Fakta-Fakta Tentang Bearing / Laher Roda Motor Yang Oblak /Aus.

ZonaMotor.NET – Sobat pembaca dimanapun anda berada, sehari sebelum tulisan ini dibuat, Mas Sayur selaku admin di blog sederhana ini mengalami sebuah kejadian kurang mengenakkan terkait dengan bearing / laher roda tunggangan harian sekaligus asisten Mas Sayur dalam menyusuri jalan, menjemput rezeki karunia ilahi demi nafkah keluarga.

Yuuup….,setelah berusia 3 tahun dan 3 bulan, Paijan si Pikulan Sayur , yang saat ini odometernya sudah mencapai angka 45 ribu Kilometer , pada akhoakhi kaki depannya (baca : roda depan) keseleo juga. Gejala geal – geol dan dan goyangan hebat saat mengerem terutama di jalan menurun terasa sekali, hingga stang kemudi terasa ikut bergoyang-goyang dan menimbulkan efek oversteer….  (Ciyeeee….pake istilah  oversteer coyyy…., Biar pada ingat pada Ducati Desmo GP7 nya mas Toner sampai GP12 mbah Oci 😉).

Baca Juga :  Facebook Ajukan Paten Sepeda Motor Listrik.

Sadar apa yang terjadi, Mas Sayur langsung punya kandidat tersangka, yakni Bearing /laher roda depan yang bantalan bola besi di lahernya sudah aus, sehingga bearing jadi oblak yang mengakibatkan tidak stabilnya keseimbangan ke kanan dan kiri roda depan saat sedang berputar.

Langkah selanjutnya ?

Cek dulu…

Baca Juga :  Honda Lagi Promo,Ada Diskon Khusus Bagi Penbeli All New Honda CB150 Streetfire.

Standar dua motornya, dalam kondisi ban depan menggantung , tangan kanan pegang ban depan, tangan kiri pegang garpu depan…, Goyangkan roda ke kanan dan ke kiri dengan tangan kanan yang memegang ban tadi, sementara tangan kiri menahan di garpu agar stang kemudi tidak ikut ‘menoleh” saat roda digoyangkan… Hasilnya ? Fix…. Bearing oblak …ditandai dengan ikut bergoyangnya roda ke kanan dan ke kiri sesuai hentakan tangan disertai suara menghentak (klek..klek..) dari dalam area as roda..

Langkah selanjutnya tentu saja diganti…., Bawa ke bengkel yang terpercaya…, Mau bongkar sendiri sudah capek banget….nggak apa apa lah bayar bengkel..itung-itung sambil bagi-bagi rezeki.. 😊

Baca Juga :  Wow...Harga Promo Kawasaki Ninja 250SL 36,8 Juta Rupiah Saja, Lebih Murah dari CBR150 ABS.

Dan seperti judul diatas, mari kita bahas fakta-fakta tentang bearing roda sepeda motor yang aus/oblak

Penyebab Bearing Roda Sepeda Motor aus  / oblak :

BACA DI HALAMAN SELANJUTNYA >>>>>

Advertisements

Comment with your Facebook account

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »

Author: Mas Sayur

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.