Flashback , Honda BeAt Dari Masa ke Masa, Skutik Entry Level Yang Kini Jadi Motor Sejuta Umat.

Sobat pembaca sekalian, terinspirasi dari tulisan sebelumnya tentang Honda BeAt model 2023 yang mendapat penyegaran warna baru, akhirnya Mas Sayur teringat pada perjalanan panjang Honda BeAt itu sendiri.

Bermula di tahun 2008 ketika Honda AHM meluncurkan Honda BeAt generasi pertama. Dimana waktu itu , sepeda motor matic masih memulai debutnya di dunia permotoran di tanah air.

Baca juga : Sketsa The Next Generation of Honda BeAt, Emang Boleh q125 cc ? 😗

BeAt Bukanlah Yang Pertama.

Yang perlu di garis bawahi adalah, BeAt bukan skuter matic yang pertama di Indonesia, sebelum Honda BeAt sudah ada Yamaha Mio yang lahir beberapa bulan sebelumnya, dan sebelum Mio, sudah ada Yamaha Nouvo yang lahir beberapa tahun sebelum Mio. Dan sebelum itu sudah rame beredar skutik bongsor Jet Matic Kymco yang dimiliki oleh kalangan tertentu.

Di masa ini, sepeda motor matic belum mendominasi. Bahkan beberapa pengguna yang “militan” pada varian motor bebek (cub), belum bisa menerima skuter matic dengan berbagai alasan.

Baca Juga : Honda BeAt Tak Akan Jadi 150 cc, Paling Mentok 125 cc, Ini Alasannya.

Honda BeAt Generasi Pertama (2008).

Honda BeAt generasi pertama hadir dengan desain bodi yang ramping dan kompak. Mengusung mesin 110 cc yang tentu saja bertransmisi otomatis dan mengadopsi sistem pengkabutan bahan bakar karburator.

Mesin SOHC yang aslinya 108 cc tersebut memiliki tenaga 8,22 ps dan torsi 8,32 Nm.

Baca Juga :  Ikutan Kuis Komitmen Berkendara Astea Motor Berhadiah Helm KYT Vendetta Ianone,yuuk....!!

Honda BeAt Generasi 2 (2010).

Dua tahun dari pertama kali diluncurkan, PT.AHM melakukan sedikit perubahan pada Honda BeAt Karburator. Secara umum desain bodinya tetap.

Perubahannya adalah pada spakbor depan, yang pada generasi pertama masih menyatu dengan suspensi depan layaknya spakbor depan motot laki (sport), pada Honda BeAt generasi ke-2, spakbor depan berubah menjadi spakbor gantung layakny skutik pada umumnya.

Di sektor mesin tidak ada perubahan, masih sama persis dengan generasi pertama. Berikut ini spesifikasi Honda BeAt Karburator 2008-2010.

Honda BeAt Generasi ke-3, Mesin Injeksi (2012).

Sukses dengan Honda BeAt karbu, PT.AHM melanjutkan regenerasi Honda BeAt dengan merombak mesin yang lebih irit dibanding generasi sebelumnya. Sistem pengkabutan bahan bakar dirubah dari karburator menjadi sistem injeksi yang dikontrol secara elektronik oleh ECM . Sehingga konsumsi bahan bakar jauh lebih irit, mesin lebih bertenaga dan lebih minim perawatan.

Tekhnologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Dengan sistem PGM-FI, konsumsi bahan bakar diklaim lebih irit 30% dari versi karburator.

Sementara dari segi desain, ada perubahan total menjadi lebih elegan.

Honda BeAt Tahun 2014 Dengan Tekhnologi eSP dan ACG Starter dan Idling Stop System (ISS).

Tahun 2014, PT AHM menyempurnakan Honda BeAt generasi ke-3 dengan memberikan tekhnologi  enhanced Smart Power (eSP). Sedangkan dari segi desain tidak ada perubahan, masih sama dengan BeAt tahun 2014.

Baca Juga :  Inikah Suzuki GSX-S150 Versi Touring Itu ?

Cakupan dari teknologi eSP diklaim menambah sisi efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Komponennya pun terdiri dari beberapa bagian, mulai dari ACG Starter yang mengurangi gesekan hingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, juga sekaligus mendukung adanya fitur Idling Stop System (ISS).

BeAt POP (2014-2019)

Desember 2014, bersamaan dengan pembaruan mesin BeAt FI , PT.AHM merilis BeAt POP sebagai varian lain dari Honda BeAt. Dengan desain bodi berbeda jauh dari Honda BeAt FI gen 2 ,namun memiliki mesin yang spesifikasinya sama persis dengan Honda BeAt FI.

Honda BeAt Generasi ke-4 (2016-2019).

Honda BeAT generasi keempat meluncur pada tahun 2016, yang saat itu sekaligus merayakan pencapaian Honda BeAT yang sukses terjual hingga 10.724.227 sejak meluncur pada 2008 lalu.

Juli 2017,Honda BeAt Masih Jadi Yang Terlaris.

Ubahan pada generasi keempat boleh dibilang lebih ke estetika yang mengusung desain sharp-compact, karena dari segi mesin masih sama. Selain tampilan, Honda juga menjawab keinginan pengguna BeAT yang ingin memiliki bagasi lebih lapang serta kapasitas tangki yang sedikit lebih besar menjadi 4 liter.

BeAt Street (2016 ~ )

Pada 2016, PT.AHM meluncurkan Honda BeAt Street untuk pertama kalinya, sebagai versi stang telanjang dari Honda BeAt eSP 2016.

Pertama kali rilis, BeAt Street hanya ada 1 pilihan warna hitam, namun dalam perkembangannya ada tambahan pilihan warna putih.

Baca Juga :  Tragedi Konyol : Salah Arah Rotasi Ban, Jangan Remehkan, Begini Efek Sampingnya.

Honda BeAt Generasi ke-5 (2020 ~ )

Tahun 2020, PT.AHM melahirkan generasi terbaru Honda BeAt. Ini layak mendapatkan sebutan All New. Karena memang secara desain benar -benar baru . Dan mesin juga merupakan mesin generasi tebaru.

Total ada tujuh hal baru pada generasi BeAT paling fresh ini. Pertama dari segi mesin berkubikasi 109,5 cc SOHC, dengan tenaga 9 PS dan torsi 9,3 NM. AHM mengklaim mesin tersebut mendongkrak sisi komperesinya menjadi 10:1.

Perubahan kedua dari sisi rangka atau sasis yang digunakan. Untuk BeAT 2020 sudah mengaplikasi sasis Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang sebelumnya digunakan pada Honda Genio. Rangka ini diklaim 8 persen lebih ringan dari sebelumnya.

Ketiga, agar modern, Honda jua memberikan soket pengisian daya 12 W yang terletak di bawah kunci kontak. Lalu untuk menjaga keamanan, kunci kontak pun dibuat terintegrasi dengan pembukaan jok.

Ubahan kelima datang dari kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar. Bila sebelumnya hanya 4 liter, kali ini naik menjadi 4,2 liter, bagasi pun meningkat menjadi 12 liter.

Naaah…. begitulah kisah singkat sejarah Honda BeAt dari masa ke masa.

Semoga bermanfaat.

 

 

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

2 thoughts on “Flashback , Honda BeAt Dari Masa ke Masa, Skutik Entry Level Yang Kini Jadi Motor Sejuta Umat.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.