This is Jayapura Part 4, Kampung Engros..,Perkampungan di Atas Air

Pulau Engros adalah gugusan daratan di tengah teluk Youtefa Jayapura Papua yang berjarak sekitar 15 menit perjalanan dengan speed boat dari pelabuhan Engros yangterletak di Pantai Engros Abepura jayapura Papua.

pelabuhan teluk Yotefa Engros jayapura

.Dengan ongkos cukup murah yaitu sepuluh ribu rupiah sekali jalan dan d tempuh dlam waktu kurang dari 15 menit,naik speed boat merupakan pengalaman pertama kali bagi penulis   😳   *ndeso amat,yak     😉

kota jayapura di lihat dari lautan teluk youtefa

Beginilah pemandangan kota jyapura di lihat dari tengah laut,cukup eksotis juga .

perjalanan ke pulau Kampung Engros dengan Speed boatCuaca yang cerah,laut yang tenang,angin yang berkecepatan sedang membuat speed boat bisa “berlari” dengan lumayan kencang, apesnya..,mas sayur tak bisa mengukur kecepatannya karena aplikasi android speedometer sudah terlanjur terhapus dari handphone.

Tak masalah,kencangnya “lari” speed boat dengan mesin merk pabrikan Y membuat Mas sayur membayangkan ngebut dengan moge   :mrgreen:

Tak sampai limabelas menit,sampailah di tempat yang di tuju,KAMPUNG ENGROS..,PERKAMPUNGAN DI ATAS AIR

kampung engros - jayapura

Sebenarnya apa sich keistimewaan kampung ini…?

Baca Juga :  Kejutan Dari AHM Sudah Masuk Masa Trial..? Apaan ya..?

Begini kawan… Di perkampungan ini lah di kabarkan Agama Kristiani pertama kali masuk di tanah Papua. Cerita tentang hal itu nanti akan di buatkan tautan tersendiri.

KAMPUNG ENGROS JAYAPURASebenarnya di perkampungan ini bukannya tak ada daratan,ada juga sebuah daratan seluas 3 kali lapangan bola yang di sebut Pulau Deby. Dan di situlah pusat kegiatan penghuni pulau ini.

Oke..tujuan mas sayur bertandang ke pulau ini adalah sekedar refreshing,menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan yang sangat Eksotis sambil menenangkan fikiran. Pulau ini jelas sangat tenang,tak ada kendaraan bermotor di sini,selain motor boat.

pulau Deby_Engros_jayapuraDamai dan Eksotis,brooo…

Kesan Mas sayur setelah mengunjungi Pulau indah ini adalah belum maksimalnya pemerintah dan masyarakat setempat memanfaatkan potensi pariwisata di pulau ini.,sayang sekali.

Tapi sebenarnya sich…menurut pribadi Mas sayur,ada baiknya juga jika pulau ini di biarkan alami tanpa sentuhan terlalu berlebihan **bukan berarti di biarkan begitu saja,tapi tahu sendiri,jika sebuah tempat telah berubah menjadi tempat dengan tujuan industri wisata,maka dampak negatifnya terkadang lebih besar dengan poin positif yang di dapat   😉

Baca Juga :  This is Jayapura Part 6, Port Numbay..,Pelabuhan Kota Jayapura

Menurut mas sayur pribadi,tempat ini cocok di jadikan tempat sekedar jalan-jalan di hari minggu,mengisi liburan dengan teman-teman..  tapi karena tidak adanya sarana penginapan di sini,maka kunjungan di sini tidak bisa sampai menginap,kecuali mau menginap di rumah warga.

anak-anak-pantai-pulau engros-papuaOke…berhubung hari sudah menjelang senja,maka Mas sayur pun bersiap pulang kembali,berjalan di dermaga mencari speed boat yang akan berlayar ke Abepura,sambil melihat bocah-bocah asli kampung ini bermain perahu dayung kecil.

Dan sebagai penutup dari tulisan ini adalah,sebuah persembahan gambar matahari terbenam di langit papua yang di jepret dari atas speedboat di tengah teluk youtefa.

Senja_teluk youtefa_jayapura

Semoga pengin ke Jayapura   😉

Dan terima kasih kepada om fotografer yang sudah sudi membantu mengambil gambarnya alias memotret semua gambar ini   😉

Baca Juga :  Inilah Yamaha XMax 250,Amunisi Baru Yamaha Indonesia ( Harga,Spesifikasi,Fitur dan Pilihan Warna)

Dirly_Fotografer

Tukang foto sekelas kang Gesang Hobi motret yang alih profesi jadi penjual sayur di jayapura   :mrgreen:

Advertisements

48 tanggapan untuk “This is Jayapura Part 4, Kampung Engros..,Perkampungan di Atas Air

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: