Bedah Teknologi dan Fitur Honda Forza 250 di Astra Motor Papua.

ZonaMotor.NET – Sobat pembaca sekalian, adalah sebuah kesempatan langka ketika Mas Sayur di undang oleh Astra Motor Papua untuk mengikuti bedah teknologi dan fitur Honda Forza 250 di main dealer Astra Motor Papua pada Sabtu siang 18 Januari 2020. Acara ini dipandu oleh instruktur mekanik Astra Motor Papua, Bapak Harjito.

Honda Forza yang resmi di rilis oleh AHM pada akhir 2018 yang lalu, dan ternyata baru nyampe di Jayapura pada Januari 2020. (Lama sekali perjalanannya, jauuh sekali jadi 😊) . Tapi sebagai tambahan informasi, pada pertengahan 2019 yang lalu, Honda Forza sudah mendarat di Sorong dan sudah tersalurkan ke konsumen di sana, demikian info yang admin dapatkan dari pihak Astra Motor Papua.

Honda Forza 250 adalah skuter matic bongsor (big scooter) yang dimasukkan Astra Honda Motor secara CBU dari Thailand. Honda Forza 250 dibangun dari basis Honda Forza 300 yang sudah lama mengaspal di luar negeri dan dibekali dengan beragam fitur dan teknologi yang akan kita bahas nanti.

Dari beragam fitur yang dibenamkan pada Honda Forza 250, ada beberapa fitur unggulan yang menjadikan Honda Forza eksklusif, diantaranya :

  • Visor yang ketinggiannya bisa distel secara elektronik atau bahasa kerennya adalah Electrical Adjustable wind screen. Pengaturan ketinggian visor ini diatur hanya dengan menggunakan satu tombol. Sangat mudah dan siapapun bisa melakukannya. Lihat videonya di bawah ini.

Pict : motomaxone.com (kemaren pas acara sebagian foto admin ke delete di 😭)

  • Spion yang menyatu dengan bodi bagian depan dan terkoneksi dengan lampu sein LED, atau bahasa kulonnya adalah Body Mounted Back Mirror integrated With LED Winker. Bahasa gampangnya adalah, lampu seinnya nempel di spion dengan jenis lampu sein LED. Dan ini bukan barang baru bagi Honda. Supra X 125, Vario 125 , bahkan Honda Beat generasi kedua sudah ada yang mengaplikasikan lampu sein di spion.

  • Honda Selection Torque Control ( HSTC ) , ini adalah fitur canggih yag diturunkan dari Moge Honda seperti CBR1000 RR dan CRF1000 Africa Twin. Aktivasi HSTC bisa dilakukan hanya dengan satu tombol di stang sebelah kiri dengan tombol berlambang huruf T. Dan aktif atau tidaknya fitur ini bisa dilihat langsung di panel indikator, yaitu lampu indikator yang berwarna kuning berbentuk huruf T. HSTC Bekerja ketika sensor mendeteksi putaran ban belakang lebih banyak dari putaran ban depan yang artinya telah terjadi slip atau spin di ban belakang karena jalan licin, berpasir atau karena rider terlalu dalam membuka throtle. Jika hal itu terjadi, maka sensor yang membaca hal itu akan mengirim sinyal ke ECU lalu ECU akan membatasi suplai bahan bakar sehingga membuat rpm mesin turun yang otomatis membuat putaran ban belakang menjadi melambat dan menyesuaikan dengan putaran ban depan. Intinya fitur ini adalah untuk menghindari ban belakang selip demi keselamatan pengendara. ( detailnya klik gambar diatas).

  • Comfortable Seat With Back Support. Jok Honda Forza 250 didesain untuk membantu pengendara lebih nyaman, dengan adanya semacam punuk ditengah jok yang posisinya tepat dibelakang pinggang pengendara. Fungsinya membantu menyangga bagian tubuh belakang pengendara agar lebih mendapatkan posisi nyaman saat berkendara.
  • Smart Key. Honda Forza 250 memiliki keyless system yang serupa dengan Honda PCX dan ADV. Lengkap dengan alarm answer back dan anti theft alarm.

  • MID (Multy Information Display), yaitu panel digital di bagian tengah dashboard, dimana di bagian kanan adalah RPM meter dan di bagian kirinya ada penunjuk kecepatan yang keduanya masih menggunakan sistem analog. Panel MID berisi beragam informasi, dari jam digital, pengingat penggantian oli, konsumsi BBM rata – rata dan suhu lingkungan di sekitarnya. Keunggulan MID Honda Forza 250 adalah memiliki tampilan ESTIMATED TRAVELABLE DISTANCE. Ini akan aktif ketika bahan bakar di tangki tersisa 1 liter dan akan menampilkan angka sejauh mana jarak yang masih akan bisa dicapai oleh kendaraan dengan sisa bahan bakar yang ada.

Semua fitur-fitur unggulan Honda Forza 250 diatas, bisa diaktifkan dan di setting dengan tombol-tombol yang sudah tersedia di stang kemudi sebelah kiri.

Mesin 250 cc, 4 klep dan Metal Bearing.

Seperti diuraikan di atas, Honda Forza 250 dikembangkan dari basis mesin Honda Forza 300, SOHC 4 klep, dan istimewanya, Honda Forza memiliki bearing di metal duduknya, dengan tujuan meringankan kerja mesin yang otomatis bisa mendongkrak performa.

Bertenaga Tapi Irit Bahan Bakar.

Data tekhnisnya mengklaim Honda Forza 250 memiliki power maksimum 17,3 kw @7500 rpm dan torsi 24 Nm pada 6250 rpm, sedangkan top speed maksimumnya adalah 129 km/jam dengan klaim konsumsi bahan bakar 33 km/liter.

Selain fitur-fitur andalan diatas, Honda Forza 250 memiliki fitur -fitur standar sepeda motor Honda, diantaranya :

  • Rem ABS 2 Chanel.
  • Lampu LED, baik lampu utama maupun lampu belakang, lampu sein dan hazard.
  • Pass beam.
  • Engine cut off.
  • Power charger.
  • Bagasi super luas (muat 2 helm).

Komentar

comments

Advertisements
Baca Juga :  New Honda CBR250RR Special Edition The Art of Kabuki, Mantep Tenan..

2 tanggapan untuk “Bedah Teknologi dan Fitur Honda Forza 250 di Astra Motor Papua.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: