Lebih Dekat Dengan Honda ADV150 Dalam Bedah Tekhnologi Honda ADV150 di Astra Motor Papua. - Laman 4 dari 4 - Zona Motor [dot] net
Site icon Zona Motor [dot] net

Lebih Dekat Dengan Honda ADV150 Dalam Bedah Tekhnologi Honda ADV150 di Astra Motor Papua.

[Jayapura – ZonaMotor.NET] – Sobat pembaca dimanapun anda berada,jadi ceritanya pada Sabtu sore 5 Oktober 2019, Mas Sayur mendapatkan kesempatan untuk mengetahui lebih detail tentang Honda ADV150 beserta bermacam fitur dan tekhnologinya langsung dari Instruktur Mekanik Astra Motor Papua di Main Dealer Astra Motor Papua dalam sebuah acara yang dalam bahasa sederhana Mas Sayur adalah Bedah Tekhnologi Honda ADV150.

Momen ini bisa dikatakan sudah terlambat dan agak basi bagi sebagian orang yang tinggal di ibukota,apalagi bagi teman-teman blogger yang sudah berkesempatan langsung mendapatkan informasi tekhnologi (sekaligus test ride) Honda ADV150 pada awal awal momen peluncurnya di pameran GIIAS beberapa bulan yang lalu. Tapi bagi seorang blogger otomotif kelas teri yang tinggal di ujung timur negeri ini dengan jarak ribuan kilometer dari Ibukota yang merupakan basis produksi Honda ADV150 sekaligus tempat peluncurnya, maka momen ini menjadi begitu sangat berharga, Terimakasih Astra Motor Papua,terutama Divisi HC3 yang telah menjembatani hingga Mas Sayur bisa mendapatkan momen yang berharga ini.

Namanya saja Bedah Teknologi, jadi tentu saja yang dibahas dan dikupas adalah semua tekhnologi dan fitur yang ada pada Honda ADV150, dipandu langsung oleh Instruktur Mekanik Astra Honda Motor, bukan oleh Mbah Google ataupun Mbak Yu Tub (YouTube) 😊

Satu unit Honda ADV150 Tipe CBS warna Grey dipajang di depan ruang acara dan acara dimulai dengan membahas Windscreen alias visor Honda ADV150 yang ketinggiannya bisa diubah dalam 2 tingkat secara langsung tanpa piranti elektrikal.

WINDSCREEN /WINDSHIELD/VISOR

Instruktur Mekanik Astra Motor Papua, Hardjito yang memandu acara menjelaskan dan memperagakan cara merubah ketinggian visor Honda ADV150.

Cukup pegang knop yang ada di kanan dan kiri lalu tarik keluar, angkat untuk menaikkan visornya dan atau turunkan agar ketinggian visornya turun”, ujar Pak Djito sambil memperagakan.

Berikut video singkatnya

HALAMAN SELANJUTNYA >>>>>>

SPEEDOMETER

Speedometer Honda ADV150 sudah full digital, yang berisi beragam informasi yang bermanfaat bagi pengendara, informasi yang ada di area speedometer Honda ADV150 diantaranya adalah, laju kecepatan, odometer (jarak tempuh keseluruhan), TRIP A dan TRIP B, informasi waktu tanggal bulan dan tahun, Konsumsi BBM rata-rata (average), konsumsi BBM Instan ( konsmsi BBM Saat ini, indikatornya berupa garis bar yang naik turun sesuai gaya bukaan Throtle pengendara sehingga konsumsi BBM nya menyesuaikan, indikatornya ada di bagian kanan bawah).

Informasi lain yang bisa dibaca pada speedometer Honda ADV150 adalah tentang informasi Suhu yang ada di sekitar.

Indikator suhu di speedometer Honda ADV150 akan membaca suhu di lingkungan sekitar tempat unit Honda ADV150 terparkir dan menampilkan informasi suhunya dalam bentuk angka digital pada speedometer bagian kiri bawah, dan indikator suhu lingkungan sekitar ini akan bekerja pada kisaran suhu -10 hinga 50 derajad Celcius, sedangkan jika kurang atau lebih dari parameter suhu tersebut, indikator tetap akan bekerja namun yang ditampilkan di speedometer adalah kedipan angka dan karakter tertentu di bagian tersebut” jelas Pak Djito.

Uniknya, speedometer Honda ADV150 ini bisa diatur kecerahan lampunya, sesuai dengan selera pengendara.

KEYLESS SYSTEM.

Sistem Ignition tanpa anak kunci ini pada sepeda motor matic Honda disebut Honda Smart Key System.

