Belum Setahun Aki sudah Soak :-(

Apa kabar Sobat Bikers..?

Semoga selalu sehat wal afiat dan selalu dalam lindungan-Nya.

image

Kali ini Mas sayur akan bercerita tentang motor milik nyonya yang ada di jawa Timur,yaitu Yamaha X- Ride. Tak di sangka,dua hari yang lalu,nyonya menelepon jika yamaha X-Ride nya mogok. Mesin sama sekali tak mau di nyalakan,padahal baru saja di pakai,parkir sebentar sekitar 10 menit,lalu di nyalakan koq sudah nggak bisa.

Baca Juga :  "Sambut Ramadhan, AHM Adakan Khitanan Massal dan Salurkan Beasiswa Pendidikan"

Berhubung Mas sayur tidak di rumah,jadi saran terbaik adalah menyuruh nyonya membawanya ke bengkel milik adik sepupu yang letaknya tak jauh dari rumah. Vonisnya,cukup mencengangkan….AKI SOAK   😯

image

Padahal motor ini belum berumur satu tahun,dan kelistrikannya pun tidak di bebani dengan aksesoris tambahan yang bisa membebani aki,malah fitur AHO nya sengaja Mas sayur matikan dengan memberinya saklar tambahan.

Baca Juga :  Seperti Ini Bukti Cinta dan Apresiasi Astra Motor Papua Pada Pelanggan di Hari Pelanggan Nasional 2017.

Pada dasarnya,Mas Sayur kecewa denngan kejadian ini. Tapi jika mengingat “katanya” usia pemakaian aki di jaman sekarang memang berkisar antara setahun atau lebih sedikit,maka dengan sedikit melapangkan dada,Mas sayur menyuruh nyonya untuk membeli aki baru.

Lewat tulisan ini,Mas sayur hanya ingin bertanya kepada sobat pembaca pemakai motor matik kelas bawah Yamaha,apakah sampeyan pernah mengalami hal yang sama..?  aki soak di usia pemakaian belum setahun..?

Baca Juga :  Bocoran Info Terbaru Honda Cb150 Facelift, Mirip Cb250f dan Nggak Njendol Lagi..

Jika sampeyan berkenan,silahkan bercerita di kolom komentar,sebagai bahan diskusi.

Komentar

comments

Advertisements

Author: Mas Sayur

52 thoughts on “Belum Setahun Aki sudah Soak :-(

  1. Sering gas 2/3 gan biar bisa ngisi aki, sering jalan pelan Atau rpm dibawah 4000 biasanya blum ngisi aki, low gak ngisi ya cepet tekor, seperti batre UPS atau batre HP low sering dipake smpe habis life time dibawah sutandar, imho. Pengalaman pribadi pake satria RU 140, 4 hari sekali ngebut diatas 7000rpm selain kerak di ruAng bakar ilang aki ngisi n jadi tok cer, maap kepanjangan komen nya,

  2. Aki kering jaman skrg susah dprediksi bang..
    Maaf y bang,yen motor merk H,yg sering adlah lupa mematikan kunci kontak saat berhenti sejenak bwt tlpn/apalah.
    Trz mtor jarang di kick starter kalau pg.
    Trz saat awal pemasangan aki,kdang baut kurg kencang.
    Trz pemasangan lampu/kunci rahasia tnpa melihat beban listrik yg dpakek.
    Truz cuma dpakai jarak dkat,jdi pengisian blm stabil dh berhenti.
    Trz faktor x dan y..hahahahaha

  3. Saya user Skywave aki merk Global GTZ5S MF udah 1tahun4bulan alhamdulillah starter dkk msh tokcer mas. Tetangga punya Soul GT blm setahun jg mogok krna aki soak.
    Apakah motor injeksi memang boros aki?? Ada yg bisa kasih pencerahan?

  4. Soul GT istri dan tetangga sudah 1.5 tahun masih bagus kok, mungkin karena jarang di pake jalan jauh ya…
    saya kurang tahu apakah X-Ride sudah pake pengaman standar samping kayak di matik honda, soalnya ada pengalaman Beat karbu milik keponakan lupa nggak di matikan kontaknya satu hari full karena mesin kan udah mati pas standar samping jadinya langsung tekor akinya…

  5. bener mas, kemarin Mio J punya teman kerja juga ngalamin hal yang sama baru 1 tahun lebih dikit udah soak, masa kata mekanik bengkelnya “wah bagus bisa sampai 1 tahun lebih”, kalo punya adik Mio lawas itu juga cuma bertahan 8 bulanan

  6. aki yamaha rata2 lifetimenya 1 tahun. xeon bapak dulu setahun ganti aki, lalu soul gt punya sodara juga ga ada setahun. tapi soul gt sy sampai 1,5tahun masih jos, mungkin dari kebiasaan pemakaian juga ada pengaruh

