Mengapa Disebut Motor Bebek ? Begini Ceritanya.

Sobat pembaca sekalian, saat Mas Sayur sharing tentang tulisan sebelumnya di sebuah group, ada pertanyaan yang menggelitik, yaitu ” mengapa motor tipe cub / underbone di Indonesia dikenal dengan istilah Motor Bebek ?

Hehehe…  , pertanyaan yang ringan tapi Mas Sayur rasa ini perlu dibahas. Mengapa ? Tidak semua orang mengerti cerita asal usulnya. Bahkan Mas Sayur sendiri perlu mengumpulkan beberapa referensi bacaan untuk menjawab BB pertanyaan ini.

Karena masalahnya adalah tidak ada versi resmi dari manapun atau siapapun yang menjelaskan mengapa motor tipe cub/moped/ underbone disebut motor bebek di Indonesia.

Awal Kejadiannya Mirip Dengan Penyebutan Istilah Vampir Oli, Rangka Kandang Monyet/Ayam, KLINGON, Sinchan dll.

Asumsi pribadi Mas Sayur, ini terjadi dari penyebutan awal yang kemudian ditoleransi , disetujui oleh umum lalu diikuti oleh generasi selanjutnya dan terus berlanjut hingga kini.

Padanan contohnya adalah penyebutan di masa lalu yang belum lama lama banget adalah KLINGON sebutan untuk New Yamaha Scorpio Z , Kepala Reog penyebutan untuk Honda New Megapro dan Sinchan penyebutan untuk Yamaha New Vixion.

Baca Juga :  Tips Dari Astra Motor Papua Untuk Merawat Ban Motor Di Musim Hujan.

Padanan contoh di masa kini adalah Vampir oli untuk mesin motor ….   Hehehe…(sebut sendt lah ya 🤭) , Rangka Kandang Monyet/ayam untuk rangka “teralis” CB150 Series dan masih banyak lagi contohnya.

Dengan menyebut salah satu istilah padanan contoh tersebut di paragraf sebelumnya, pemerhati roda dua tanah air di masa mendatang sudah akan tahu motor apa yang dimaksud.

Kira-kira seperti itulah awal kejadiannya. 😊😊

Asal Usul Penggunaan Istilah Motor Bebek Untuk Menyebut Sepeda Motor Tipe Cub/Moped/Underbone.

Nah… sekarang masuk ke tema.

Istilah motor bebek ini sudah dimulai sejak awal-awal masuknya sepeda motor tipe cub produksi Jepang di Indonesia, yakni sekitar tahun 60-70 an.

Baca Juga :  Honda Bali

Istilah motor bebek ini muncul tak lepas dari desain bodi sepeda motor cub itu sendiri di masa itu yang siluet dan bahkan detailnya mirip hewan unggas. Dan mungkin kebetulan saat itu, hewan unggas yang familiar di masyarakat adalah bebek. Sehingga bisa saja orang diada itu berkata, “motor ini mirip bebek” . Dan lalu dalam kesehariannya menyebutnya dengan istilah MOTOR BEBEK 😁😁

 

Baca juga :

MIRIP HEWAN APAKAH RUPA MOTORMU ?

 

Mari kita intip detailnya, apakah benar serupa dengan hewan unggas /bebek.

  • Tampak samping.

Motor bebek saat itu memiliki lekukan bodi yang tegas terlihat seperti lekukan tubuh unggas. Dimana rangka penopang kemudi terlihat tinggi dengan leher yang menghubungkan tempat duduk dan tangki bahan bakar memiliku lekukan yang sangat berbeda dengan motor sport saat itu.

Baca Juga :  Plus Minus Jas Hujan Model Ponco dan Model Setelan, Mana Pilihanmu ?

 

  • Tampak depan.

Sayap samping pengemudi yg berfungsi sebagai penahan cipratan air atau lumpur saat melibas jalan becek atau kubangan  air selalu berdesain melengkung, terbuat dari plastik dan berwarna putih. Ini seolah mengesankan sayap itik kanan dan kiri.

  • Tampak belakang.

Spakbor belakangnya nampak seperti ekor unggas.

Hehehe….,jadi kira-kira seperti itulah awal usulnya.

Dan ini juga belum tentu benar, meskipun ini tersimpulkan dari beragam referensi. Tapi paling tidak, cerita ini lebih masuk di akal dan sepertinya mendekati kebenaran.

Hehehe

Mohon dikoreksi..

Salam dari Jayapura.

 

*referensi bacaan 1 & 2

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

2 thoughts on “Mengapa Disebut Motor Bebek ? Begini Ceritanya.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.