Meskipun bentuknya mengingatkan pada knop kompor gas 🤭 , namun smart key Honda ini dibuat untuk memberi kesan high class, dan yang terpenting adalah meningkatkan keamanan dari ulah tangan jahil yang tak bertanggungjawab. Honda Smart Key ini dioperasikan dengan sebuah remote sebagai pengontrol yang didalamya terdapat fitur “anti maling” , yang pada dasarnya jika fitur ini diaktifkan maka unit motor yang bersangkutan akan mengaktifkan sensor gerak dan getar pada seluruh bodi motor, sehingga jika sepeda motor yang diaktifkan fitur anti malingnya ini berpindah tempat karena dibawa maling, maka sensor akan memerintahan ECU untuk membunyikan alarm di unit motor tersebut.

Cara pengoperasian Smart Key Honda ADV150 sama persis dengan Honda PCX.

HALAMAN SELANJUTNYA >>>>>>>>>

EMERGENCY KEY.

Untuk mengantisipasi remot smart key hilang atau ketinggalan di dalam jok atau kemungkinan lainnya, kepada pemilik Honda ADV150 diberikan Emergency Key agar bisa membuka jok tanpa menggunakan remote. Cara pengoperasiannya sama dngan pada Honda PCX. Tutorialnya bia dibaca DI SINI.

Cara Membuka Jok Honda New PCX150 Dengan Emergency Key.

STANG BAPLANG /FATBAR.

Bahasa kerennya menurut AHM adalah Tapered Handle Bar, sebuah stang kemudi yang biasa digunakan oleh motor sport tipe adventure dan atau touring. Ini diaplikasikan ke Honda ADV150 untuk memunculkan image adventure, lebih sporty dan tentu saja dengan tetap mempertahankan kenyamanan.

MESIN

Kendati mesinnya bisa dikatakan similiar atau mirip mesin Honda PCX 150, faktanya ada banyak perbedaannya, untuk hal ini Mas Sayur sudah pernah menulisnya di artikel terdahulu, silahkan masuk DI SINI.

Serupa Tapi Tak Sama, Mesin Honda ADV150 dan Honda PCX 150.

Mas Sayur sempat mempertanyakan soal mesin Honda PCX yang terkena kasus “Gredek” dan kemungkinan terjadinya hal tersebut di mesin Honda ADV150, mengingat mesinnya kan sami mawon atau podo wae alias sama saja 🤭

Jawaban diplomatis dari Pak Djito adalah, “untuk ADV150, pulley nya sudah lebih dibalancing, sehingga kemungkinan adanya beberapa kasus seperti yang terjadi di beberapa unit Honda PCX yang sempat rame itu, kecil kemungkinannya akan terjadi”.

HALAMAN SELANJUTNYA >>>>

BAGASI LUAS.

Mengikuti tuntunan zaman now, dimana sebuah skuter matic dimanfaatkan pengendaranya untuk membawa barang bawaan yang terkadang jumlahnya banyak, maka Honda ADV150 mengakomodir kebutuhan ini dengan menyediakan ruang penyimpanan /bagasi dengan volume 28 Liter , sedikit lebih kecil dari bagasi Honda PCX150 yang volumenya 28,8 liter.

DISK BEAKE WEAVY dan Ban Semi Trail.

Honda ADV150 dilengkapi dengan Disc brake model bergelombang di pinggirannya ata bahasa kerennya WEAVY yang mempunyai diameter 240 mm dan ketebalan 4mm , sedikit berbeda dengan PCX150 yang mempunyai disc brake model konvensional dengan diameter 220 mm dan tebalnya hanya 3,5 mm.

Velg tapak lebar dipadu dengan ban semi dual purpose diharapkan mampu menjadikan Honda ADV150 tetap nyaman melaju di medan dengan tantangan adventure level menengah, karena tantangan adventure level tinggi sudah bukan habitat motor matic lagi meskipun genrenya adventure. 😊

SUSPENSI BELAKANG GANDA, MODEL TABUNG.

Bahasa kerennya adalah Twin Subtank Rear Suspension .

Suspensi belakang model ini digunakan di Honda ADV150 sesuai dengan genre matic adventure yang dibawa Honda ADV150. Tujuannya jelas,yakni untuk mendapatkan performa rebound suspensi yang lebih baik dan nyaman saat berkendara di medan jalan off road yan tentu tak mulus dan banyak guncangan.

Selain penjelasan mengenai tekhnologi dan fitur-fitur utama Honda ADV150 yang sudah disebutkan diatas, dalam acara ini pihak Astra Motor Papua juga memberikan kesempatan kepada Mas Sayur untuk mencoba produk baru dari Astra Motor, yakni AMIC (Astra Motor Injector Cleaner). Dari namanya saja sobat pembaca tentu sudah bisa menebak produk apakah itu ? 😊

Dan untuk proses serta review-nya, mungkin akan diceritakan di artikel tersendiri..

Salam dari Jayapura.

Advertisements

Comment with your Facebook account

Exit mobile version