Tips #cari_aman Saat Berboncengan.

[Jayapura ] – Berboncengan dengan orang tercinta menggunakan sepeda motor menjadi kebahagiaane tersendiri bagi banyak orang. Meski begitu, sisi keselamatan tentu janganĀ  dilupakan. Keamanan dan kenyamanan menjadi hal yang penting saat berboncengan.

Keselamatan berkendara jadi satu hal yang harus diperhatikan, bagaimanapun kondisinya. Terlebih kalau kita berboncengan, harus tetap #Cari_Aman,” ungkap Corporate Communication Astra Motor Papua, Chairil Shindi Kusuma, Kamis (7/12/2023).

Berbagai hal perlu diperhatikan saat akan berboncengan. Dari hal-hal dasar seperti kendaraan harus dipastikan baik. Perlengkapan berkendara juga tidak bisa diabaikan.

Termasuk kondisi pengendara juga harus diperhatikan,” ujar Chairil.

Baca Juga :  SIM..Sejak Kapan Anda Memilikinya..? Ssstt... "Lewat Mana..? " ;-)

Hal lainnya yang perlu diperhatikan posisi duduk harus nyaman, tubuh tidak akan mudah capek.

Selain itu, komunikasikanlah dengan penumpang atau sebaliknya agar posisi duduk tak mengganggu keseimbangan berkendara. Karena jika posisi duduk penumpang terlalu depan atau terlalu ke belakang akan memengaruhi keseimbangan berkendara,” kata Chairil.

Chairil juga mengingatkan untuk tidak membawa barang berlebihan. Bekendara berboncengan saja sudah memengaruhi tingkat keseimbangan, apalagi ditambah barang bawaan yang banyak, tentu tingkat kesulitannya akan bertambah.

Perhatikan Barang Bawaan.

Selain itu, membawa banyak barang bawaan juga akan berpengaruh pada kenyamanan berkendara dan badan pun akan mudah lelah.

Baca Juga :  Motor dengan lampu Strobo Akan di Tilang

Penting diperhatikan juga kontrol kecepatan. Saat berboncengan, beban yang ditopang sepeda motor akan lebih berat. Selain berpengaruh pada kesimbangan, berat beban tersebut juga berpengaruh pada pengereman yang membutuhkan jarak lebih jauh.

Pasalnya saat terjadi pengereman, bobot keseluruhan (motor, pengendara dan penumpang) akan memberi daya dorong ke depan yang lebih besar, apa lagi jika pengereman dilakukan saat kecepatan tinggi.

Kontrol Kecepatan.

Karena itu, aturlah kecepatan sewajar mungkin agar keseimbangan dapat dikontrol dengan baik dalam kondisi apapun,” ungkap Chairil.

Baca Juga :  Jiaaah...Santai Banget,ya...?

Waspada saat berkendara adalah sebuah keharusan. Supaya pengendara bisa membaca situasi dan kondisi jalan jika ada hal yang berpotensi menumbulkan kecelakaan.

Perlu diingat juga, jangan berkendara sambil ngobrol dengan penumpang di belakang karena akan mengurangi tingkatkonsentrasi berkendara,” kata Chairil.

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur