Suara Netizen : Mana Lebih Banyak Penyakitnya, Supra X 125 ( Karbu) Ataukah Yamaha All New Jupiter Z ?

Sobat pembaca sekalian, sebuah trit di group pecinta sepeda motor bekas, membahas sebuah pertanyaan unik. Unik tapi wajar wajar saja. Intinya si pembuat trit ingin membeli motor bekas dari tipe cub dan sedang bingung menentukan pilihan antara Honda Supra X 125 (Karbu). ataukah Yamaha All New Jupiter Z

FYI, Yamaha All New Jupiter Z adalah penerus dari Jupiter Z ,yang mana kubikasi mesin masih bertahan di 115 cc, namun dengan desain bodi total baru dan mesin juga 100 % baru , namun tetap masih karburator. Yamaha All New Jupiter Z ini juga dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Yamaha Jupiter Z Robot.

Pada intinya ini adalah sebuah komparasi atau perbandingan antara antara Honda Supra X 125 dan Yamaha All New JupiterĀ  Z. Baik dari sisi desain, performa dan juga fitur serta durabilitas.

Adalah sebuah akun dengan nickname Abcd, memposting sebuah pertanyaan di group BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas), dengan dia buah gambar, gambar pertama (Atas) adalah Honda Supra X 125 Karbu tipe R dengan velg CW dan rem Cakram Depan belakang dan gambar lainnya (bawah) adalah Yamaha All New Jupiter Z. Gambar tersebut disertai caption, ”

Antara kedua motor ini yang tidah banyak penyakitnya yang mana mbah ?”

Tak pelak, postingan ini dibanjiri komentar dari netizen yang memang isinya adalah “anak-anak motor”.

Sekilas Tentang Group BEKAKAS.

FYI, group BEKAKAS adalah sebuah group pecinta sepeda motor di platform media sosial Facebook yang dibuat sejak tahun 2012 oleh seorang blogger otomotif kondang, yang merupakan admin dari bonsaibiker.com .

Group ini awalnya bernama HOMOSEK (Hobi Motor Seken) ,namun karena nama groupnya aneh, akhirnya jadi banyak yang multitafsir šŸ¤­šŸ˜šŸ˜. Singkat cerita nama groupnya diganti menjadi BEKAKAS . Group ini sampai saat tulisanĀ  ini dibuat, telah memiliki 141.394 member.

Baca Juga :  Perilaku Mulai Menyimpag, Sarimin Digelandang ke Markas.

Kembali ke Tema.

Perbandingan Antara Honda Supra X 125 vs Yamaha All New Jupiter Z Versi Netizen Milenial.

Durabilitas.

Di postingan tersebut diatas, hal pertama yang disoroti netizen tentu soal durabily alias ketahanan / kebandelan /keawetan.

Dalam hal ini, Netizen lebih condong ke Honda Supra X 125.

dari kedua motor tsb, durability jelas yg atas. Tpi kalau sama sama yg keluaran terbaru jelas yg bawah whehehe“, tulis akun @Beni Ku******n yang Memiliki lencana kontributor teratas.

Akun @Joe J** menuliskan, ” Pake keduanyaaL. Juh lebih enak supra xDurability nya oke”

Supra mbah bandel irit minus batok geter. Masalah loyo diawal jangan samakan dengan jupiter secara ukuran final gear aja gedean jupiter.Soalnya supra 14-35 pengen enak tinggal ganti belakang 37 atau ganti depan aja 13″, tulis akun Aziz Ikht***R.

Sementara itu, akun Anang Sup******o , menjawab, “Supra mbah kuat irit larinya kencang harga jual msh tinggi“.

Komentar Paling Relate dan Relevan.

Dari 50 komentar pertama, ada satu komentar yang menurut Mas Sayur paling relate dan relevan dengan pertanyaan di caption. Yaitu sebuah komentar dari akun @Rudy Ke*****to yang menyebut masing masing penyakit baik dari Supra X 125 maupun Yamaha Jupiter Z Robot.

