Review 500 Kilometer Pertama Gear Set Sinnob di Motor “Kuda Beban”.

ZonaMotor.NET – Sobat pembaca yang budiman.., memakai gearset sinnob bukanlah hal baru bagi admin. Dan ini adalah kedua kalinya admin memakai gearset Sinnob dalam keadaan baru,gress dan baru dikirim langsung dari pabriknya. (Terimakasih atas bantuan akun official “SINNOB GEAR” on facebook dan akun @SINNOB Spirit of Inovation on Instagram ).

Dua tahun sebelumnya admin juga telah memakai gearset sinnob, baca ceritanya  klik di → Akhirnya Terpasang Juga Gearset Sinnob← → Review Satu Bulan Gearset SINNOB

 

Lalu dalam “perjalanan karier” nya menjadi penyalur tenaga dari motor kuda beban di lingkungan medan jalan kota Jayapura yang lumayan ekstrim, rantainya putus pada usia pemakaian kurang lebih 3 ribu kilometer, lalu diganti dengan rantai merk KW 27 😂 dan putus lagi pada 2000 an kilometer, dan lalu ganti lagi merk TK Chain…,lumayan… Kuat bertahan sampai sekitar 15 ribu kilometer (CATATAN : Ganti rantai 3 kali tapi SPROKET belakang dan depan tetap memakai buatan SINNOB ).

Puncaknya ketika speedometer PAIJAN CB150 si pikulan sayur mencapai 30 ribu kilometer, terasa sekali jika sproket buatan sinnob ini sudah mulai tumpul,ditandai dengan rantai yang mulai berisik dengan suara suara aneh dan sering minta disetting ulang kekencangannya. Karena sudah gerah dan terasa mengganggu kenyamanan,admin membongkar sproket SINNOB nya, lha ndilalah kersaning Gusti Allah, (baca : dan ternyata), pada saat dibongkar sproketnya, bagian lain kaki-kaki si Paijan pun ada yang memerlukan penggantian, yakni part bernama bearing alias laher/klaher dalam istilah bahasa bengkel pinggir jalan.

 

 

Kejadian tersebut admin posting di instagram, lha ndilalah kersaning Gusti Allah (lagi), akun official Gearset Sinnob di Instagram memantau. Langsung minta meminta klarifikasi, lanjut chat via pesan pribadi, bla..bla..bla….,akhirnya deal gear set Sinnob mengirimkan Gearset Sinnob kepada admin untuk di review.

Naah….dalam masa menunggu kiriman gearset itu tiba, Admin memakai part Subtitusi untuk Sproket yakni Gearset Honda New Megapro / CB150 Streetfire old.

Setelah satu bulan,tepatnya 11 Mei, kiriman tersebut tiba (diketahui dari tracking online) namun masih harus dicari di kantor pos tujuan,yakni Kantor Pos Abepura Jayapura.

Lanjut unboxing, paketnya berisi 2 set gear set SINNOB warna gold plus Chainlube buatan Sinnob.

Nggak pake lama,langsung saja dipasang Dan langsung dipakai untuk bekerja seperti biasa.

 

14 hari berlalu sejak pertama kali gearset sinnob terpasang pada si Paijan dan telah menempuh 500 kilometer ++ , beberapa hal yang admin rasakan dan menjadi catatan penting adalah sebagai berikut :

 

  • Gearset yang dikirim oleh Sinnob rasio giginya adalah 15-47 , berbeda dari rasio standartnya yakni 14-46. Dan karena beberapa hari sebelumnya admin memakai gearset New Megapro yang rasionya 14-42 , maka setelah memakai SINNOB 15-47 perbedaannya sangat terasa terutama pada tarikan awal, terasa sangat enteng dan bawaannya ban depan mau terangkat , maklum beban bawaan distribusi beratnya lebih banyak di bagian belakang. 😀 Akselerasi yang enteng inilah yang MEMANG DIBUTUHKAN dan admin suka,karena kendaraan yang admin pakai digunakan sebagai kendaraan kuda beban dengan muatan berat di medan yang beragam,sehingga akselerasi lebih dibutuhkan dibandingkan top speed di putaran atas.
  • Kedua,ini yang terpenting,gearset Sinnob benar-benar senyap, nyaris tak terdengar (meniru jargon iklan Yamaha Crypton tahun 97 😂). Serius,mas bro... , tidak ada suara berisik dari area rantai saat motor berjalan,bahkan suara kemresek pun tidak ada, dan ini sesuai dengan jargon Gearset SINNOB, yakni NO NOISE (SILENT). Ini poin yang membedakan dari gearset bawaan pabrik yang…….  You Know lah… Nggak usah terlalu dibahas, rasanya semua rider mayoritas tahu, bagaimana,kenapa dan ada apa dengan gearset bawaan Honda New CB150 Streetfire.
  • Ketiga, Halus….  Artinya gearset Sinnob ini getarannya sangat minim, bisa jadi ini adalah efek dari cover/penutup yang ada disamping kanan dan kiri sproket dan sekaligus menahan rantai agar tak terlalu bergerak ke kanan dan kiri.
  • Panjang rantai menyesuaikan. Jika pada ukuran standart memakai rantai 126 mata,maka ukurannya menyesuaikan,dalam hal ini menambah 1 mata.
  • Pengaruhnya pada top speed. Untuk urusan top speed, admin mohon maaf sebesar-besarnya, karena tak bisa memberikan jawaban. Masalahnya admin tidak membutuhkan top speed ketika berkendara dengan muatan yang over pada medan jalan yang beragam,dan menurut admin pribadi mengetes top speed di jalan raya adalah sebuah tindakan yang tak patut ditiru dan sangat berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Jadi maaf…admin tak bisa memberikan review soal top speed dari penggantian gearset dengan rasio gigi yang berbeda ini.

Terakhir,admin merasa puas memakai gearset Sinnob.

Senyap dan terasa seperti baru lagi.

Advertisements
Baca Juga :  Tips Mudah Membongkar dan Mengganti Tabung Shockbreaker Belakang Motor Dengan Alat Seadanya.

9 tanggapan untuk “Review 500 Kilometer Pertama Gear Set Sinnob di Motor “Kuda Beban”.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: