Test Ride Singkat Honda ADV150, Ternyata Diluar Dugaan.

[Jayapura -ZonaMotor.NET] – Sobat pembaca dimanapun anda berada, pada event launching Honda ADV150 di Jayapura, pada akhirnya admin berkesempatan menguji coba atau bahasa kerennya test ride Honda ADV150 yang merupakan jagoan baru dari Honda dan merupakan pioneer dari skutik bergenre adventure di kelas 150 cc di Indonesia.

Ada perasaan senang sich karena setelah ditunggu sekian lama pada akhirnya admin bisa merasakan sensasi duduk dan mengendarai Honda ADV150. Namun sayang, momennya terlalu singkat dan waktunya juga sudah malam sehingga gambar yang diambil hanya dengan kamera ponsel kelas entry level tak bisa menghadirkan gambar yang juooos gandooos… ,Tak apalah yang terpenting adalah uraian yang akan admin sampaikan.

Jadi ceritanya begini, Sob…. Sabtu Sore 19 Oktober 2019 itu admin ada mengikuti press conference Genio dan ADV150 yang digelar oleh Astra Motor Papua di salah satu Cafe di Jayapura Selatan, naah rencananya tuch, selesai Press Conference, kita mau langsung test ride ketika masih belum malam, lha ternyata press conference nya molor waktu mulainya, ya udah konsekuensinya jadwal mundur…sampai Maghrib akhirnya 😊

Baca Juga :  Cerita Tentang Piringan Rem Cakram Yang Mengalami "Penuaan Dini". ?

Selepas Maghrib, admin meluncur ke Venue acara Launching di Lapangan Trisila, Lantamal X .

Disana ketemu Instruktur Safety Riding Astra Motor Papua, Brother Irfandi Achmad dan langsung minta test ride ADV150. (gilaaak…main todong aja 😬)

Coba perhatikan gambar diatas ☝️

Admin yang memiliki TB 165cm ketika duduk diatas jok Honda ADV150 harus mengakui bahwa motor ini tinggi banget, sampe sampe admin harus njinjit ala penari balet 😬 Namun ini masih bisa ditolerir, terbayar dengan keseimbangan handling saat kendaraan sudah mulai dijalanan, bahkan diatas papan rintangan narrow plank ala Safety Riding Competition.

Suara mesinnya halus, tarikan awal atau akselerasinya lumayan terasa ringan dan menghentak selayaknya PCX dan Vario150.

Pengereman sangat pakem, ayunan shockbreaker nya nyaman tanpa efek limbung dan busa joknya juga nggak keras – keras amat 🤭

Baca Juga :  Jalan Panjang Honda Megapro, Penguasa Yang Akhirnya Mati Mengenaskan.

Awalnya, ketika admin masih sebatas melihat gambar dan besarnya dimensi dari Honda ADV150, admin mengira ini motor bongsor yang berat dan butuh effort lebih untuk mengendalikannya terutama bermanuver di tempat sempit.

Namun, selepas admin melakukan test ride Honda ADV150, anggapan itu segera terbantahkan dengan sendirinya.

Yang admin rasakan saat berkendara dengan Honda ADV150 adalah sebagai berikut :

  • Terasa ringan dan sangat stabil, berat kendaraannya serasa tak melebihi berat dari Honda Vario 150 yang admin gunakan sebagai kendaraan operasional ke-2 (FYI, kendaraan operasional utama admin tipe sport, *nggak ada yg nanya ya biarin 😋 ).
  • Manuver lincah. Ketika meliuk-liuk melewati cone rintangan yang biasa digunakan untuk Slalom contest di kompetisi safety riding Astra Motor, tak ada kendala berarti, sangat stabil . Hal ini didukung oleh performa shockbreaker yang ayunannya stabil tak terlalu mengayun (kalimat lain untuk mengatakan shockbreaker sedikit keras 🤭), tapi ini memang dibutuhkan untuk motor yang akan digunakan untuk melibas kondisi Medan yang variatif,karena jika terlalu empuk, akan mempengaruhi stabilitas berkendara.
  • Pengereman pakem. Kebetulan unit yang admin coba adalah varian CBS. Remnya pakem. (namana juga motor baru, ya pasti pakem remnya 😊) . Sedangkan untuk unit dengan varian rem ABS, admin belum mencoba. Maybe next time.

Mungkin sementara itu saja sedikit review dari Mas Sayur selaku admin di ZonaMotor.NET , yang didapat dari test ride singkat Honda ADV150.

Baca Juga :  100 Kilometer Bersama Suzuki GSX150 BANDIT, Berikut Beberapa Catatannya.

Semoga saja nantinya ada kesempatan untuk daily test ride , sehigga akan lebih banyak yang bisa dikupas dan disampaikan kepada sobat pembaca semua.

Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca. 😊

Salam dari Jayapura. 🙏

Komentar

comments

Advertisements

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.