Kontes Siswa dan Guru SMK Mitra Binaan Tingkat Regional Astra Motor Papua, Ini Daftar Juaranya.

Semangat sinergi bagi negeri dalam mendukung pengembangan kualitas dunia pendidikan vokasi di wilayah pulau Papua kembali ditunjukkan Astra Motor Papua selaku main dealer sepeda motor Honda dengan melanjutkan rangkaian Festival Vokasi Satu Hati bertajuk “ Technical Skill Contest for Student & Technical Skill Contest For Teacher 2024 “.

Kali ini mengusung tema “Tingkatkan Kompetensi, Ciptakan SDM Unggul” yang berlangsung di kantor Main Dealer Astra Motor Papua pada tanggal 16 November 2023 kemarin.

Sebagai ajang bergengsi siswa dan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Binaan Astra Motor Papua yang paling dinanti, dimana kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun diikuti oleh 5 guru dan 5 siswa terbaik dari 5 SMK Teknik dan Bisnis Sepeda (TBSM) Astra Honda dari berbagai daerah di wilayah pulau papua, dari Jayapura, Sentani, Merauke, Kaimana dan Nabire, yang terpilih setelah melalui proses penyisihan tingkat sekolah yang diikuti 18 Guru produktif TBSM dan 71 siswa SMK kelas XII yang berlangsung sejak 7 Oktober 2023 lalu.

Baca Juga :  Wellcome Honda ADV 160.

Dalam kontes ini, para peserta ditantang untuk menyelesaikan test soal teori dan test soal praktek meja melalui 5 modul yang terdiri dari general, engine, electrical system, fuel system, dan chasis. Dimana melalui sesi ini, para penguji menuntut masing-masing peserta untuk menunjukkan kemampuannya dalam mencocokkan nama nama tools dan fungsinya, melakukan bongkar pasang komponen CVT beserta pengukuran batas keausanya, merangkai lampu sein, membaca MIL dan reset ECM, serta melakukan penggantian rantai roda.

Untuk mengasah skill para peserta siswa maupun guru tim Technical Astra Motor Papua juga melakukan pengujian troubleshooting sepeda motor New Beat Street. Dimana pada sesi ini para peserta dituntut untuk menyelesaikan masalah pada motor yang kondisi sistem kelistrikannya padam, kondisi mesin tidak langsam dan sistem rem tidak normal dalam waktu yang telah ditentukan, untuk guru terdapat tambahan praktek meja ajar dimana setiap guru diuji teknik megajar dalam penyampaian materi di kelas.

Baca Juga :  Rayakan HUT RI ke-73, Bikers Honda di Jayapura Ikuti Konvoi Merdeka.

Inilah Daftar Juaranya.

Persaingan sportif yang ditunjukkan para peserta Technical Skill Contest for Student dan Teacher Regional Astra Motor Papua 2024 akhirnya sampai pada babak akhir, dimana Astra Motor Papua berhasil melahirkan 3 siswa dan 3 Guru terbaik diantaranya :

Kategori siswa.

Juara 1 : M. Anugrah Pratama dari SMK Negeri 2 Kaimana
Juara 2 : Ari Setiwan dari SMK Negeri 3 Jayapura
Juara 3 : Frank Riijkaart Latupeirissa dari SMK Santo Antonius Merauke.

Kategori Guru


Juara 1 : Costantinus OEI, ST dari SMK Negeri 3 Jayapura
Juara 2 : Ade Juniyanto, ST dari SMK Santo Antonius Merauke
Juara 3 : Riadi, M.PD dari SMK Negeri 1 Sentani.

Harry Pranata selaku Technical Service Sub. Dept Head Astra Motor Papua mengungkapkan bahwa kegiatan Technical Skill Contest for Student & Teacher regional Astra Motor Papua ini merupakan bagian dari upaya dalam meningkatkan kompetensi generasi muda dan tenaga pendidik (guru) khususnya di bidang teknik sepeda motor sekaligus bagian dari program tanggung jawab sosial Honda untuk ikut berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan di wilayah pulau Papua.

Baca Juga :  Riders Suzuki Satria Adakan Defensive Riding Training Untuk Tingkatkan Skill Berkendara.

Pemenang Akan Mewakili Astra Motor Papua ke Tingkat Nasional.

Tidak cukup berhenti disini, untuk juara 1 siswa dan guru tahun depan akan mewakili Main Dealer Astra Motor Papua di ajang Technical Skill Contest for Student & Teacher tingkat Nasional yang akan di selenggarakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada tanggal 20-23 Februari 2024 mendatang di Jakarta.

Semoga perwakilan Astra Motor Papua dapat menunjukan kompetensi terbaiknya yakni menjadi juaranya dan manghrumkan nama papua di kanca nasional.

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.