Data dan Fakta Perubahan Yang Membuat New CB150 R Streetfire Jadi Lebih Kekar dan Gagah. - Zona Motor [dot] net
Site icon Zona Motor [dot] net

Data dan Fakta Perubahan Yang Membuat New CB150 R Streetfire Jadi Lebih Kekar dan Gagah.

ZonaMotor.NET – Sobat pembaca sekalian, All New CB150 R Streetfire yang dirilis AHM pada pertengahan Mei 2021 yang lalu memang menampilkan sosok sebuah sepeda motor sport naked 150 cc yang kekar dan gagah.

Dengan masih menggendong mesin 150 cc DOHC yang sama dengan versi sebelumnya, namun secara tampilan fisik sudah jelas terlihat bedanya. Hal ini terjadi berkat banyaknya pembaruan pada beberapa bagian.

Perubahan paling mencolok adalah penggunaan suspensi depan Up Side Down yang membuatnya auto terlihat lebih kekar.

Namun ternyata banyak hal-hal lain yang berubah pada New CB150 R Streetfire model year (MY) 2021 ini, dan ini perlu diketahui bagi para pemerhati roda 2 di Indonesia khususnya pecinta sepeda motor naked sport 150 cc .

Semua hal ini Mas Sayur ketahui secara rinci dari acara bedah teknologi CB150 Streetfire bersama HC3 Astra Motor Papua yang dipandu Instruktur Mekanik Astra Motor Papua, Bapak Hardjito via aplikasi zoom pada Sabtu , 26 Juni 2021.

Tak kalah penting diketahui nich,sob… All New CB150R MY 2021 terbagi dalam 2 varian, yakni Varian SE dan Varian Standard dengan poin pembedanya adalah :

Varian SE memiliki mesin berwarna gold dan dilengkapi engine cover.

Varian standart , warna mesin hitam doff dan tanpa dilengkapi engine cover.

Untuk pilihan warna dan harganya, silahkan masuk di SINI. 😊

Apa saja rincian dan detail perubahannya ? Mari kita simak bersama.

BACA DI HALAMAN SELANJUTNYA >>>>>

Inverted Telescopic Front Suspension atau dalam istilah para pengguna di Indonesia disebut suspensi Up Side Down.(USD) Suspensi USD new CB150 R Streetfire ini adalah tipe Separate Fuction Front fork Big Piston (SFF-BP) , yang mana suspensi tipe ini antara yang kanan dan yang kiri memiliki fungsi yang berbeda. Karakteristik suspensi ini adalah lebih rigid,lebih stabil saat pengereman, peredaman kejut/guncangan sangat responsif dan minim getaran.

Front Cowl , dalam istilah bengkel umum dan penjual spare part, ini biasa dinamakan kupingan lampu depan. Perubahannya sedikit lebih lebar untuk memunculkan aura gagahnya.

Front Fender (Spakbor depan), desainnya serupa dengan spakbor depan Honda CBR250RR.

Tangki bahan bakar menggunakan Cover , istilah umumnya adalah kondom tangki. Nama resminya dari Honda AHM adalah Inner tank, tank cover.

Shroud alias kupingan tangki / sayap tangki, berubah lebih lebar dan besar mengikuti desain tangki bahan bakar.

Rear cowl, ini adalah bodi samping belakang yang desainnya berbeda dari versi 2018.

Dimensi

New CB150 R MY 2021 lebih panjang, lebih tinggi dan lebih lebar dari MY 2018 , namun tinggi jok dan jarak terendah ke tanah lebih rendah, ini berpengaruh besar terhadap HANDLING yang lebih sempurna dalam pengenda

Bobot.

New CB150R Streetfire 2021 lebih ringan 1 kg dibandingkan MY 2018. Ini terjadi karena penghilangan piranti kick starter.

Speedometer . Tampilannya berubah menjadi mirip speedometer CBR150R dengan penambahan tampilan indikator posisi gear yang ditunjukkan dengan angka digital. Selain itu ada tambahan penunjukl jarak tempuh bahan bakar saat ini, penunjuk bahan bakar rata-rata trip A dan penunjuk bahan bakar rata-rata trip B.

ECM berbeda, ini terkait dengan penambahan tampilan pada panel speedometer.

Stang Baplang (Taper Handle Bar), stang kemudi jenis ini memberikan sensasi berkendara lebih gagah karena lebih lebar.

Holder Handle alias dudukan stang kemudi punya desain baru yang lebih tinggi, usut punya usut, ternyata ini merupakan penyesuaian dari bentuk tangki yang makin tinggi pula,sehingga jika menggunakan dudukan stang yang rendah,maka saat pengendara membelokkan kemudi, ujung stang kemudi akan mentok di tangki.

Posisi klakson berpindah . New CB150R 2021 posisi klasonnya ada di sebelah kiri bawah radiator, sedangkan model

Sproket 6 baut, sama dengan CBR150R , tidak disebutkan tujuan dari penambahan jumlah baut pengikat sproket ini,tapi disinyalir supaya lebih kuat.

Kisi kisi radiator lebih panjang.

Kabel gas,kabel kopling dan slang minyak rem lebih panjang.

Cover cap Muffler alias penutup moncong knalpot mempunyai kisi kisi atau lubang kecil di sekelilingnya. Belum ada informasi tentang apa tujuan dari lubang-lubang itu.

Oke ,sob... Nampaknya itu yang Mas Sayur dapatkan dari bedah teknologi kali ini dan dengan ikhlas dan senang hati, Mas Sayur membagikannya untuk sobat tercinta semuanya.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Advertisements

Comment with your Facebook account

Exit mobile version