Ganti Stang Jepit All New Honda CBR150R Dengan Stang Kemudi Model Cruiser Handlebar.

ZonaMotor.NET – Apa kabar sobat pembaca ? Lama banget Mas Sayur absen dari mengisi blog sederhana ini, mudah – mudahan sampeyan semua masih senantiasa sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Aamiin…

Kali ini Mas Sayur ingin bercerita kembali mengenai All New Honda CBR150R yang sebelumnya sudah Mas Sayur ceritakan DISINI.

Masalah riding position …,ini yang agak mengganjal dalam benak Mas Sayur ketika menggunakan sepeda motor dengan stang model clip on alias stang jepit. Merunduk…. Iya…, Jujur Mas Sayur kurang suka, karena efeknya bagi Mas Sayur pribadi adalah pegal pada bahu,lengan dan pinggang.

Kalau mau bicara jujur (lagi), sebenarnya riding position New Honda CBR150R ini adalah yang paling bersahabat bagi pinggang tua dibandingkan kompetitor sesama sport fairing 150 cc yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  Single Accident [ Terguling ]

Namun dengan pertimbangan matang bahwa New Honda CBR150R ini akan Mas Sayur gunakan sebagai kendaraan operasional setiap hari, maka pada akhirnya Mas Sayur memilih cari aman dengan “memperbaiki” riding position sesuai kebutuhan.

Kalimat gampangnya adalah “Diakalin gimana caranya biar gak nunduk posisi berkendaranya demi kenyamanan pinggang yang sudah tua ” 😁

Solusinya nggak ada lain yakni mengganti stang menjadi lebih tinggi.

Pilihannya ada 2 , yakni :

  • Stang kemudi model Cruiser Handlebar ,yakni stang kemudi yang dipakai oleh sepeda motor sport naked pada umumnya atau sport cruiser (motor penjelajah) yang digunakan untuk perjalanan touring jarak jauh, seperti stang kemudi yang dipakai pada Honda Tiger 2000, Yamaha Scorpio , Suzuki GSX150 Bandit dll.
  • Stang kemudi model Motorcross Bar. Ini jelas adalah stang kemudi yang dipakai oleh motor trail pada umumnya seperti Kawasaki KLX, Yamaha WR series dan Honda CRF series.
Baca Juga :  Meski Alami Retak Tulang Rusuk Kanan, Jorge Lorenzo Akan Tetap Turun Balap di Argentina.

Pilihan Mas Sayur jatuh pada jenis Cruiser Handlebar, alasannya adalah stang kemudi model ini lebih tinggi daripada model Motorcross Bar, dan bisa diatur maju atau mundur sesuai keinginan untuk mendapatkan efek berkendara yang tegap dan lebih rileks.

Dan…, pilihan stang kemudinya jatuh pada stang kemudi Honda Tiger Revo 2010, dengan alasan paling mudah didapat dan ketinggiannya paling tinggi diantara stang kemudi sepeda motor sport naked yang beredar di tanah air.

Dalam pemasangannya jelas nggak bisa plug and play, karena New Honda CBR150R yang menggunakan stang jepit ini tidak memiliki dudukan untuk stang kemudi model Cruiser Handlebar.

Baca Juga :  Cutting Sticker Minimalis tapi Manis untuk Yamaha Mio Soul...Apik,gan...

Solusinya ?

Beli riser stang Kawasaki KLX .

Bor segitiga atas milik New CBR150R.

Lalu baut dengan kencang,jangan kasih kendor kaka… 😊

Lalu pasang stang kemudi Honda Tiger Revo nya, dan atur posisi handle rem, handle kopling dan piranti lain yang menempel di stang kemudi…

Selesai sudah..

Hasilnya ?

Tentu saja ergonomi ya berubah total.

Silahkan bandingkan…

BEFORE ☝️

AFTER 👇

Pada akhirnya…,kembali ke laptop…

MARKIJA…MARI KITA KERJA…

Utamakan Sektor riil… 😊

Komentar

comments

Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.