Regulasi MotoGP 2027 Diumumkan, Casey Stoner : Hanya Akan Menguntungkan Para Enginer..

Bro…, udah pada tau kan jika regulasi balap motor terkencang se jagad (MotoGP) 2027 resmi di umumkan ? Ini mendapatkan reaksi dari beragam kalangan pecinta MotoGP. Termasuk Casey Stoner 27 yang sudah gantung helm sejak akhir musim 2012 yang lalu.

Eh…, tapi apa asih regulasi yang berubah untuk MotoGP 2027 ?

Detailnya gini,

  • Kapasitas mesin akan turun dari 1000 cc menjadi 850 cc. Dalihnya adalah menurunkan kecepatan, menambah kompetisi (adu skill pembalap) dan demi keamanan pembalap.
  • Menggunakan bensin ramah lingkungan.
  • Kapasitas tangki menjadi 20 liter dari sebelumnya yang 22 liter.
  • Aerodinamika juga jadi salah satu hal yang diatur. Berbagai perangkat aerodinamis akan diatur dengan membuat lebar fairing depan lebih sempit 50 mm, serta bagian depan motor dimundurkan 50 mm.
  • Aero di belakang pengendara akan menjadi bagian dari homologasi mulai tahun 2027, dan tim hanya diperbolehkan memperbaruinya satu kali per musim untuk mengendalikan biaya.
Baca Juga :  Silvain Guintoli Akan Geber Suzuki GSX-RR di MotoGP Le Mans 2017.

Komentar Casey Stoner Tentang Regulasi MotoGP 2027.

Melalui akun Instagram resminya @cs27_official , Stoner mengomentari aturan itu di postingan akun resmi MotoGP.

Soal penurunan kapasitas mesin, Stoner berpendapat itu tidak akan membawa keuntungan apapun (bagi pembalap , maksudnya).

Stoner menjelaskan secara detail permasalahan yang akan dialami motor 850cc, seperti titik pengereman yang lebih pendek dan timbulnya ‘dirty air’. Hal-hal tersebut secara teknis akan menghambat aksi susul menyusul di lintasan.

Baca Juga :  Juara di CoTA, Alex Rins : "Ini Luar Biasa..."

Motor ringan = titik pengereman yang lebih pendek (peluang lebih kecil untuk menyusul) = kecepatan menikung lebih cepat = lebih banyak ‘dirty air’ dari aero = suhu rem dan ban lebih tinggi = lebih sulit untuk overtake,” terang legenda MotoGP dari Australia ini.

Namun, Stoner setuju dengan pelarangan penggunaan beberapa device di motor. Yakni ride height dan holeshot device.

Baca Juga :  Livery Legendaris Repsol Honda Akan di Segarkan Tahun Depan, Makin WOW...,kah..?

Satu-satunya peningkatan pada aturan saat ini adalah pelarangan rear-height dan holeshot device. Tidak ada hal lain yang akan menguntungkan bagi olahraga ini di masa depan, hanya para engineer yang akan mendapatkan manfaatnya,” ujar Stoner dalam kolom komentar Instagram MotoGP.

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur