Pengalaman Menggunakan Ban Soft Compound Untuk Harian.

Sobat pembaca sekalian, kali ini Mas Sayur akan bercerita tentang pengalaman menggunakan ban soft Compound alias Racing Tire untuk penggunaan harian.

What….? Racing Tire for daily use ? *Sok keminggris dikit… hehehehe…

Emang Boleh, “Ban Balap” Dipake Harian ?

Pertanyaan paling umum adalah, apakah “ban balap” boleh dan aman dipake harian ?

Naaah…ini perlu sedikit penjelasan.

Hampir semuanya tahu jika ban balap menggunakan ban kompon lunak dan efek positif yang didapat adalah reaksi atau “gigitan ke aspal” lebih baik daripada bam medium kompon yang dipake oleh ban-ban motor harian yang tersedia di pasaran pada umumnya.

Tipe Ban Balap.

Yang Tak kalah pentingnya adalah pemilihan tipe bannya. Secara umum ada dua macam ban kompetisi , yakni tipe ban slick (untuk  balap saat trek kering) dan tipe ban basah.  Perbedaannya biasanya ban slick ini tidak memiliki pattern/pola/kembangan atau alur. Sedangkan ban basah memiliki alur yang fungsinya sebagai jalur pembuangan air saat melibas trek berair.

Baca Juga :  Motor Bebek (Cub) Murah Yang Tersisa, Mana Lebih Patut Dipinang ?

“Ban Balap” Tipe apa Yang Aman Untuk Penggunaan Harian ?

Dalam penggunaan harian, tentu aka menemukan berbagai macam kondisi jalan . Dari jalan kering, bersih sampai jalan basah dan berair.

Dengan pertimbangan hal tersebut, maka tipe “ban balap” yang paling cocok dipake harian bukalah ban slick, tetapi ban basah yang memiliki pola atau alur sebagai jalur pembuangan air.

Konsekuensi Penggunaan “Ban Balap” Untuk Penggunaan Harian.

Dijelaskan diatas, dan semua juga sudah tahu tentunya jika ban balap menggunakan kompon lunak. Maka konsekuensi jika ban balap dipakai untuk penggunaan harian adalah, durasi waktu penggunaanya tidak akan lama.

Dengan kata lain, ban balap tidak akan awet jika dipake harian. Cepat habis/tipis. Tidak seawet ban medium kompon yang dipake oleh ban ban harian pada umumnya.

Kesimpulan.

Jadi dari uraian diatas, dapat disimpulkan jika ban balap ketika digunakan untuk penggunaan harian tetap aman, DENGAN CATATAN pilih ban balap tipe basah yang ada alur /polanya, bukan ba slick.

Baca Juga :  [P3K] Pertolongan Pertama Pada Knocking,Lawan Dengan Bensin Oktan Tinggi.

Tapi dengan konsekuensi bahwa ban balap tidak akan awet alias cepat habi/tipis.

Pengalaman Pakai Ban Balap Untuk Harian.

Sekitar 4 bulan sebelum tulisan ini dibuat, Mas Sayur mendapatkan hibah sebuah ban FDR Sport MP 76 ex balap dalam kondisi 50%. Jadi ceritanya ini ba bekas, bukan beli baru.. 🤭😊😊.

Tapi tak apalah… Sekalian buat coba -coba impresinya.

Mas Sayur pribadi juga sudah faham betul konsekuensinya, ini nggak aka awet.  Sekalian buat percobaan, selama apa ban balap ini bertahan untuk pemakaian harian

Yuup… Jadi ini murni coba-coba… Mumpung ada gratisan… Cuuuaaaks… 😁

Impresi.

 

Singkat cerita, ban kompon lunak tipe basah ini dipasanglah untuk ban depan si Verza .

Impresinya ?

Biasa aja, rasanya sama saja seperti ban kompon medium . Mas Sayur belum bisa menemukan rasa perbedaannya.

Baca Juga :  Tips Tetap Bugar Berkendara Harian di Bulan Puasa.

Hanya ada sedikit rasa percaya diri yang naik. Kekhawatiran terpeleset masa lalu jadi lebih kecil. Hehehehe

Singkat cerita (lagi), sampai memasuki awal November 2023, ban bala ini kondisinya masih belum begitu banyak tergerus aspal, artinya ketebalannya “masih bisa” ditoleransi dan dipakai untuk beberapa bulan ke depan.

Namun, karena dipake harian di berbagai Medan, ban ini sudah beberapa kali terkena ranjau paku dan beling dan sudah perna ditambal (metode tip top).

Maka akhirnya, dengan alasan keamanan, Mas Sayur segera mengganti “ban balap” FDR Sport MP76 ini dengan ban standar bawaan Verza untuk roda depan, yakni IRC NF25.

SALAM DARI JAYAPURA..

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.