  7. Haderrr pakdhe…. wtf dah 1th 4 bulan ga ada gejala aki soak padahal tiap pagi pake electric starter (kick starter ane lepas biar keren 😆 ) embit efai punya ponakan idem 1th 5 bulan sama aja ga ada gejala tekor…. supra 125 malah dah 2th nich akinya masih jreng padahal lebih sering nggandang… yaaaa mungkin ketepakan oleh aki elek sampeyan pak… :mrgreen:

      1. Ga juga mbak… di motor injeksi honda semua regulatornya di kasih kapasitor bank … selain buat membantu aki dalam mensupplay listrik juga menyetabilkan tegangan masuk buat charging batre… nah pertanyaanya apakah di yamaha juga pake? Di old vixi jelas ada… kalo di mio j dan yg secommon apa juga ada?

  8. Akinya merk GS bukan bro?
    Beat keponakan baru 7 bulan jg dah ganti aki, aki bawaan merk GS. Apa kualiatas akinya yg jelek ya?

  9. dilema motor nyonya emang gitu gan + ketambahan ahonya. Cos jarang dipake jauh, jadi blon sempet ngecas akinya, motor udh berenti (baca : jalan gak jauh). beatfi jg gituh

  10. YACH KOK AQ JG NGALAMI HAL YG SAMA
    Yamaha Vixion q jg baru 11 bln udah tekor nih accu…. aseeem.
    pakai dorong 500 m lagi. payah nih Yahama dgn accu GS nya

  11. Sy jg ngalami bos,mio2013 blm ada setaun dah 3x gnti aki,sampe’ skr jg msh ky’ gt.Sy bw kedealer ktnya blm tau jg penyakitny(ms’ mekanik g tau penyebabny???),kiprok dah dicek(ktny msh bgs),tiap pagi jg sy panasin.Trus gmn carany biar mio sy bs normal??sampe’ skr sy kemana2 bw aki cadangan

  12. saya pemakai xride, uda pake 2 thn koq gak pernah smpe gini.. pmakaiannya aja kali.. pdahal sudah 6 bulan pun gak pernah di service gak ada masalah..cm kanvas rem doank abiss.. hahahha

  13. mungkin pas dapet aki yg gak terlalu bagus, kan rata2 merk motor apapun, dapet suplai dr GS ama Yuasa. Pengalaman motor matic S adek yg dapet jatah Yuasa dah 3 thn masih joss tu akinya, giliran pny saya bebek S dapet jatah GS blm ada 1,5 thn dah tekor akinya dan harus ganti. Kalo denger2 n baca2 sih aki GS emang gak seawet Yuasa..

  14. Motor sy supra x jadul 100cc thn 2000 yg aki bawaannya msh aki basah (masih sistem kelistrikan AC), tp kira2 1 1/2 thn yg lalu pd saat akinya soak, lalu diganti aki kering biar praktis tdk perlu sering ngecek airnya.

    Sebelum diganti (pd waktu msh pk aki basah yg soak), sy bereksperimen dg menambahkan kapasitor 10.000 uF – 50V yg diparalel ke aki. Hasilnya ternyata cukup bagus.

    Setelah dipasangi kapasitor, gejala aki soak sebelumnya seperti suara klakson, nyala lampu sein dan lampu rem yang sangat lemah dalam keadaan motor stasioner (tidak digas) ternyata membaik menjadi lebih keras dan terang (walaupun tidak sekeras/seterang dgn penggunaan aki yg masih baik).

    Tidak sampai disitu saja. Sy jg sdh melakukan pengukuran arus dan tegangan baik sebelum maupun sesudah pemasangan kapasitor, hasilnya dgn pemasangan kapasitor memang menunjukkan kenaikan arus/tegangan yang signifikan dan menjadi jauh lebih stabil.

    Ini artinya sistem pengisian aki menjadi lebih baik dan pembebanan aki juga terbantu jadi lebih ringan (terutama utk pembebanan dgn karakteristik beban pengosongan daya yg bsr tapi singkat seperti elektrik starter atau lampu hid).

    Jadi sy simpulkan ini bukan sekedar hoax tp memang benar karena sdh sy buktikan dan mengukurnya sendiri. Sampai skr aki kering saya masih berfungsi sangat baik hampir tidak ada bedanya seperti aki baru.

    Secara teoritis, untuk motor AC seperti motor jadul saya saja efeknya (untuk aki) sudah terasa, maka untuk motor2 generasi lebih baru yang sudah menganut kelistrikan DC (mulai kelistrikan sampai pengapian), seharusnya efeknya akan jauh lebih terasa (mungkin tidak hanya pada sistem aki dan kelistrikan, tapi mungkin – sekali lagi mungkin – juga akan memiliki efek positif pada kinerja keseluruhan motor itu juga). Who knows.

  15. saya juga mengalami hal sama malah lebih parah mas. motor saya mio m3. 2015./baru 2,5 bulan pemakaian aki sudah tekor.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.