Kawasaki Ninja 150 dan Standart Emisi Euro 3

ninja-ss-green1Ngomongin tentang standart emisi euro 3 di kalangan biker,tentu langsung terhubung dengan salah satu varian motor yang sangat familiar di kalangan biker kita karena nampaknya motoritu aka terancam stop produksi jika kebijakan pemerntah itu benar-benar di berlakukan. Yups..Kawasaki Ninja 150 yang mash bermesin dua langkah. Tapi tunggu dulu… kita coba pahami dulu,apa itu Euro 3,yaitu standar emisi hidrokarbon dan karbon monoksida bagi kendaraan baru yang dapat diterima di negara-negara uni Eropa,dan angka 3 nya berarti standart emisi ini sudah mencapai tahap ke tiga. Lalu..angka jumlah karbon dan nitrogen yang di perbolehkan supaya bisa lolos regulasi ini adalah sebagai berikut :

  • Kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder kurang dari 150 cm3 hanya boleh menghasilkan 0,8 gr/km hidrokarbon (HC), 0,15 gr/km nitrogen oksida (NOx), dan 2 gr/km karbon monoksida (CO).
  • Adapun kendaraan roda dua dengan kapasitas silinder lebih dari 150 cm3 hanya boleh menghasilkan 0,3 gr/km HC; 0,15 gr/km NOx, dan 2 gr/km CO. Standar emisi Euro 3 ini diklaim lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan standar-standar sebelumnya
Baca Juga :  Suzuki Salesman Competition 2018: Penghargaan Suzuki Kepada Sales Motor Terbaik di Tahun 2017 .

krr1Kaitannya dengan motor bermesin 2 langkah yang di maksud,yang saat ini jelas tidak memenuhi angka standart di atas,apakah nantinya ketika aturan ini di berlakukan per tanggal 1 Agustus 2013  **weh..sudah dekat nich    😉    ** apakah motor itu akan di stop produksinya..? Padahal Kawasaki Ninja 150 dua tak masih banyak penggemarnya dan masih ada yang belum kesampaian memilikinya    🙁   seperti yang di ungkapkan oleh seorang komentator di blog ini dan akhirnya menginspirasi lahirnya tulisan ini,jadi tulisan ini adalah untuk memenuhi permintaan beliau,berikut screen shootnya..

screenshoot komen orang biasa..

Coba sampeyan bayangkan,saudara kita ini baru bisa membeli ninja 150 idamannya tahun depan,lha kalau ujug-ujug tahun depan nnja 2 tak sudah stop produksi,opo ora stresss… ?    🙁

Baca Juga :  Berbagi Info Persyaratan Mengurus STNK yang Hilang

Oke ..langsung ke pokok masalah.. Sepertinya memang Kawasaki ninja 150 dua tak ini tahun depan memang sudah nggak produksi lagi, JIKA REGULASI STANDART EMISI EURO 3 JADI DI TERAPKAN. Karena untuk mempertahankan mesin dua tak yang lolos euro 3,otomatis memaksa pabrikan menerapkan tekhnologi yang lebih canggih dan LEBIH MAHAL dan hal itu akan akan berakibat pada harga jual yang melambung melebihi harga motor 250 cc nya kawasaki itu sendiri. Mampukah konsumen menjangkaunya,jawabannya..MAMPU SAJA…TAPI HANYA BEBERAPA GELINTIR saja yang mau. Contoh nyata motor 2 tak kawasaki yang lolos euro 3 adalah kawasaki KX 100 yang sudah di bahas di arikel terdahulu,yang harganya mencapai 45 jt-an di negara asalnya,lalu sampai di indonesia jadi berapa..?

Lalu apakah Kawasaki akan berupaya mencari tekhnologi murah yang bisa lolos euro 3 untuk mempertahankan ninja 150 dua tak..?? Semoga saja… karena kawasaki itu di kenal dengan ke eksklusifan produknya dengan harga yang sedikit di atas rata-rata,maka nampaknya kawasaki tak akan mencari tekhnologi murah untuk di aplikasikan di produknya,TARUHANNYA ADALAH KEPERCAYAAN KONSUMEN..

Baca Juga :  Memenuhi Undangan Divisi HC3 Astra Honda Papua

Lalu alternatif lain jika memang kawasaki ingin tetap punya line up ninja 150 cc,mungkin kawasaki akan melahirkan nina 150  empat tak,seperti desas desus yan selama ini sudah beredar.

Demikian sedikit tulisan yang Mas Sayur buat untuk merespon permintaan rekan biker ber nickname : orang biasa saja  yang screenshootnya terlampir di atas. Dan semoga tulisan singkat yang DI RANGKUM DARI BERBAGAI SUMBER ini berguna bagi yang lain.

SUMBER : OKEZONE  &  YAHOO

PICTURE : kawasaki-motor.co.id

Komentar

comments

Advertisements

Author: Mas Sayur

42 thoughts on “Kawasaki Ninja 150 dan Standart Emisi Euro 3

    1. maaf…tdk ada yg sebagus ninja 2tak….
      sll ada aja masalahnya,,
      ok saya akui mmg lbh fresh/modern tp koq y sll muncul mslh.
      2tak karbu jarang rewel,pelk kuat,sasis kawak jozz,bahan berkualitas,durability? jgn tny lg,finishing plg bgs diantara yg laen.

    1. maaf belum teruji di lapangan…..soalnya bkn asli dr kawak,cm titipan….
      harga terpaut dikit lah,,,konsumsi bbm?? 11-12 (malah P200ns hrs pertamax,mumet kl gk ada pertamax),tenaga jauh beda,durability??? silakan bandingkan,kl ane gk mau resiko deh….
      imho…

      1. setujuuu….
        hbs ngrasain jambakan mtr,,,,lgsg deh disusul jambakan yg mbonceng……..xixixixi

        nguuueeeeennnnggggg…..

  1. makasih bgt buat om sayur,ternyata langsung dibikin artikel….terharu bgt om….

    @all
    inyong ogah&hrs pikir2 ribuan x jk mau beli motor batangan 4tak…krg sreg di hati,,,tll byk mslh ini itu,inyong akui klo kawak 2tak itu jrg brita miringnya,sasis diakui plg joss,,,durability jgn tny lagi,,,sensasi jambakanya,gk ada yg nyamai,,,suaranya,juozz gandozz kotozz kotozzz.
    smoga thn dpn msh dijual dealer,min.sisa produksi/sisa stok tk apa.

    saya sudah kadung kena racun dr bang yudha depp&bbrp ulasan lék iwb yg ngakui klo ninja 2tak mmg top markotop,good marsogud..

    buat om sayur,saya ucapin makasih bgt,,,sukses sll utk sampeyan.

  2. sak umpamane ora di dol dealer meneh,,,,golek rondo ne ae inyong ijek gelem,,,,njaluk referensi mbah bonsai,,spesialis rondo kempling…..

    pokoke nek ora ninja yo wegah!!!

    maaf ane bkn sales atawa fanatik merk(bbrp merk dr H,,Y,,S,,udah nyicipi) tp keluarga ninja mmg pny PRESTIGE tersendiri,,,

  3. Ninja 2 tak jos,gigi 4 wae mlayu 150 je,tiger wae kon nguyak ,nangis mbeker mbeker ,oper gigi 5 mlayu 192 hurung mentok mulure,knalpot after market ,ko nggo ne mas ndandung B-PAZZ muffler

  4. mas sayur,, tolong kasih infonya tentang perbandingan ninja 150 rr vs cbr 150r ya… dan apakah ninja 150 rr lulus euro 3

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.