Daily Use Honda CRF250 Rally, Begini Rasanya…

Kombinasi antara rangka baja Twin Tube dipadu dengan  suspensi depan Up Side Down 43 mm dand shockbreaker monoshock yang super lembut sangat sempurna dalam meredam jalanan berlubang dan medan off road yang sangat menantang.

Bukan berarti tanpa kekurangan, sebagai motor petualang sejati, CRF250 Rally kurang enak dirasa saat berkendara berboncengan. Saat melibas jalan bergelombang dan membawa boncenger, ayunan shockbreaker nya yang sangat lembut terasa menarik ke belakang dan sedikit menghambat laju serta membuat keseimbangan sedikit terganggu.

MESIN

Sektor mesin yang mempunyai kapasitas 250 cc satu silunsil DOHC memang similar dengan mesin Honda CBR250R satu silinder, dari tampilan luar mesinpun sama persis.

Tapi ada perbedaan besar yang Mas Sayur rasakan jika dibandingkan dengan performa mesin Honda CBR250R yang Mas Sayur juga pernah memikinya.

Mesin Honda CRF250 Rally terasa berkitir/berputar lebih banyak dan terdengar lebih meraung untuk mencapai kelajuan yang sama dibandingkan dengan mesin Honda CBR250R.

Asumsinya adalah, gigi transmisi Honda CRF250 Rally lebih besar-besar dibandingkan gigi transmisi Honda CBR250R meskipun bentuk dan kubikasi mesinnya sama.

Engine Type Liquid-Cooled, 4-Stroke, Single, DOHC
Engine Displacement 249.6 cm3
Fuel Supply System PGM-FI (Programmed Fuel Injection System)
Bore X Stroke 76 mm x 55 mm
Transmission 6-Speed
Compression Ratio 10.7 : 1
Maximum Power 18.2 kW/8,500 rpm
Maximum Torque 22.6 Nm/6,750 rpm
Starting System Electric Starter
Clutch System Wet, Multi-plate Hydraulic

Asumsi diatas terasa logis mengingat genre dari CRF250 Rally memang untuk adventure badan menaklukkan medan off road sehingga membutuhkan torsi alias tarikan awal di putaran bawah yang lebih “nendang” dengan konsekuensi galak di putaran bawah namun agak loyo di RPM tinggi, berbeda dengan CBR250R yang memang genre Racing Bike yang lebih speed oriented.

 

SUHU MESIN CEPAT NAIK.

Bukan berarti overheat, yang dimaksud disini adalah durasi waktu untuk mencapai suhu mesin yang ditoleransi oleh sensor di kipas radiator, lebih cepat tercapai.

Wajar sich….untuk ukuran mesin dengan kubikasi 250 cc.

Yang bikin agak kurang mengenakkan adalah posisi radiator di sisi kiri mesin dan terdapat lubang aliran udara di sisi fairing kiri yang menghembuskan aliran angin panas dari radiator langsung ke paha koti sang rider..

Aliran udara panas mengalir dari radiator searah ilustrasi tanda anak panah langsung ke paha sebelah kiri pengendara.

Waah…jiaaan… anget tenan,mas bro…  😊

BISAKAH DIPAKAI BELANJA KE PASAR ?

Sepeda motor pada dasarnya hanyalah kendaraan untuk memudahkan kegiatan manusia. Jadi dalam penggunaannya, tergantung kepada pemiliknya, mau diapakan sepeda motor tersebut ?

Honda CRF250 Rally dipakai belanja ke pasar ?

Why not ..?

Dengan penggunaan tas motor yang biasa dipakai para kurir badan pedagang , hal itu menjadi mungkin.

Hanya saja harus bijak…, Honda CRF250 Rally adalah motor petualang dengan suspensi sangat lembut, jadi ketika belanja ke pasar, ada baiknya belanja dibatasi , jangan overload..😊

 

Komentar

comments

Advertisements
Pages ( 2 of 2 ): « Previous1 2

2 tanggapan untuk “Daily Use Honda CRF250 Rally, Begini Rasanya…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.