Motor Injeksi : Aki Sering Tekor ada Hubungannya dengan Jenis BBM yang di gunakan..?

Maksudnya bagaimana to,mas..?

Mari kita baca baik-baik kutipan berita berikut

 KompasOtomotif coba kroscek di bengkel-bengkel non-resmi yang sering mengerjakan sepeda motor injeksi. Salah satunya di Palmerah Barat, bengkel Abe Motor. Menurut Andri, salah satu mekaniknya, sering dijumpai pompa bensin sepeda motor sport injeksi macet karena minum premium.

”Gampang, ciri-cirinya aki tekor terus karena pompa bekerja lebih keras akibat kotoran menyumbat filter bensin. Nanti lama-lama injektornya yang mampet. Beda kalau pakai bensin oktan tinggi, nggak ada keluhan,” jelasnya kepada KompasOtomotif, Senin (16/12/2013).

Saran lain dari Andri, rajinlah mengecek kondisi aki. Sepeda motor injeksi memanfaatkan kontrol secara elektrik sehingga arus listrik yang tidak stabil dari aki akan berpengaruh cukup besar. Agar tak mudah tekor, hindari aksesori atau lampu-lampu yang banyak menyedot listrik dan tak sesuai spesifikasi.

injektor motor injeksi

Sebuah opini yang cukup logis dan tekhnis. dan terus terang,penulis baru tahu soal ini.

Mungkin di antara sobat bikers yang kebetulan membaca tulisan ini ternyata sudah mengetahui lebih dulu tentang hal ini,sudilah kiranya berbagi pengetahuan di kolom komentar, atau ada yang punya pendapat lain..?   Monggo..silahkan..

Advertisements

Comment with your Facebook account

Baca Juga :  Harga Terlalu Murah ,Koq Malah Nggak Laku..?

Author: Mas Sayur

57 thoughts on “Motor Injeksi : Aki Sering Tekor ada Hubungannya dengan Jenis BBM yang di gunakan..?

  1. motor injeksi biar awet :
    # bensin jgn sering2 kosong >> karat.
    # kalo sering isi premium >> pake cairan carbon cleaner.
    # motor injeksi jam terbang tinggi >> rutin kuras tangki.
    # hindari spbu yg dkt banjir >> tandon rawan rembes air.
    # jgn bw ronjot 5 kwintal / bw kebo. (ngawur mode) he.he.

      1. ada lg :
        # jgn berasumsi ganti busi baru mesin joss.
        # bnyk busi jelek / palsu meski ori & beli di bengkel resmi >> (pglmn mekanik mtr & mbl).
        # simpan busi lama yg teruji >> pembanding dg busi baru.
        # utk ganti oli + filter oli + filter udara >> sesuai buku.

        hm…busi maa sayur msh ori kah..? he.he.

  2. Motor injeksi minum premium > saluran injektor tersumbat > pompa injeksi bekerja lebih ekstra > aki tekor.

    Ehm kayak,
    Orang kebanyakan makan kolestrol > pembuluh darah tersumbat > jantung bekerja lebih ekstra > hati2 gagal jantung.

  3. wah kelemahane injeksi nggak ramah dengan premium,lalu sistem operasinya bener2 mengandalkan aki…padahal bbm tersebut yang sering di konsumsi motor. la kalo aki dah rusak,mesin nggak bisa idup tuh…

  4. Aki tekor krn minum premium itu egek jangka panjang, makanya pihak pabrikan selalu gembar gembor mtr injeksi di sarankan pakai carbon cleaner dan rutin service injeksi, ganti filter fuekpump secara rutin.klo motor mogok baru sadar…..

    1. carbon cleaner bukannya ditujukan utk ruang bakar ya? yg artinya setelah melewati injektor.

      trus;jd timbul pertanyaan: kalo gitu sebegitu kotorkah premium sampe bisa menyumbat injektor jk dibandingkan dgn jenis bbm di atasnya? ato filter yg dipake utk nyaring premium di pertamina ukuran porinya lebih besar jd bnyk partikel yg lolos? atau malah ga disaring?

  5. itu efek jangka puanjangggggggggggg pakdhe
    kalo motor berjalan kan aki dapat supplay pengisian dari alternator… dan sudah diitung sama pabrik konsumsi arusnya……soooo kalo aki sering tekor ya yg paling kalo ga akinya jelek yaaaaa sistem pengisiannya yg buruk……kalo dari bensin saya rasa nggak terlalu ngefek sejauh itu…..kecuali itu yg ngomong lagi kampanye penggunaan bensin pertamax :mrgreen:

    1. Sippp….tapi ane dah jumpain kasus aki tekor bang pada motor injeksi.2 kali motor sport, dan beberapa kali motor matic.
      yang motor matic kebanyakan karena kesalahana konsumen, yang sering berhenti tanpa mematikan kunci kontaknya, cuma pakai standart samping,ada juga yang konslet karena conector terisi air (sering dicuci ke tukang cuci yang pakai air tekanan tinggi). tapi yang sering adalah oponi pertama.

  6. Mungkin bisa diasumsikan seperti baterai hp. Dengan beban aplikasi yang sama, baterai pemilik hp dengan jangkauan sinyal lemah dipedesaan misal akan lebih cepat habis dibandingkan dengan baterai pemilik hp dengan jangakuan sinyal kuat di pusat kota.

    Namun perlu diketahui juga jika keadaan ini sering berulang maka fungsi pengisian accu dari kiprok juga kurang maksimal menyediakan kebutuhan yang diminta accu sehingga terjadilah tekor pada accu itu sendiri.

  7. motor saya cbr150r setron aki gampang tekor sudah ganti aki ciprus hasil tetap sama motor mati mendadak dan ganti aki cuma 1 hari pake langsung macet

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.