Kualifikasi MotoGP Jerman : Marquez Yang Pole dan Pak Tua Yang Jatuh Bangun.

ZonaMotor.NET – Juara dunia MotoGP musim 2018 Marc Marquez berhasil mencatatkan waktu tercepat selama sesi kualifikasi gelaran MotoGP seri Jerman di sirkuit Sachsenring yang otomatis menjadikannya sebagai pole sitter dan berhak memulai balapan dari posisi terdepan.

Sementara itu,posisi start di baris terdepan dilengkapi oleh dua pembalap Yamaha beda tim. Yuup…Fabio Quartararo sang rider muda dari tim satelit Yamaha Petronas SRT kembali membuat kejutan dengan start dari baris depan tepatnya dari posisi ke dua setelah pada seri sebelumnya di Assen meraih pole position.

Sedangkan posisi start ke tiga diduduki oleh Maverick Vinales yang berstatus sebagai pembalap pabrikan Yamaha.

Apa kabar Valentino Rossi ?

Sang legenda hidup Moto GP yang telah mengoleksi 9 gelar juara dunia ini rupanya masih dirundung berbagai problematika. Entah masalahnya dimana. Apakah Yamaha M1 nya yang mengalami masalah atau justru masalahnya ada pada diri Rossi sendiri.

Baca Juga :  Marc Marquez Tinggalkan Nomor 93 dan Memakai Nomor 1, Melawan Kutukan (??) Ternyata Hanya Lelucon

Sebagai poembanding,keberhasilan Quartararo menjadi melejit di beberapa seri sebelumnya bahkan di kualifikasi kali ini,juga keberhasilan Vinales memenangkan seri Belanda seminggu sebelumnya,tentu bukan alasan untuk mengatakan jika Yamaha M1 bermasalah.

Secara diplomatis bisa dikatakan , mungkin Rossi belum menemukan setting yang pas untuk tunggangannya.

Opini pribadi penulis terkait performa Rossi akhir-akhir ini.

Seperti diketahui bersama,Rossi adalah pembalap MotoGP sejak era 90 an, dimana di masa itu setting motor dari tim dan juga pembalap menjadi semacam keharusan demi feeling dan performa sang pembalap. Di masa kini pun sebenarnya juga demikian,namun bedanya,di masa lalu belum ada namanya penyeragaman ECU dari pihak penyelenggara. Bisa jadi ,beragam regulasi baru dari penyelenggara membuat pembalap dan tim agak kesulitan dalam melakukan perubahan setting pada motor untuk mendapatkan performa yang diinginkan.

Berbeda dengan pembalap muda masa kini yang tidak terlalu ambil pusing dengan perubahan setting pada tunggangannya,dan lebih memilih motor settingan pabrikan lalu tinggal gass poll. Dan itu terbukti padaVinales pada seri Belanda minggu yang lalu. Sempat beredar kabar pada GP Belanda minggu lalu, karena penasaran dengan performa Quartararo yang berhasil meraih pole dengan beda settingan pada fork,Vinales sempat mencoba mengaplikasikan fork yang sama denga  Quartararo ( Alumunium Gold),namun pada akhirnya Vinales tetap menggunakan fork Karbon warna hitam pada sesi race.

Baca Juga :  Hasil Keseluruhan Test Pra Musim MotoGP 2018 di Sirkuit Losail Qatar.

 

Opini lain dari penulis tentang Rossi.

Yamaha di MotoGP itu membuka data seluruh ridernya dan tidak ada larangan jika harus saling berbagi settingan. Dan rupanya,Rossi bukanlah tipe pembalap yang mau begitu saja menggunakan setting untuk pembalap yang lain. Katakanlah Rossi itu punya perhitungan dan feeling tersendiri denga settingan yang dipilihnya. Dan inilah yang menjadi bumerang bagi Rossi yang pada akhirnya harus membutuhkan waktu lama untuk medapatkan setting yang pas.

 

Setelah mengalami nasib kurang beruntung pada 3 balapan terakhir, yakni terjatuh di Mugello, Catalunya dan Assens, pada sesi kualifikasi MotoGP Jerman kali ini Rossi pun masih jatuh bangun.

Pada sesi FP1, pencapaian Rossi bisa dibilang bagus namun terus melorot pada sesi FP2 , namun di FP3 Rossi sedikit memperbaiki pencapaiannya. Befitupun di Q1, Rossi selalu tampil cepat sejak awal,namun nasib kurang bagus justru didapatkan oleh Pembalap tertua di MotoGP ini beberapa menit setelah sesi Q1. Vale ndlosor di tikungan 1.

Baca Juga :  Update Harga Line Up Sepeda Motor Suzuki per Januari 2019 di Jayapura Papua.

Bisa dikatakan,performa Rossi sepanjang sesi Free Practice dan Kualifikasi MotoGP Jerman 2019 nggak buruk-buruk amat  😉

Dan hal tersebut juga diakui oleh Rossi sendiri. Mengutip laman resmi Yamaha Monster Energy, Rossi menyatakan performanya di pra race MotoGP Jerman 2019 ini tidaklah terlalu buruk.

 

“Hari ini tidak terlalu buruk, terutama perasaan saya dengan motor dan kecepatan saya cukup baik dengan ban balap, jadi saya cukup kompetitif. Sayangnya, dengan ban lunak pada akhirnya, saya tidak membuat putaran yang sangat baik dan saya tidak banyak membaik. Saya berharap bisa lebih ke depan, sekarang saya hanya di posisi kesepuluh, tetapi langkahnya cukup bagus, ini yang paling penting”, terang Rossi di situs resmi Yamaha Monster Energy.

 

Hasil selengkapnya Kualifikasi MotoGP Jerman 2019,silahkan klik gambar berikut.

Komentar

comments

Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.