Baca Juga :  Review 500 Kilometer Pertama Gear Set Sinnob di Motor "Kuda Beban".

SamaĀ² penyakitan,Supra penyakitnya di roll keteng & hidrolik stut ketengnya cepet kalah.Jupi kelemahannya kopling pake sistem diafragma yg mana cuma pake 2 kampas kopling jadinya kurang responsif”, tulisnya.

Sampai dengan tulisan ini dibuat, trit tersebut telah mendapatkan komentar netizen sebanyak 712 komentar, 478 like dan dibagikan 9 kali.

Dari 20 komentar pertama, 16 menjawab mending Supra, 2 menjawab mending Jupiter dan 2 abstain alias nyimak aja .

Trit selengkapnya silahkan masuk di TAUTAN INI.

Kisah Singkat Honda Supra X 125.

Honda Supra X 125 pertama kali mengaspal di tanah air pada tahun 2005, sebagai pelengkap line Up Honda Supra 100 cc yang juga masih dijual oleh Astra Honda Motor saat itu.

Yang paling perlu digarisbawahi adalah Honda Supra X 125 generasi awal menggunakan mesin yang sama persis dengan Honda Karisma ( mesin berkode NF125). Faktanya Honda Karisma dihentikan produksinya tepat sebelum kemunculan Honda Supra X 125, yang artinya bisa disimpulkan bahwa Honda Supra X 125 adalah penerus Honda Karisma.

Baca juga :

Motor Bebek Belum Akan Punah, Ini Beberapa Alasannya.

Selama masa tekhnologi karburator, Honda Supra X 125 beberapa kali mengalami perubahan desain, sampai kemudian di era injeksi PGM-FI , Honda Supra X 125 tercatat 2 kali berubah desain bodinya hingga yang terakhir saat ini masih dijual oleh AHM (2023).

Sekilas Tentang Yamaha All New Jupiter Z (Jupiter Z Robot).

Entah apa yang membuat orang-orang menamakannya Jupiter Z Robot. Desainnya yang gede dan terkesan kaku mirip robot, kali ya… šŸ¤­

Baca Juga :  First Impression Honda New PCX 150, "Tak Seperti Yang Ku Bayangkan".

Yang jelas, setelah Yamaha Jupiter Z dihentikan produksinya pada tahun 2009 , maka Yamaha Indonesia memperkenalkan All New Jupiter Z sebagai penerusnya.

Mesin dan desain 100% baru, kubikasi masih sama 115 cc dan juga masih karburator.

Desain bagian depan terlihat futuristik, lampu sein yang berada di tebeng depan terlihat mengadopsi desain Yamaha R6, bulat bulat tajam gitulah,ya.. heheheĀ 

Fitur Yamaha Jupiter Z Robot ini lumayan juga. Speedometer dengan lampu LED dan terdapat bagasi, Knalpotnya model baru dengan warna hitam dengan Cover stainless.

Power mesinĀ  Max 6.6kW @7.500rpm serta Torsi Max 9.0Nm @4.000rpm disalurkan melalui transmisi kopling Otomatis N-1-2-3-4-5-N.

Pada akhirnya All New Jupiter Z ini merupakan generasi terakhir versi mesin karburator, karena pada tahun 2012, Yamaha Indonesia meluncurkan Jupiter Z1 dengan sistem pengkabutan bahan bakar Injeksi. Dan ini bertahan hingga saat ini (2023). Bahkan beberapa hari sebelum tulisan ini dibuat, Yamaha Indonesia baru saja meluncurkan warna dan Grafis Baru Yamaha Jupiter Z1 untuk model 2024. Tulisannya DI SINI.

Baca juga :

Bocor..Bocor… Penyakit Karburator Honda NF 125 yang Sudah “Berumur”

 

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.