Pengaruh Kekentalan (Viskositas) Oli Pada Performa Mesin Sepeda Motor.

Viskositas oli mesin meski terkesan sepele tapi dapat memberi dampak signifikan pada pergerakan komponen mesin. Karena baik oli mesin yang encer atau kental sama-sama memiliki peruntukannya. Sehingga yang perlu dipadankan adalah jenis mesin dan spesifikasi oli mesin.

 

Viskositas adalah besarnya tahanan aliran yang dimiliki setiap fluida termasuk oli mesin. Tingkat kekentalan merupakan sifat fisik fluida yang berubah terhadap perubahan temperatur. Sehingga pengukuran viskositas oli mesin harus disertai dengan pengukuran suhu pada waktu yang bersamaan.

 

Salah satu faktor terpenting yang harus dimiliki oleh oli mesin adalah viskositas. Jika viskositas oli mesin rendah maka oli mesin tersebut mudah terlepas akibat besarnya tekanan dan kecepatan dari bagian-bagian yang bergerak dan saling bergesekan. Jika oli mesin mudah terlepas berarti memperbesar efek gesekan dan mempercepat keausan dari bagian-bagian yang bergerak tersebut.

Baca Juga :  Inilah 7 Faktor Yang Menyebabkan Ban Cepat Aus.

 

Jadi, pemilihan oli mesin berdasarkan viskositasnya sangatlah penting. Beberapa pengaruh viskositas oli mesin terhadap kerja mesin bisa seperti:

Semakin Kental suatu Oli.

  • Suara mesin jadi lebih halus
  • Tapi ada efek negatifnya. Yakni mesin jadi lebih boros karena mesin lebih “ngeden” .

Ini bisa dijelaskan begini. Semakin tinggi nilai viskositas oli mesin yang digunakan maka jumlah putaran dan daya yang dihasilkan semakin berkurang.

Baca Juga :  Antara CBR 150 , CB150 dan GL Series, Mana Yang Paling "Enak" Untuk Kuda Beban?

Itu terjadi karena gaya tahanan yang ditimbulkan oli mesin yang terlaluĀ  kental terhadap benda yang bergerak semakin besar. Dan penurunan jumlah putaran menyebabkan penurunan efisiensi. Dengan kata lain, mesin lebih Boros Bahan bakar.

Jika Oli Terlalu Encer.

Daya yang dihasilkan lebih besar pada saat penggunaan oli mesin dengan viskositas yang lebih rendah.

Baca Juga :  Resiko Menggunakan Oli Mesin Yang Tidak Sesuai.

Dengan kata lain, tarikan mesin terasa lebih enteng dan lebih bertenaga.

Tapi ada efek negatifnya juga. Yakni suara mesin jadi lebih berisik.

 

Jadi baiknya gimana ?

 

Ikuti aja rekomendasi pabrikan motornya untuk pemilihan oli. šŸ˜Š

Advertisements

Comment with your Facebook account

Author: Mas Sayur