Jika Terpaksa Menerjang Banjir, Begini Tipsnya.

rossi kebanjiranBanjir memang sangat familiar di telinga rakyat Indonesia,apalagi bagi yang tinggal di Jakarta,tiap tahun selalu ada yang namanya “banjir tahunan”. Bagi biker tentu banjir selain mengganggu perjalanan,juga menimbulkan suatu kekhawatiran tersendiri terhadap mesin motor yang di kendarai ketika harus menerjang banjir. Apalagi motor baru yang saat ini sudah mengaplikasikan sistem injeksi dan di lengkapi fitur yang lebih canggih dari motor “jaman dulu”. Walaupun sebenarnya sensor sensor di mesin motor injeksi itu sebenarnya TAHAN AIR, namun sesekali pasti memerlukan setting ulang jika lagi sial ketika menerjang banjir. Berikut ada tips tentang bagaimana cara menerjang banjir yang aman :

  • Tahan gas di posisi gigi satu supaya RPM tinggi dengan memainkan kopling. Kalau bisa jangan berhenti, tetapi resiko yang akan dialami adalah kampas kopling yang besar kemungkinan akan habis. Tetapi tetap lebih murah dibandingkan harus mengganti apabila water hammer.
  • Jika kendaraan mati ditengah banjir, paling bijak adalah tidak menyalakannya kembali, karena khawatir air sudah masuk ruang bakar. Ada baiknya langsung dibawa ke bengkel terdekat, copot busi dan lubangnya disemprot angin bertekanan tinggi dengan harapan air keluar semua sampai habis.
Baca Juga :  Motor Milik Lalu Muhammad Zohri,Motor Apakah Itu ?

PENANGANANNYA :

  • Sambil diputar crank as  nya pakai tangan, terus semprotkan angin sampai gerakan piston lancar kembali.
  • Kemudian oli dibuang  untuk membilas. Putar pakai tangan selama 10-15 menit, lalu ganti oli lagi sekaligus filternya.
  • Yang juga penting adalah memperhatikan letak air intake. Pada motor sport injeksi letak air intake tersebut terletak ditengah atau dibawah jok. Jadi kalau ketinggian air tidak sampai posisi intake, kemungkinan bisa melibas banjir.
Baca Juga :  Penyegaran Warna Suzuki Address Playfull, Makin Elegan Dengan Sentuhan Warna Matte.

Nah..cukup gamblang dan tak perlu di jelaskan lagi,to..?

Tapi sebenarnya ada cara yang PALING AMAN dalam “melewati banjir” tanpa khawatir ada gangguan dan kerusakan mesin,caranya adalah seperti gambar berikut :

rossi banjir 2

Komentar

comments

Advertisements

20 thoughts on “Jika Terpaksa Menerjang Banjir, Begini Tipsnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: