Tragedi Konyol : Salah Arah Rotasi Ban, Jangan Remehkan, Begini Efek Sampingnya.

Sobat pembaca sekalian, ini beneran sebuah tragedi konyol. Antara ketidaksengajaan atau kekurangtelitian dan juga kurang kontrol.

Apaan sih, mas ?

Jadi ceritanya, Mas Sayur dapat hibah lagi sebuah ban balap (racing Tire) merk IRC Fasti 2. Kondisinya masih 95%, karena baru dipakai sekali balap, hanya 10 lap saja. Jadi ya….,masih Gress banget… Hehehe…  Rezeki bapak bapak sholeh 😊

Baca Juga : Pengalaman Menggunakan Ban Balap Untuk Penggunaan Harian.

Salah Pasang.

Selanjutnya, langsung singgah di tukang ban. Minta tolong dipasangin untuk  ban depan. (bayar maksudnya, bukan minta tolong doang 😁). Karena Mas Sayur orangnya nggak curigaan, udah percaya banget kalau tukang ban yang sudah lama buka prektek, tentulah sudah profesional, maka Mas Sayur tinggal ngopi aja di warung sebelah, sementara mas tukang ban bekerja.

Selesai, bayar, pulang…

Sudah nggak ada yang aneh. Jarak dari tukang tambal ke rumah hanya sekitar 1,5 km dan tidak ada tanda-tada atau rasa kelainan di ban yang baru diganti.

Keesokan harinya pas sudah dipake kerja dengan muatan full dan “kecepatan jelajah” seperti biasanya, barulah terasa ban depan agak tidak stabil.

@mas__sayur

#bismillah #kerjakerasdemikeluarga #fyp #fypシ #bismillahfyp #fypdong #infopusat #dekenganepusat #kangsayur #massayur #massayurjayapura #trending #meledak #tiktokviral #viraltiktok #trendingtiktok #booming

♬ suara asli – Khodimul_Ulama – Adil Atraaa

Heran… 🤔🤔

Langsung berhenti, cek ban depan khawatir anginnya habis (kempes).

Ternyata angin tidak berkurang, dan setelah mengamati ban lagi, ternyata….  eladalah….  arah rotasi bannya salah.

Ternyata mas tukang ban salah pasang arah rotasi bannya. Mas Sayur nggak mau terlalu menyalahkan, namanya juga manusia, mungkin dia sedang tidak fokus karena banyak pikiran atau apalah, jadi dia masang bannya kemaren jadi kurang teliti juga..

Ya sudahlah…., Ntar ke tukang ban lagi untuk membenarkan arah rotasi bannya. 😊

Efek Yang Timbul Jika Salah Arah Rotasi Ban.

Selain rasa kurang nyaman di stang kemudi (jika yang salah arah rotasi ban depan), secara umum ada beberapa efek yang timbul jika pemasangan ban salah arah rotasinya.

Dari referensi yang Mas Sayur baca, efek -efeknya adalah sebagai berikut

1. Mengurangi kenyamanan

Pola atau kembangan yang terdapat pada permukaan ban bukan sekadar hiasan, tetapi juga memiliki fungsi yang penting. Salah satu fungsi pola pada ban ini adalah untuk meredam getaran yang timbul pada saat ban bergesekan dengan permukaan jalan.

 

Pada saat Anda pasang ban motor dengan terbalik, maka pola tersebut justru akan membuat getaran dan suara yang dihasilkan menjadi lebih keras dan lebih berisik yang akan mengganggu kenyamanan Anda pada saat berkendara.

 

2. Menyebabkan aquaplaning

Masih berkaitan dengan pola ban, bahaya pasang ban motor terbalik berikutnya adalah bisa menyebabkan aquaplaning. Selain untuk meredam suara, pola ban juga berfungsi untuk memecah air pada saat terjadi hujan.

 

Karena polanya terbalik, tentu saja ban motor tersebut tak bisa memecah air dengan maksimal. Alih-alih memecah air, alur atau kembangan ban yang dipasang terbalik justru menampung air.

Baca Juga : Tentang Aquaplaning, Penyebab dan Cara Menghindarinya.

Jika tetap dipaksakan, maka akan memperbesar risiko motor mengalami aquaplaning pada saat berkendara di jalan yang basah.

 

Aquaplaning merupakan sebuah kondisi ketika ban kendaraan kehilangan daya cengkeramnya terhadap aspal karena terhalang air. Kondisi ini tentu rentan menyebabkan kendaraan jadi sulit dikendalikan dan hilang keseimbangan.

3. Bikin ban cepat aus

Pasang ban motor terbalik juga sangat merugikan. Pada saat memasang ban motor dengan terbalik, maka ban motor akan menjadi lebih cepat aus jika dibandingkan dengan seharusnya.

 

Tentu saja Anda harus mengeluarkan budget ekstra lagi untuk membeli ban baru karena ban lama cepat habis hanya karena salah pasang ban motor terbalik.

 

4. Kurang lincah

Bahaya pasang ban motor terbalik berikutnya adalah motor menjadi kurang lincah. Hal ini terjadi lantaran pola ban yang terbalik justru akan memberikan hambatan ekstra pada saat Anda berkendara.

 

Motor akan menjadi kurang lincah dan sulit untuk bermanuver. Hal ini tentu saja sangat merugikan waktu, terlebih lagi pada jam-jam padat lalu-lintas kendaraan.

5. Rem jadi kurang pakem

Bahaya terakhir akibat salah pasang rotasi ban motor adalah berkurangnya kepakeman saat pengereman. Pola alur ban yang terbalik tidak bisa memberikan cengkeraman yang baik pada saat Anda melakukan pengereman.

 

Kondisi ini tentu saja tak bisa Anda sepelekan begitu saja karena menyangkut keselamatan Anda dan pengguna jalan lain.

 

Demikian efek bahaya pasang rotasi ban motor terbalik. Pastikan untuk memasang ban sesuai dengan arah rotasinya agar selamat dan nyaman ketika berkendara.

 

Advertisements

Comment with your Facebook account

Baca Juga :  Terlalu Lama Tak Terpakai, Ini Part Motor Yang Rawan Kerusakan.

Author: Mas Sayur