Ketika Fuel Pump Motormu Bermasalah, Ini Beberapa Penyebabnya.

Sobat pembaca sekalian, kembali Mas Sayur hadir mengisi blog sederhana dengan sebuah informasi ringan tapi sangat penting untuk di ketahui. Yakni tentang fuel pump sepeda motor injeksi

Semoga infonya nanti bermanfaat.

Yuuk ..,kita mulai.

(Red : Pict by AI, hanya ilustrasi)

Fuel pump jadi salah satu komponen pada sistem injeksi bahan bakar yang sangat vital. Komponen ini memompa bahan bakar dari tangki menuju injector. Berbeda dengan sepeda motor karburator yang masih mengandalkan gravitasi untuk mengalirkan bahan bakar menuju karburator. Itu sebabnya posisi tangki bahan bakar motor karburator, pasti lebih tinggi posisinya dari karburator.

Fuel pump umumnya terdiri dari rangkaian motor fuel pump dan filter fuel pump. Motor fuel pump mendapatkan arus Listrik dari aki yang diatur oleh Engine Control Unit (ECU), untuk memompa bahan bakar ke injector. Layaknya komponen lain, fuel pump pun bisa mengalami kerusakan. Jika rusak, sepeda motor tidak akan bisa hidup, karena tidak ada bahan bakar yang dipompa ke injector.

Kerusakan fuel pump biasanya disebabkan oleh dua faktor, yaitu

  • Elektrikal dan
  • Kotoran.

Masalah elektrikal biasanya terjadi akibat soket yang rusak, berkarat, lepas, atau sekring yang putus. Pengecekannya bisa dilakukan dengan membongkar fuel pump dan mengetes arus Listrik pada kabel fuel pump menggunakan multimeter.

Jika tidak ada tegangan yang terbaca saat kunci kontak di posisi ON, kemungkinan besar ada malfungsi sistem kelistrikan fuel pump seperti disebut di atas.

Baca Juga :  Supra 100 vs Supra 125, Mana Lebih Rekomen Untuk "Kuda Beban" ? ( Pertanyaan Netizen).

 

Masalah kedua adalah kotoran. Bahan bakar dengan kualitas rendah, memiliki residu kotoran yang tinggi. Kotoran pada bahan bakar, akan disaring dan tertahan pada filter fuel pump.

Seiring berjalannya waktu, filter fuel pump akan menjadi mampet akibat tumpukan kotoran. Biasanya motor akan memunculkan gejala seperti laju yang tersendat, atau knalpot yang menembak-nembak.

Jika hal ini dibiarkan, fuel pump akan bekerja ekstra keras agar bahan bakar bisa tetap terpompa ke injector.

 

Baca Juga :  Touring Wisata Bahari Astra Motor Papua dan Anniversary 3th SHSCJ (Bag.1)

Hasilnya, motor fuel pump lama kelamaan akan mati akibat beban kerja di atas normal. Sebaiknya kalian juga jangan sering membiarkan tangki sepeda motor injeksi dalam kondisi bahan bakar yang sedikit. Bahan bakar di dalam tangki, menjadi media pendingin motor fuel pump. Jika sepeda motor sering dipakai dalam kondisi bahan bakar sedikit, motor fuel pump jadi overheat dan lama-kelamaan akan rusak.

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur