhubung tak ada lagi petunjuk lain tentang merk motor diatas,bahkan cover mesin sebelah kanan yang biasa terdapat tulisan merk pabrikan nya pun ditutup stiker, maka penulis mencoba menebak sepeda motor apakah itu.

Dugaan penulis,motor diatas adalah salah satu merk sepeda motor buatan China (Mochin) yang dulu banyak beredar di tanah air. Entah merk apa,karena dulu banyak sekali motor merk China yang beredar di sini.

Penulis tak yakin jika itu adalah Honda Astrea Grand,karena mesinnya bukanlah mesin tipe C100 milik Astrea Honda Grand. Mesinnya memang mirip Astrea Legenda,namun ini bukan Astrea Legenda jika merujuk pada rem cakram di roda depan. Dan hal yang paling menguatkan dugaan penulis jika ini adalah Mochin adalah knalpotnya. Desain knalpot seperti ini adalah desain knalpot yang tidak dimiliki oleh sepeda motor keluaran pabrikan Jepang.

Baca Juga :  Varian Apa Yang Akan Mendapat Livery Moto GP dari YIMM..?

Namun semua hanya dugaan yang bisa saja salah besar. Mungkin sobat pembaca punya pendapat lain, monggo silahkan di share di kolom komentar.

Advertisements

Satu tanggapan untuk “Motor Milik Lalu Muhammad Zohri,Motor Apakah Itu ?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: