Kebiasaan Memberi Uang Tip ke Mekanik - Zona Motor [dot] net
Site icon Zona Motor [dot] net

Kebiasaan Memberi Uang Tip ke Mekanik

bengkel resmiMungkin sudah menjadi kebiasaan sebagian dari kita memberikan uang tip atau uang bonus kepada mekanik di saat kita melakukan servis kendaraan di bengkel sebagai ungkapan terimakasih kita atas pekerjaanya yang kita nilai memuaskan,walaupun ada pula yang tak mau memberikannya dengan alasan sudah menjadi tugas seorang mkanik ntuk memeberikan pelayanan terbaik,dan dia sudah di gaji oleh bos nya,jadi untuk apalagi di kasih uag tip. Ada kejadian menarik yang Mas Sayur alami kemarin saat mengantar teman ke sebuah bengkel Resmi di Abepura, di mana motor teman ini memang harus menginap di engkel karena kerusakannya cukup parah.

Setelah di bongkar dan ketemu semua part yang harus di ganti,kami pun berniat pulang karena memang sepertinya motor itu nggak akan bisa di selesaikan hari ini. Di saat kami sudah keluar dari bengkel,ada seorang karyawan bengkel tersebut yang mungkin merupakan atasan dari mekanik *terlihat dari pakaiannya yang tidak berseragam mekanik,menghampri kami dan berkata, “Mas..,motornya di inapkan ,ya..?” dan kami pun meng iyakan,dan dia pun melanjutkan perkataannya, “Mas.,ada baiknya sampeyan kasih “uang rokok” pada salah satu mekanik yang sapeyan percaya di dalam *di bengkel tersebut, supaya motor sampeyan dia tangani dengan bagus.”   Kami diam sesaat dan teman Mas Sayur yang merupakan pemilik motor nampaknya nggak bisa ngomong,akhirnya Mas sayur yang angkat bicara,”maaf.Pak…nampaknya kami nggak punya uang lebih saat ini,mungkin besok kalau sudah motornya selesai”. Setelah itu sang Bapak tadi cuma meng iyakan tapi dengan ekspresi yang berbeda     😉

Ada banyak pertanyaan di benak Mas Sayur setelah kejadian itu, Sedemikian membudaya nya kebiasaan itu sehingga harus diingatkan oleh pihak bengkel sendiri..?   Sedemikian banyaknya kah,garapan bengkeltersebut sehingga mungkin ada prioritas bagi pelanggannya..?  waah..ini sudah nggak betul ini.     👿     Jangan jangan para mekanik di bengkel tersebut memang berlomba-lomba mencari uang tip sebagai penghasilan tambahan. ***semoga saja dugaan ini salah.

Atau jangan jangan Mas Sayur termasuk orang yang pelit,karena selama ini belum pernah memberi uang tip kepada mekanik saat servcice motor..?  entah lah…      😉

Sepengetahuan Mas Sayur,selama ini belum pernah ada bengkel yang menyarankan konsumen memberi uang tip pada mekanik,bahkan yang melarang malah banyak. Dan kesimpulan sementaranya adalah,sepertinya nggak bisa di ulangi lagi servis di tempat itu.

Advertisements

Comment with your Facebook account

Exit mobile version