Pertemuan tak Terduga dengan Honda CT 90,si Jadul nan Nyentrik dari Pedalaman Papua

Pertemuannya sungguh tak terduga,hari ini Jum’at 17/01/2014 selepas turun sholat Jum’at di masjid belakang rumah,pada waktu melewati parkiran ,penulis tertegun melihat sesosok motor jadul nan nyentrik dan belum pernah penulis temui sebelumnya di Pulau jawa sekalipun.

Walaupun penasaran dengan bentuknya yang aneh,tapi penulis langsung faham jika motor ini adalah produk Honda Global sekitar tahun 70-an,dan tulisan yang tertera di motor itu cukup jelas HONDA CT 90.

honda CT 9 engineMemang ..,jika di amati mesinnya,cover mesin sebelah kiri mengingatkan kita pada mesin Honda S 90 z . Sobat bikers yang hobi motor tua pasti kenal dengan Honda S 90 z .

Baca Juga :  Mekanik yang "Mengejar Target"

Penasaran masih belum terobati ampai akhirnya si pemilik datang,kenalan ..,basa-basi sedikit dan berceritalah si pemilik jika motor ini baru saja dia dapatkan dari “pedalaman” lebih tepatnya daerah pinggiran Papua yang berbatasan dengan Negeri tetangga Papua New Guenea ( PNG ).

honda ct 90 tampak kiri

Usut punya usut,motor ini ternyata dulunya adalah inventaris sebuah gereja di sana,dan di gunakan oleh para pastor dan pendeta sebagai alat transport untuk mengadakan kegiatan pelayanan umat ke wilayah pedalaman.  Dan menurut si bapak pemilik motor itu,Honda CT 90 tersebut sudah lama nggak terpakai dan menjadi hampir besi tua di gudang gereja. Beruntung lah, si bapak yang memang berprofesi sebagai pencari besi tua alias pemulung itu,melihat sebuah potensi keunikan dari motor ini dan membelinya dengan harga yang sangat murah,seharga android abal-abal   😉   dan membawanya ke kota Jayapura untuk di restorasi.

Baca Juga :  Fungsi Lean Angle Sensor Yang Tak Pernah Terduga

Sebuah motor yang unik dan handal di masanya,lihat saja desain knalpotnya yang di buat ber posisi tinggi layaknya motor trail,inimenandakan jika motor ini di rancang khusus untuk menerjang medan berat ber air,dan menyeberangi sungai serta melibas banjir..

Menurut mbah wiki ,motor ini di produksi oleh Honda Global pada masa 1966 – 1979. Benar-benar “jadul” untuk ukuran sebuah motor bebek Honda.

Baca Juga :  First Impresssion Yamaha XMAX 250.

Adakah sobat bikers yang pernah melihat motor ini di lingkungan sekitar sobat..??

.

***Mohon maaf..,semua gambar di ambil dari google di karenakan tidak bisa mengambil gambar sebab tidak membawa kamera HP. ( tidak terbiasa membawa hp ke masjid ).

Ealaah…ternyata,Mas sayur sudah pernah menyinggung tentang motor jenis ini dulu dalam tulisan yang berkaitan dengan Motor anti Banjir,baca artikelnya DI SINI.

Komentar

comments

Advertisements

23 tanggapan untuk “Pertemuan tak Terduga dengan Honda CT 90,si Jadul nan Nyentrik dari Pedalaman Papua

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: